...
urutan kota terbesar di indonesia
5-min read

10 Urutan Kota Terbesar di Indonesia berdasarkan Jumlah Penduduknya

urutan kota terbesar di indonesia

Selain Jakarta, ada wilayah lainnya yang masuk ke dalam urutan kota terbesar di Indonesia

Jakarta sebagai kota Indonesia menjadi salah satu kota yang sibuk dengan segala aktivitasnya. Menjadi pusat pemerintahan dan bisnis, kehidupan Jakarta pun cukup dinamis dengan penduduk yang cukup padat.

Namun begitu, Jakarta bukanlah satu-satunya kota yang dianggap cukup besar. Dari Sabang sampai Merauke, ada sejumlah kota lainnya yang dapat dikategorikan sebagai kota besar dengan keunikannya masing-masing dalam budaya, keberagaman penduduknya, aktivitas ekonomi, hingga infrastruktur yang terdapat di dalamnya.

Nah, apa kamu sudah tahu urutan kota terbesar yang ada di Indonesia berdasarkan jumlah penduduk yang tinggal di dalamnya? Yuk, cari tahu bersama-sama mengenai kota besar apa saja yang ada di Indonesia lengkap dengan luas wilayah dan karakteristik kotanya. Simak sampai habis, ya!

Urutan Kota Terbesar di Indonesia

Source: Lonely Planet

Berdasarkan jumlah penduduknya, ada sejumlah kota di Indonesia yang dikategorikan cukup sibuk selain Jakarta. Berikut ini daftar 10 besar kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya:

1. Urutan kota terbesar di Indonesia: Jakarta

Sebagai ibukota negara dan pusat pemerintahan, Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia. Wilayah yang juga menjadi Ibu Kota ini juga merupakan pusat ekonomi dan bisnis, dengan banyak kantor perusahaan, pusat perbelanjaan, dan infrastruktur modern.

Tak hanya itu, sebagai salah satu kota tua di Indonesia, Jakarta juga memiliki beragam budaya dan hiburan, menjadikannya kota metropolitan yang sibuk dan hidup.

Dengan luas wilayah mencapai 665,1 km persegi, Jakarta kini telah menampung sekitar 10 juta penduduk yang menjadikannya sebagai kota terbesar dan tersibuk yang ada di Indonesia.

Info wajib baca: Negara Apa yang Terletak Paling Selatan ASEAN? Hayo, Kamu Tau Nggak, Nih?

2. Surabaya

Urutan kota terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Surabaya. Sebagai salah kota besar, Surabaya memiliki peran penting dalam sektor perdagangan dan industri.

Terletak di Jawa Timur, Surabaya juga memiliki nilai sejarah sebagai kota tempat berlangsungnya Pertempuran Surabaya pada tahun 1945 selama masa kemerdekaan Indonesia.

Dengan luas wilayah sekitar 326 km persegi, Surabaya saat ini telah menampung sekitar 3 juta penduduk. Menjadikannya sebagai salah satu wilayah paling padat di Jawa Timur.

3. Urutan kota terbesar di Indonesia: Bandung

Urutan ketiga terdapat Bandung sebagai kota terbesar di Indonesia. Bandung, yang terletak di Jawa Barat, merupakan wilayah yang menjadi pusat pendidikan dan budaya.

Tak hanya itu, Bandung juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai komunitas kreatif, termasuk seniman, musisi, dan desainer. Cuaca sejuk dan pemandangan alam yang indah membuat Bandung menjadi tujuan liburan yang populer.

Di luar musim liburan, populasi masyarakat Bandung mencapai 2,5 juta jiwa. Sebagai tujuan destinasi, wilayah kota Bandung pun berubah menjadi wilayah yang padat dan ramai tiap memasuki musim liburan.

4. Medan

Berada di Sumatera Utara, Medan menjadi salah satu kota terbesar yang ada di luar Pulau Jawa. Penduduknya pun mencapai 2,5 juta jiwa dari total wilayahnya yang seluas 265 km persegi.

Medan juga menjadi pusat ekonomi dan perdagangan di wilayah Sumatera, serta memiliki kekayaan budaya Melayu yang khas.

5. Bekasi

Berdekatan dengan Jakarta, Bekasi adalah bagian dari wilayah metropolitan Jabodetabek. Kota ini memiliki pertumbuhan pesat dalam bidang industri dan perumahan.

Hal ini pun yang menjadi daya tarik banyak orang untuk datang dan menghuni kota Bekasi. Penduduk Bekasi pun menjadi salah satu yang terdapat di Jabodetabek dengan populasi sekitar 2,4 juta jiwa.

6. Urutan kota terbesar di Indonesia: Semarang

urutan kota terbesar di indonesia
Source: Tokopedia

Sebagai wilayah yang menjadi Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang adalah pusat ekonomi, pendidikan, dan budaya di wilayah tersebut. Pelabuhan Semarang juga berperan dalam perdagangan internasional.

Dengan luas wilayah mencapai 378 km persegi, penduduk Kota Semarang ditaksir mencapai 1,8 juta jiwa.

7.Urutan kota terbesar di Indonesia: Tangerang

Tangerang juga termasuk salah satu kota yang berada dalam wilayah aglomerasi Jabodetabek. Mirip dengan Bekasi, Tangerang juga mengalami pertumbuhan pesat dalam bidang industri dan perumahan.

Pusat perdagangan modern dan proyek pembangunan besar menjadikan Tangerang sebagai kota yang semakin maju. Per tahun 2021, populasi penduduk Tangerang pun mencapai 1,8 juta jiwa

8. Depok

Terletak di sebelah selatan Jakarta, Depok juga termasuk dalam wilayah metropolitan Jabodetabek. Dikenal sebagai “Kota Pendidikan,” Depok memiliki banyak perguruan tinggi dan universitas, salah satunya yang paling terkenal adalah Universitas Indonesia.

Dikenal juga sebagai wilayah yang padat, Depok dihuni oleh sekitar 1,7 juta jiwa dengan luas wilayah mencapai 200 km persegi.

Info wajib baca: Misteri Gunung Padang dan Fakta Unik Situs Megalitikum Terbesar di Asia Tenggara Ini

9. Palembang

Terletak di salah satu provinsi terbesar di Indonesia, Sumatera Selatan, Palembang memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Sungai Musi yang melintasi kota ini menjadi salah satu ciri khasnya.

Dikenal juga sebagai kota yang ramai akan aktivitas ekonominya, populasi penduduk Palembang mencapai 1,6 juta jiwa dengan luas wilayah mencapai 352 km persegi.

10. Makassar

Peringkat 10 dalam urutan kota terbesar di Indonesia adalah Makassar. Berada di Sulawersi Selatan, Makassar terkenal sebagai wilayah yang menjadi pusat ekonomi di Indonesia Timur.

Tak hanya itu, kota ini juga memiliki budaya yang kaya dan pantai-pantai yang indah sebagai pariwisata andalannya. Penduduk kota ini pun mencapai 1,5 juta jiwa dengan luas wilayah paling kecil di antara kota lain dalam daftar ini dengan 175 km persegi.


Itulah urutan kota terbesar yang ada di Indonesia berdasarkan jumlah penduduknya. Nah, apa kamu termasuk salah satu orang yang tinggal di kota tersebut? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare