...
urutan lambang pancasila
5-min read

Kenali Urutan 5 Lambang Pancasila dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

urutan lambang pancasila

Urutan lambang Pancasila tak hanya sekadar memenuhi aspek visual, namun juga mempunyai makna yang dalam, Simak penjelasannya di sini!

Sebagai warga negara Indonesia, sudah seharusnya kita memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tak sekadar menghafalnya, arti dan urutan lambang Pancasila juga menjadi hal yang perlu diketahui bersama.

Lambang Pancasila adalah gambaran visual yang mewakili nilai-nilai dasar dan prinsip-prinsip Indonesia yang terkandung dalam Pancasila. Sebagai dasar negara dan panduan bagi bangsa, Pancasila dan lambang-lambangnya memiliki makna mendalam yang memengaruhi identitas dan karakter bangsa.

Nah, apa kamu sudah tahu arti dan urutan pada lambang Pancasila? Yuk, kita bahas lebih dalam mengenai urutan lambang Pancasila dengan mengulas masing-masing lambang beserta arti dan simboliknya

Pentingnya Pancasila

Source: Kompas.com

Pancasila adalah dasar falsafah negara dan ideologi nasional Republik Indonesia. Kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu “panca” yang berarti lima, dan “sila” yang berarti prinsip atau nilai.

Oleh karena itu, Pancasila secara harfiah dapat diartikan sebagai “lima prinsip” atau “lima nilai dasar”. Falsafah Pancasila mendasari pandangan dan prinsip-prinsip dasar negara Indonesia.

Pancasila pun kemudian menjadi dasar ideologi negara dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, konstitusi Indonesia yang menjadi hukum tertinggi di negara ini.

Pancasila terdiri dari lima prinsip dasar yang membentuk landasan ideologi, kehidupan berbangsa dan bernegara, serta nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh warga negara Indonesia.

Info wajib baca: Mengingat Sejarah: Mana Saja Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia?

Urutan Lambang Pancasila dan Artinya

urutan lambang pancasila
Source: detikcom

Mempunyai simbol dengan makna yang mendalam, berikut ini urutan dan arti lengkap terkait lambang Pancasila:

1. Urutan lambang Pancasila pertama: Bintang

Urutan lambang Pancasila pertama adalah bintang, yang mewakili sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbol bintang juga mempunyai makna sebagai cahaya kerohanian yang dipancarkan Tuhan kepada manusia.

Dalam arti harfiah, bintang adalah objek langit yang tetap bersinar meskipun di tengah kegelapan malam. Melalui simbol ini, bangsa Indonesia diharapkan dapat menjadi warga yang menjunjung tinggi nilai kerohanian dan ketuhanan dalam tiap aspek kehidupannya.

Selain itu, simbol juga menjadi cahaya yang menerangi dasar negara dari lima sila yang ada. Menandakan bahwa ketuhanan menjadi nilai dasar yang dapat mendampingi nilai-nilai lainnya.

2. Urutan lambang Pancasila kedua: Rantai emas

Rantai emas melambangkan sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Lambang ini juga menjadi simbol manusia-manusia Indonesia yang saling membutuhkan satu sama lain

Lambang ini juga mempunyai latar berwarna merah yang ditempatkan di bagian kanan bawah perisai. Mata rantai dalam bentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran, melambangkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua.

Selain itu, lambang rantai juga mengandung filosofi bahwa manusia adalah makhluk yang mampu menerapkan nilai-nilai kemanusiaan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan begitu, bangsa Indonesia juga bisa menjadi pribadi yang adil dan menghargai orang lain dengan layaknya sesama manusia.

3. Urutan lambang Pancasila ketiga: Pohon beringin

Urutan lambang Pancasila yang ketiga adalah pohon beringin. Lambang ini juga menjadi simbol dari sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia.

Pohon merupakan makhluk hidup yang tak jarang digunakan manusia sebagai tempat untuk berteduh dan berkumpul. Begitu juga halnya dengan makna yang terkandung pada lambang ini di mana masyarakat Indonesia dapat berkumpul menjadi satu dalam naungan negara Indonesia.

Berada di sebelah kanan atas, lambang pohon beringin mempunyai latar berwarna putih. Selain itu, akar pohon beringin yang menjalar juga menjadi simbol keragaman suku bangsa Indonesia yang kaya dan beraneka ragam.

4. Kepala banteng

Kepala banteng merupakan urutan lambang Pancasila yang keempat. Lambang ini juga menjadi simbol dari Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Adapun arti dari banteng yaitu hewan ini termasuk makhluk hidup yang senang bersosialisasi dan melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Dengan begitu, bangsa Indonesia diharapkan dapat menjadi bangsa yang kerap memutuskan berbagai macam hal dengan kepala dingin.

Info wajib baca: Negara Apa yang Terletak Paling Selatan ASEAN? Hayo, Kamu Tau Nggak, Nih?

5. Padi dan kapas

Urutan lambang Pancasila yang terakhir adalah padi dan kapas. Adapun lambang ini menjadi simbol dari Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Sebagaimana fungsinya, pada dan kapas merupakan kebutuhan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhan sandang dan papan. Maka dari itu, simbol ini juga melambangkan kemakmuran yang menjadi harapan seluruh bangsa Indonesia.

Urutan lambang Pancasila memiliki makna dan simbolisme yang dalam, mencerminkan nilai-nilai dan asas-asas dasar yang mengarahkan bangsa Indonesia. Sebagai simbol kebanggaan dan identitas bangsa, Pancasila dan lambang-lambangnya harus dihayati dan dipahami oleh setiap warga negara Indonesia.

Melalui pemahaman mendalam tentang makna asas-asas Pancasila, kita dapat memperkuat semangat persatuan, memajukan bangsa, dan mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara yang adil, sejahtera, dan bermartabat.


Itulah urutan lengkap mengenai lambang Pancasila sebagai simbol negara yang perlu kamu tahu. Nah, kira-kira, bagaimana kamu memaknai lambang ini? Yuk, tulis jawaban kamiu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare