...
jenis-jenis masker
5-min read

Jenis-Jenis Masker Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui, Cek di Sini!

jenis-jenis masker

Inilah jenis-jenis masker kesehatan yang efektif untuk melawan virus dan polusi.

Masker kesehatan menjadi salah satu benda yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama sejak masa pandemi Covid-19 atau corona. Sehingga, mengenakan masker merupakan tindakan pencegahan utama untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Namun, dengan banyaknya jenis masker yang tersedia di pasaran, mungkin kamu merasa kesulitan memilih mana yang cocok dan efektif digunakan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan membahas berbagai jenis masker kesehatan yang perlu kamu ketahui agar dapat memilih dengan tepat dan melindungi diri serta orang sekitarmu secara maksimal. Simak sampai habis, yuk!

Info wajib baca: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat, Simak di Sini!

Jenis-Jenis Masker Kesehatan yang Efektif Melawan Virus dan Polusi

1. Masker kain

jenis-jenis masker
Source: Orami

Masker kain menjadi salah satu jenis masker yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, terutama sejak pandemi. Selain harganya yang terjangkau, masker kain juga dapat dicuci dan dipakai berkali-kali sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan masker sekali pakai.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis kain cocok digunakan sebagai bahan pembuat masker. Kain katun merupakan bahan yang disarankan karena memiliki kepadatan serat yang cukup tinggi sehingga dapat menahan droplet dari mulut dan hidung penggunanya. Selain itu, pastikan untuk memilih kain katun dengan kepadatan minimal 200 thread count agar efektif dalam menyaring udara.

Penting juga untuk diingat bahwa walaupun bisa dicuci dan dipakai berulang kali, namun penggunaan waktu maksimal tiap pemakaian adalah 4 jam saja untuk menghindari penumpukan partikel-partikel mikroba pada bagian luar maupun dalamnya. Jadi, pastikan kamu memiliki beberapa pasang cadangan jika ingin menggunakan jenis masker ini secara rutin!

2. Masker bedah 3 ply

jenis-jenis masker
Source: Klik Dokter

Masker bedah atau surgical mask 3 ply (lapis) adalah jenis masker kesehatan yang sering kita lihat di rumah sakit atau puskesmas. Masker ini terbuat dari tiga lapisan bahan non-woven, yaitu spunbonded polypropylene (SBPP), meltblown polypropylene (MBPP), dan spunbonded polypropylene (SBPP) lagi.

Bahan-bahan tersebut dipilih karena memiliki kemampuan untuk menangkap partikel udara seperti virus atau bakteri. Selain itu, jenis-jenis masker bedah juga dilengkapi dengan tali elastis yang dapat disesuaikan dengan ukuran kepala kamu.

Meskipun tidak sebaik N95, masker bedah ini masih cukup efektif dalam melindungi diri dari penularan penyakit. Oleh karena itu, masker ini sangat direkomendasikan bagi yang berprofesi sebagai tenaga medis maupun masyarakat umum saat keluar rumah selama masa pandemi Covid-19.

Perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan masker bedah haruslah sesuai dengan aturan agar bisa memberikan perlindungan maksimal. Setiap kali memakai masker bedah, pastikan jangan menyentuh bagian depannya karena sudah terkontaminasi oleh virus atau bakteri.

3. Jenis-jenis masker: N95

masker N95
Source: Orami

Masker N95 adalah salah satu jenis masker yang paling sering digunakan oleh tenaga medis untuk melindungi diri dari partikel udara berbahaya, termasuk virus dan bakteri. Masker ini sangat efektif dalam menangkal partikel-partikel kecil di udara dan dapat menyaring 95% kuman dengan penggunaan yang tepat, bahkan hingga 0,3 mikron.

Meski begitu, penggunaan masker N95 sebaiknya hanya dilakukan oleh orang-orang yang membutuhkan perlindungan maksimal seperti tenaga medis dan pekerja yang bekerja di lingkungan dengan risiko tinggi terpapar virus atau bakteri.

4. Masker N99

jenis-jenis masker
Source: Bhineka

Jenis-jenis masker selanjutnya yaitu masker N99, ini adalah salah satu jenis masker kesehatan yang memiliki tingkat proteksi yang lebih baik dari Masker N95. Masker ini mampu menyaring partikel udara seukuran 0.3 mikron dengan efisiensi hingga 99%.

N99 terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan dirancang untuk melindungi penggunanya dari paparan polusi udara atau bahan kimia berbahaya. Penggunaannya sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang sering bekerja di lingkungan rumah sakit untuk pencegahan penyakit tuberkulosis dan virus flu lainnya.

Namun, karena kemampuan penyaringan yang lebih baik, harga Masker N99 juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis masker lainnya. Selain itu, agar lebih mudah bernapas, pilihlah masker N99 yang memiliki dua buah katup (double-valve) untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

5. Jenis-jenis masker: KN95

masker KN95
Source: Ayo Semarang

Masker KN95 adalah salah satu jenis masker yang cukup populer digunakan di Indonesia. Masker ini kerap digunakan sebagai alternatif dari masker N95 karena memiliki kemampuan filtrasi yang hampir setara, tapi lebih mudah ditemukan dan lebih terjangkau harganya.

KN pada nama masker tersebut berasal dari China, sehingga beberapa orang menganggap bahwa hanya cocok untuk digunakan di negara asalnya saja. Namun sebenarnya, masker KN95 telah melewati standar internasional dan bisa digunakan secara global.

Jika dibandingkan dengan masker kain atau bedah biasa, penggunaan masker KN95 dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap droplet udara dan partikel mikroskopis. Maskernya juga dilengkapi dengan nose clip agar pas sesuai bentuk hidungmu.

Hal ini membuat masker KN95 dinilai bisa memberikan perlindungan lebih tinggi, baik dari polusi udara, virus, maupun bakteri.

6. Masker KF94

jenis-jenis masker
Source: Jawapos.com

Masker KF94 merupakan salah satu jenis masker kesehatan yang populer di Korea Selatan. Masker ini kerap dibandingkan dengan masker N95 karena memiliki tingkat perlindungan yang sama terhadap partikel udara. Namun, perbedaan utama dari kedua jenis masker tersebut adalah pada standar sertifikasinya.

KF94 mengacu pada standar sertifikasi Korea untuk filter respirator, sedangkan N95 mengacu pada standar Amerika Serikat. Meski begitu, kedua jenis masker tersebut mampu menyaring hingga 95% partikel udara berukuran mikro seperti virus dan bakteri.

Selain itu, kelebihan lain dari KF94 adalah desainnya yang ergonomis dan nyaman digunakan dalam jangka waktu lama. Tersedia juga dalam berbagai bentuk dan warna, membuatnya lebih mudah dipadukan dengan gaya fashion sehari-hari.

Tips Memakai Masker dengan Benar

Nggak cuma pemilihan jenis masker saja yang penting, tetapi juga cara memakainya dengan benar, lho. Maka berikut beberapa tips memakai masker dengan benar:

  1. Cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan masker.
  2. Pastikan masker menutupi hidung dan mulut secara sempurna.
  3. Jangan menyentuh bagian dalam atau luar masker saat mengenakannya atau melepasnya.
  4. Ganti masker setiap 4-8 jam sekali atau jika sudah lembab.
  5. Buanglah masker bekas pakai ke tempat sampah dengan benar dan guntinglah talinya.

Itulah jenis-jenis masker kesehatan yang perlu kamu ketahui. Dengan memilih masker yang tepat, kamu bisa lebih terlindungi dari berbagai penyakit dan polusi udara. Jadi, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dirimu dari virus dan polusi dengan menggunakan masker, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare