...
cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat
5-min read

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat, Simak di Sini!

cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat

Yuk, simak cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat berikut ini!

Jerawat adalah musuh dari keindahan dan kecantikan kulit. Ketika jerawat muncul, seseorang akan merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman dengan penampilan kamu. Meskipun jerawat bukanlah masalah serius bagi kesehatan, namun bisa berdampak pada rasa percaya diri kamu, lho.

Maka, tidak sedikit orang mencari cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat agar bisa memiliki kulit yang bersih dan cantik tanpa harus menggunakan produk-produk kosmetik yang mahal. Nah, dalam artikel ini akan membahas beberapa cara efektif untuk membasmi jerawat dengan bahan-bahan alami yang tentunya mudah untuk kamu dapatkan dan ada banyak di sekitarmu.

Info wajib baca: 7 Makanan Penyebab Jerawat di Dagu yang Perlu Kamu Kurangi

Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama pada masa remaja. Jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak atau sel-sel kulit mati. Hal ini menyebabkan bakteri berkembang biak di dalam pori-pori dan menghasilkan peradangan serta kemerahan pada kulit.

Ada beberapa jenis jerawat yang bisa muncul pada wajah seperti komedo, papula, pustula, nodule, dan cystic acne. Komedo adalah jenis jerawat yang umumnya berwarna hitam atau putih karena penyumbatan pori-pori dengan minyak atau sel-sel kulit mati. Sedangkan papula dan pustula merupakan bentuk jerawat yang lebih meradang dan berisi nanah.

Lalu, nodule dan cystic acne merupakan jenis-jenis jerawat yang lebih parah karena dapat menimbulkan rasa sakit dan meninggalkan bekas luka di wajah jika tidak disembuhkan secara tepat.

Meskipun jerawat termasuk masalah kesehatan biasa pada kulit, namun hal tersebut tetap mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu, penting banget, nih, untuk tahu penyebab timbulnya jerawat agar kamu bisa menjaga kesehatan kulit secara tepat.

Penyebab Jerawat

Jerawat adalah masalah umum yang sering dialami, terutama bagi kamu yang masih usia remaja. Namun, tahukah kamu bahwa jerawat bukan hanya disebabkan oleh kotoran atau minyak pada kulit? Ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat muncul di wajah.

Salah satu penyebab utama jerawat adalah hormon. Saat kadar hormon dalam tubuh meningkat, seperti saat masa pubertas atau menstruasi, produksi minyak di kulit tentu ikut meningkat. Hal tersebut membuat pori-pori tersumbat dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, stres juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Stres menimbulkan peradangan pada kulit dan mengganggu fungsi normal sistem kekebalan tubuh. Sehingga sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Kebiasaan buruk seperti mencuci wajah terlalu keras atau menggunakan produk kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit juga ikut andil pada timbulnya jerawat. Selain itu, tidak menjaga kebersihan wajah secara teratur serta kurang tidur juga bisa menjadi faktor pemicu tumbuhnya jerawat di wajah seseorang, lho.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat: Nggak Perlu Mahal

Salah satu cara alami untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan dari dapur kamu sendiri. Misalnya, campuran madu dan kayu manis dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan mencegah timbulnya jerawat baru. Nggak bikin kamu repot, kan?

Nah, berikut ini merupakan sejumlah cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang dapat kamu coba.

1. Lemon

cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat
Source: Klik Dokter

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Cara menggunakannya gampang, nih, yaitu dengan memeras lemon dan mengaplikasikan air perasan tersebut ke kulit wajah kamu. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

2. Madu

Madu memiliki kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan jerawat dan mempercepat penyembuhan kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke kulit wajah yang berjerawat, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

3. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera juga dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kulit, termasuk mengurangi jerawat. Cara menggunakannya adalah dengan memotong daun lidah buaya dan mengambil lendir yang ada di dalamnya. Oleskan lendir lidah buaya tersebut ke kulit wajah yang berjerawat, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan antimikroba yang bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi produksi minyak pada kulit wajah. Caranya adalah dengan merendam kantong teh hijau dalam air panas selama 3-5 menit, lalu biarkan dingin. Setelah itu, oleskan kantong teh hijau tersebut ke kulit wajah yang berjerawat selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

5. Mentimun

Bukan hanya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya. Yang mana kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Kamu cukup gunakan masker mentimun pada kulit berjerawat secara teratur.

Info wajib baca: Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dan Aman!

Tips untuk Mencegah Jerawat

Kamu bisa juga, nih, melakukan tips-tips berikut ini untuk mencegah jerawat kembali muncul. Adapun tips tersebut antara lain:

  • Rutin mencuci wajah dengan sabun yang lembut.
  • Menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.
  • Menghindari konsumsi makanan berlemak atau tinggi gula.
  • Memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu.
  • Hindari memencet atau menyentuh jerawat karena dapat menyebabkan infeksi.

Dengan melakukan tips-tips di atas, semoga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat pada wajahmu secara efektif dan membuatmu merasa lebih percaya diri dalam tampil cantik alami tanpa jerawat. Good Luck!


Itu dia cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang tentunya dapat kamu lakukan dengan praktis. Kenapa gitu? Karena bahan-bahan alami tersebut mudah didapatkan dan jumlahnya banyak di pasaran, lho. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare