...
pantangan weton Senin Legi
5-min read

Mengupas Pantangan Weton Senin Legi yang Harus Dihindari

pantangan weton Senin Legi

Apa saja pantangan weton Senin Legi yang harus kamu hindari? Simak terus artikel di bawah ini, yuk!

Senin Legi adalah salah satu hari dalam kalender Jawa yang dianggap memiliki kekuatan mistis dan memengaruhi nasib seseorang. Namun, ada beberapa pantangan weton Senin Legi yang harus dihindari agar tidak membawa kesialan atau bahkan bencana.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang pantangan Weton Senin Legi yang sering kali luput dari perhatian dan cara mengatasinya. Siapa tahu, dengan mengetahui hal ini bisa membuat kamu tetap selalu beruntung pada hari-hari Senin Legi mendatang.

Pantangan Weton Senin Legi

Cek bocoran pantangan buat kamu yang punya weton Senin Legi berikut ini.

1. Tidak boleh memotong kuku

Tidak boleh memotong kuku
Source: Orbitindonesia.com

Menurut kepercayaan budaya Jawa, kuku dianggap sebagai salah satu bagian dari tubuh yang memiliki nilai magis dan memiliki hubungan dengan nasib atau keberuntungan seseorang.

Menghindari memotong kuku pada hari Senin Legi dianggap dapat menghindarkan seseorang dari terpotongnya nasib baik atau keberuntungan dalam hidupnya. Selain itu, ada juga yang mengaitkan hal ini dengan konsep energi atau aura.

Diyakini juga bahwa pada hari Senin Legi, energi atau aura yang mempengaruhi kuku seseorang berada dalam posisi yang kurang baik, sehingga memotong kuku dapat mengganggu atau memengaruhi energi tersebut secara negatif.

2. Pantangan weton Senin Legi: Tidak boleh memotong rambut

Pantangan weton Senin Legi: Tidak boleh memotong rambut
Source: Jurnalindo.com

Pantangan ini berasal dari keyakinan bahwa weton Senin Legi merupakan hari yang berkuasa soal kemakmuran, pengertian, dan kesehatan. Karena itu, potong rambut di hari tersebut dianggap sebagai tindakan yang merugikan diri sendiri.

Orang menganggap bahwa memotong rambut pada hari senin Legi akan membuat seseorang tidak mampu mendapatkan anugerah dan berkembang sepanjang tahun lagi.

Keyakinan ini masih dipertahankan hingga kini oleh beberapa masyarakat Jawa. Karena itu, sebaiknya kamu menahan diri untuk tidak memotong rambut pada hari Senin Legi.

Info wajib baca: Pantangan Weton Rabu Legi Supaya Kehidupanmu Semakin Berkah dan Lancar

3. Tidak boleh membeli atau menjual tanah atau rumah

Tidak boleh membeli atau menjual tanah atau rumah
Source: Prospeku

Seperti yang kita ketahui, setiap hari Senin Legi memiliki energi dan spiritualitas yang berbeda. Oleh karena itu, ada beberapa pantangan atau hal yang tidak boleh dilakukan pada hari tersebut. Salah satunya adalah tidak boleh membeli atau menjual tanah atau rumah.

Kenapa hal ini tidak boleh dilakukan? Hal ini tidak boleh dilakukan karena energi Senin Legi dapat mempengaruhi pelanggan dan pembeli. Jika kita membeli atau menjual tanah atau rumah pada hari tersebut, maka bisa jadi akan ada sesuatu yang tidak beres pada transaksi tersebut.

Bahkan, jika orang yang melakukan sebuah transaksi di hari Senin Legi sudah berakhir dengan kegagalan, itu artinya di hari lain ia bisa jadi akan mengalami keberuntungan.

Maka, dalam budaya Jawa disarankan untuk tidak melakukan sebuah transaksi terkait dengan tanah, rumah, dan properti pada hari Senin Legi.

Info wajib baca: Mengenal Watak Weton Senin Pon, Rezeki, Karir, dan Jodoh!

4. Pantangan weton Senin Legi: Tidak boleh menanam pohon atau tanaman

Tidak boleh menanam pohon atau tanaman
Source: Hops.id

Pohon dan tanaman adalah bagian dari alam, sehingga ketika kita menanam pohon atau tanaman pada Senin Legi, artinya kita sedang membangun sesuatu yang baru di alam. Di beberapa tradisi, itu dianggap sebagai tindakan yang tidak pantas dilakukan pada hari tersebut.

Banyak orang percaya bahwa membangun sesuatu di alam pada Senin Legi akan meningkatkan energi negatif dan menimbulkan masalah.

Selain itu, Senin Legi juga dianggap sebagai hari istimewa bagi banyak agama dan budaya. Mungkin tidak pantas untuk menanam pohon atau tanaman pada hari ini karena merusak suasana harinya.

Dengan demikian, orang-orang cenderung menghindari tindakan ini sebagai cara untuk melestarikan nilai-nilai spiritual penting bagi banyak budaya dan tradisi.

5. Tidak boleh menjahit baju

Tidak boleh menjahit baju
Source: Orami

Senin Legi adalah hari yang dilarang untuk melakukan segala macam aktivitas yang berhubungan dengan merajut, memotong, atau menjahit. Senin Legi adalah hari yang dilarang untuk melakukan segala macam aktivitas yang berhubungan dengan merajut, memotong, atau menjahit.

Masyarakat Jawa percaya nenek moyang akan melihat apa yang sedang kita lakukan dan jika kita sedang melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada hari Senin Legi, mereka akan marah dan memberikan sanksi kepada kita.

6. Tidak boleh melakukan pernikahan

Tidak boleh melakukan pernikahan
Source: JawaPos.com

Senin Legi bertepatan dengan hari keenam dalam wuku Kuningan. Di sebagian besar daerah di Indonesia, perayaan Kuningan berlangsung selama empat hari, yaitu tanggal 22 sampai 25 Legi.

Pada hari keempat ini, biasanya masyarakat melakukan upacara Melasti dan Ngaben. Upacara Melasti adalah ritual menyucikan diri di air terjun atau sungai sebelum Ngaben.

Melesti dan Ngaben adalah dua upacara yang penting dalam agama Hindu dan Buddhis. Kedua upacara ini tidak boleh dilakukan pada Hari Senin Legi karena dianggap membawa bad luck (kemalangan). Oleh karena itu, pernikahan juga tidak boleh dilangsungkan pada hari ini.

Tips Menghindari Pantangan Weton Senin Legi

Tips Menghindari Pantangan Weton Senin Legi
Source: KlikDokter

1. Menghindari melakukan aktivitas yang dianggap kurang baik

Seperti membeli atau menjual tanah atau rumah, menanam pohon atau tanaman, atau berpergian jauh. Jika memang perlu melakukan aktivitas tersebut, dapat dipindahkan ke hari lain yang tidak termasuk dalam pantangan weton Senin Legi.

2. Menjaga energi dan aura tubuh dengan melakukan meditasi atau olahraga ringan

Meditasi dapat membantu meningkatkan kesadaran diri dan menghilangkan stres yang dapat memengaruhi energi tubuh. Dengan meditasi, kamu dapat fokus pada pernapasan dan membiarkan pikiran menjadi tenang.

Dengan melakukan meditasi atau olahraga ringan secara rutin, kamu dapat membantu menjaga energi dan aura tubuh pada hari Senin Legi, atau bahkan pada hari-hari lainnya. Namun, tetap penting untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan, ya!

3. Memotong kuku atau rambut sehari sebelum atau sesudah hari Senin Legi

Dalam kepercayaan tersebut, memotong kuku atau rambut pada hari Senin Legi dianggap dapat memotong atau mengurangi keberuntungan atau nasib baik seseorang.

Oleh karena itu, disarankan untuk memotong kuku atau rambut sehari sebelum atau sesudah hari Senin Legi agar tidak terpengaruh oleh pantangan tersebut.


Demikian pembahasan terkait beberapa pantangan weton Senin Legi yang sebaiknya kamu hindari berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa. Kamu juga bisa mengakses informasi tentang pantangan weton lainnya seperti pantangan weton Rabu Pon yang juga salah satunya tidak boleh memotong kuku.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare