...
weton senin pon
5-min read

Mengenal Watak Weton Senin Pon, Rezeki, Karir, dan Jodoh!

weton senin pon

Punya weton Senin Pon? Jangan lewatkan info terkait watak, sampai jodohmu berikut ini!

Weton Senin Pon jadi salah satu hari yang selalu diidentikkan dengan sifat dan karakter tertentu. Mungkin kamu belum tahu, ternyata weton memiliki ciri dari seseorang, atau bahkan ramalan hidup, lho! Seperti contohnya weton selasa kliwon.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang Weton Senin Pon. Mulai dari karakteristik, rezeki yang mungkin kamu dapatkan, karir seperti apa yang cocok denganmu, hingga jodoh seperti apa yang paling pas untuk dirimu. Yuk simak!

Weton Itu Apa, Min?

weton senin pon
Source: Pikiran Rakyat Banggai

Weton adalah konsep dalam budaya Jawa yang merujuk pada perhitungan hari kelahiran seseorang dalam kalender Jawa. Konsep weton sendiri memiliki makna yang penting dalam kehidupan masyarakat Jawa, terutama dalam tradisi keagamaan, sosial, dan budaya.

Weton biasanya dihitung berdasarkan lima unsur dalam kalender Jawa, yaitu sebagai berikut.

  1. Pasaran: merupakan kelompok dari lima hari dalam kalender Jawa, yang mencerminkan karakteristik individu. Kelima hari tersebut adalah Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.
  2. Dina: merupakan hari dalam seminggu yang sesuai dengan kalender internasional. Dalam kalender Jawa, dina dihitung mulai dari Senin hingga Minggu.
  3. Wara: adalah satu dari 30 hari dalam kalender Jawa. Setiap wara memiliki karakteristik unik yang berbeda.
  4. Wuku: merupakan satu siklus dalam kalender Jawa yang terdiri dari 30 wuku. Setiap wuku memiliki karakteristik yang berbeda dan dianggap dapat mempengaruhi nasib seseorang.
  5. Menehune: adalah hitungan dari hari kelahiran seseorang yang dimulai dari hari Senin Kliwon. Menehune berfungsi sebagai dasar dalam perhitungan weton.

Dalam masyarakat Jawa, weton digunakan sebagai panduan untuk menentukan hari-hari penting dalam kehidupan seseorang, seperti hari baik untuk menikah, memulai usaha, atau merayakan hari ulang tahun.

Selain itu, weton juga dianggap dapat memengaruhi kepribadian seseorang dan menentukan nasibnya di masa depan.

Meski konsep weton berasal dari budaya Jawa, namun banyak orang dari berbagai latar belakang yang tertarik dan mempelajari weton untuk mengetahui karakteristik dan nasibnya berdasarkan hari kelahirannya.

Saat ini, weton juga sering dijadikan sebagai inspirasi dalam seni dan desain, terutama dalam seni ukir dan seni tatah kayu yang khas dari Jawa.

Info wajib baca: Penjelasan Singkat Weton Rabu Pahing, dan Keistimewaannya

Weton Senin Pon Menurut Primbon Jawa

Senin pon jadi salah satu weton atau hari lahir yang terdiri dari hari Senin dan elemen tanah. Hari lahir ini juga memiliki neptu 11, yang berasal dari jumlah hari lahir Senin (4) dan Pon (7). Dimana neptu ini dapat mempengaruhi watak, sampai jodoh kamu. Simak satu-satu, yuk!

1. Watak weton Senin Pon

weton senin pon
Source: Declutter The Mind

Sama seperti hari-hari lahir lainnya, orang yang lahir di Senin Pon juga tentu memiliki watak yang unik. Berdasarkan Primbon Jawa, kamu yang lahir di hari ini kabarnya memiliki watak mirip Aras Tuding dan Demang Kandhuruwan.

Hal ini berarti kamu memiliki sifat keras hati dan angkuh yang sangat tinggi. Selain itu, kedua sifat yang kurang baik ini sudah jadi sifat bawaan dari kecil yang membuat kamu dan par pemilik weton ini sulit untuk mengubah atau menghilangkan sifat berikut. Tapi sebisa mungkin, kamu kurangin atau hilangkan sifat ini, ya!

Kamu juga dikenal sebagai pribadi yang kurang suka jika diperintah atau didikte oleh orang lain, dan cenderung meremehkan orang karena bawaan sifat angkuh dan keras hatimu ini. Hati-hati, jangan sampai sifat jelek ini menguasai dirimu!

Tapi, tenang, dibalik sifat kurang baik tersebut, ternyata kamu adalah orang yang nggak mudah ditipu ataupun dimanfaatkan orang lain, loh! Karena kamu memiliki pendirian yang sangat kuat dan keras. Selain itu, kamu juga nggak mudah terbawa arus. Kamu juga dikenal cerdas, sportif, kreatif, dan tidak tegaan.

Kalau seseorang punya temen yang lahir di Senin Pon, kalian wajib bersyukur karena mereka akan setia dan tidak mudah terpengaruh dengan omongan yang tidak berdasar. Tapi tetep, kalo temenan sama weton ini harus banyak-banyak sabar, deh!

2. Rezeki dan karir

Rezeki dan karir
Source: Alinea.ID

Beruntung kamu yang lahir di hari ini memiliki rezeki yang berkecukupan. Karena selalu ada saja rezeki yang datang padamu dalam bentuk apapun. Hal ini membuatmu jadi orang yang cukup sejahtera.

Di bidang karir pun kamu memiliki keunggulan, dimana kamu sebenarnya bisa bekerja di bidang apapun. Karena kamu adalah orang yang cepat belajar, pintar, dan wawasannya sangat luas.

Tapi, kamu juga punya kemampuan berargumen yang baik. Hal ini menjadikan kamu seringkali dianggap sebagai musuh oleh orang lain, tapi kadang itu jadi hal baik karena kamu bisa menyortir mana teman atau orang yang baik dan mau menerima pendapatmu dan yang nggak, loh!

Tapi, karena wataknya yang cenderung kurang suka diperintah atau didkte oleh orang lain, kamu yang lahir di hari ini lebih disarankan untuk bekerja sendiri tanpa kendali orang lain. Beberapa karir yang bisa kamu coba misalnya seniman, pegawai instansi pemerintahan, atau pengusaha.

3. Asmara weton Senin Pon

weton senin pon
Source: Family Institute

Ini, kan, yang kalian tunggu-tunggu? Pembahasan terkait asmara tiap weton emang menarik buat dibahas! Nggak terkecuali buat weton satu ini!

Jumlah neptumu 11, maka menurut Primbon Jawa, jodoh yang tepat buatmu adalah orang-orang yang memiliki jumlah neptu 13, 7, atau 18. Dengan kata lain, orang-orang ini lahir pada Selasa Legi, Sabtu Pahing, Minggu Kliwon, Kamis Legi, Sabtu Wage, dan Jumat Pon.

Sama seperti ramalan terkait hubungan cinta weton lainnya, kalau kamu berjodoh atau bahkan sampai berumah tangga dengan salah satu orang yang lahir di antara hari-hari tersebut, kabarnya hubungan percintaan atau rumah tangga mu bakal harmonis.

Selain itu, kalian bakal jadi pasangan yang romantis, dan bakalan langgeng kalau berjodoh! Tapi, bukan berarti kamu semata-mata harus menjadikan hal berikut ini sebagai patokan, ya!

Info wajib baca: Weton Senin Wage: Karakteristik dan Peruntungannya dalam Hidup Kita


Nah, itu tadi bahasan terkait weton Senin Pon. Gimana, menarik, kan? Buat kamu yang punya weton berikut, kira-kira dari pembahasan di atas ada yang kebetulan nyambung sama kamu, nggak, nih? Tulis di komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare