...
tugas malaikat raqib
5-min read

Tugas Utama Malaikat Raqib dalam Hidup Manusia | Mencatat Amal Baik dan Buruk hingga Saksi di Hari Akhir

tugas malaikat raqib

Raqib menjadi salah satu malaikat yang mempunyai tugas vital dalam mencatat amal manusia

Dalam ajaran agama Islam, manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang diciptakan Allah SWT. Ada juga zat lainnya yang termasuk ciptaan Allah SWT dengan kesempurnaan dan kemuliaan yang dimilikinya, yaitu malaikat.

Diciptakannya malaikat pun mempunyai tugas dan tanggung jawab tersendiri. Salah satunya adalah Malaikat Raqib yang mempunyai tugas untuk mencatat setiap perbuatan manusia selama hidupnya.

Nah, apa kamu sudah mengetahui lebih lengkap mengenai tugas Malaikat Raqib? Yuk, simak pembahasannya di artikel berikut ini. Stay tuned, ya!

Tugas Malaikat Raqib

tugas malaikat raqib
Source: Orami

Kehadiran Malaikat Raqib dalam kepercayaan agama Islam adalah aspek penting yang perlu diyakini. Malaikat Raqib memiliki dua tugas utama yang terkait erat dengan aktivitas manusia di dunia ini, yaitu:

1. Tugas Malaikat Raqib dalam mencatat perbuatan manusia

Salah satu tugas utama Malaikat Raqib adalah mencatat setiap tindakan, perkataan, dan pikiran manusia. Mereka bertindak sebagai saksi atas segala hal yang dilakukan oleh manusia selama hidupnya.

Malaikat ini mencatat berbagai macam perbuatan baik maupun buruk manusia secara rinci. Malaikat Raqib mencatat semua perbuatan, baik yang besar maupun yang kecil, dengan sangat teliti dan adil. Hal ini menunjukkan keadilan Allah yang maha kuasa, bahwa setiap tindakan manusia akan dihitung dan dinilai seadil-adilnya.

Konsep pencatatan ini pun berkaitan erat dengan konsep hisab (penghisaban) di hari kiamat, di mana setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas tindakan mereka berdasarkan catatan yang telah dibuat oleh Malaikat Raqib.

Info wajib baca: Kisah Lengkap Nabi Muhammad SAW, Cahaya Peradaban Manusia

2. Tugas malaikat Raqib untuk menyaksikan dan melaporkan

Malaikat Raqib juga memiliki peran penting dalam memberikan laporan tentang perilaku manusia kepada Allah SWT. Malaikat ini menjadi saksi atas segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia, dan mereka tidak pernah absen atau lengah dalam melaksanakan tugas mereka.

Pada akhirnya, Malaikat Raqib akan memberikan laporan yang akurat kepada Allah tentang tindakan dan perbuatan setiap individu selama hidup mereka.

Malaikat Raqib adalah saksi yang tidak bisa dipertanyakan atas semua tindakan manusia. Ini menunjukkan pentingnya kesaksian yang kuat di akhirat, di mana seseorang tidak bisa bersembunyi atau mengelak dari perbuatan mereka yang telah dicatat oleh Malaikat Raqib.

Tugas Malaikat Lainnya

Source: SINDONews

Malaikat tentunya mempunyai tugas sangat penting dalam kehidupan manusia dan mencerminkan berbagai aspek dari keyakinan dan ajaran Islam. Berikut adalah penjelasan tentang tugas masing-masing malaikat:

1. Tugas Malaikat Jibril

Jibril adalah malaikat yang bertugas mengantarkan wahyu (pesan ilahi) dari Allah kepada para nabi dan rasul. Ia juga memberikan informasi tentang masa depan kepada nabi-nabi dan menjalankan perintah Allah dalam berbagai konteks.

Malaikan Jibril pun menjadi penghubung antara Allah dan manusia melalui wahyu. Ia memainkan peran sentral dalam menyampaikan pesan-pesan ilahi kepada manusia dan membimbing mereka.

2. Malaikat Mikail

Mikail mempunyai tugas sebagai penjaga urusan rezeki. Ia bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan rezeki, seperti cuaca, pertanian, dan distribusi rezeki yang telah ditentukan oleh Allah.

Malaikat Mikail mengingatkan manusia akan peran Allah sebagai penyedia rezeki dan pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat-Nya.

3. Tugas Malaikat Israfil

Malaikat Israfil akan meniup sangkakala (trompet besar) pada hari kiamat untuk memulai dan mengakhiri hari kiamat. Ia juga bertugas mengumpulkan semua manusia dari kubur mereka untuk dihisab dan diadili.

Malaikat Israfil memiliki peran sentral dalam kebangkitan dan pengadilan akhir. Ia mengingatkan manusia akan pertanggungjawaban di akhirat.

4. Malaikat Izrail

Tugas utama Malaikat Izrail adalah mengambil nyawa manusia saat waktunya tiba. Ia menjalankan perintah Allah dalam mengakhiri kehidupan setiap makhluk.

Kehadiran Izrail juga mengingatkan manusia akan keterbatasan hidup dan pentingnya persiapan untuk kematian serta akhirat.

5. Tugas Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir bertugas untuk menanyakan manusia di alam kubur setelah kematian. Mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang keyakinan dan perbuatan seseorang.

Ia memastikan bahwa manusia diberikan kesempatan untuk mengingat dan merenungkan tindakan mereka selama hidup mereka. Selain itu, kedua malaikan ini juga memastikan keadilan di akhirat.

6. Malaikat Raqib dan Atid

Malaikat Raqib dan Atid mencatat semua perbuatan manusia entah itu yang baik atau buruk selama hidupnya. Mereka juga menjadi saksi atas tindakan manusia dan memberikan laporan tentangnya kepada Allah pada hari kiamat.

Info wajib baca: MasyaAllah, Ternyata Ini 5 Keistimewaan Hari Jumat Menurut Al-Qur’an dan Hadis

7. Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah penjaga pintu neraka. Ia bertugas memeriksa siapa yang harus dimasukkan ke dalam neraka sesuai dengan perintah Allah. Malik mengingatkan manusia akan akhirat yang penuh dengan konsekuensi tindakan mereka dan keputusan akhir tentang nasib mereka.

8. Tugas Malaikat Ridwan

Berbeda dengan Malik, Malaikat Ridwan adalah penjaga pintu surga. Ia bertugas memeriksa siapa yang layak masuk surga berdasarkan perintah Allah. Ia juga mengingatkan manusia akan nilai-nilai surga dan pentingnya amal yang baik dalam kehidupan mereka.


Nah, itulah penjelasan mengenai tugas para malaikat, termasuk Malaikat Raqib yang mencatat seluruh perbuatan manusia. Keyakinan dalam tugas Malaikat Raqib tentunya memiliki dampak pada perilaku manusia.

Bagi manusia yang mengimaninya,  mereka akan menyadari bahwa tindakannya selalu diawasi, dan ini dapat menjadi motivasi untuk berbuat baik dan menghindari tindakan jahat.

Namun, meskipun Malaikat Raqib mencatat semua perbuatan manusia, Islam juga mengajarkan tentang pengampunan dan taubat. Manusia diberi kesempatan untuk bertaubat dan memperbaiki diri sepanjang hidup mereka. Taubat yang tulus dapat mengubah catatan negatif menjadi positif.

Dalam Islam, keyakinan akan Malaikat Raqib adalah bagian dari iman kepada malaikat-malaikat dan konsep akhirat. Hal ini memainkan peran penting dalam membentuk moralitas dan etika dalam kehidupan sehari-hari, serta memberikan penghiburan bagi mereka yang percaya bahwa tindakan baik mereka tidak akan sia-sia dan bahwa tindakan jahat akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat.

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare