...
perbedaan perut kista dan hamil
5-min read

Perbedaan Perut Kista dan Perut Hamil, Kenali Ciri-cirinya!

perbedaan perut kista dan hamil

Yuk, pahami perbedaan perut kista dan hamil!

Pengalaman memiliki gangguan kesehatan di perut adalah hal yang sering dialami oleh wanita. Tidak jarang, gejala-gejala tersebut dapat menimbulkan kebingungan karena beberapa kondisi memiliki tanda yang mirip satu sama lain.

Dua kondisi yang sering membingungkan adalah kista ovarium dan kehamilan. Meskipun keduanya dapat menyebabkan pembesaran perut, memiliki karakteristik yang berbeda sangat penting untuk penanganan dan perawatan yang tepat.

Ciri-ciri Perbedaan Perut Kista dan Hamil

Source: Grid.id

Meski perut kista dan perut hamil dapat menunjukkan pembesaran perut, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal penyebab, gejala, dan penanganan. Berikut ini perbedaan antara perut kista dan perut hamil agar kamu dapat memahami lebih jelas mengenai kedua kondisi tersebut.

Info wajib baca: Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

1. Asal-usul dan keterkaitan dengan kehamilan

Perbedaan utama antara perut kista dan perut hamil adalah bahwa kista nggak berhubungan dengan kehamilan dan bukan hasil dari pembuahan telur. Berikut ini asal-usul perbedaan kedua kondisi tersebut.

  • Perut Kista: Kista ovarium dapat berkembang pada wanita dalam berbagai usia reproduksi, termasuk pada masa sebelum pubertas dan setelah menopause. Mereka nggak berhubungan dengan kehamilan dan nggak berkembang karena pembuahan telur.
  • Perut Hamil: Perut hamil terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi oleh sperma menempel dan berkembang di dinding rahim. Ini adalah tahap awal dari kehamilan dan biasanya terjadi pada wanita yang aktif secara seksual dan belum mencapai menopause.

2. Perbedaan siklus menstruasi pada perut kista dan hamil

Wanita dengan kista ovarium dapat mengalami ketidakteraturan dalam siklus menstruasi mereka. Sementara perut hamil adalah kondisi di mana seorang wanita mengandung janin yang berkembang dalam rahim. Ini adalah proses alami yang terjadi setelah pembuahan telur oleh sperma.

  • Perut Kista: Kista ovarium dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi, seperti siklus yang lebih pendek atau lebih panjang dari biasanya, atau bahkan amenore (tidak menstruasi).
  • Perut Hamil: Wanita hamil biasanya mengalami amenore karena tidak mengalami menstruasi selama masa kehamilan.

3. Perbedaan durasi dan perkembangan perut kista dan hamil

  • Perut Kista: Pembesaran perut akibat kista ovarium mungkin terjadi secara perlahan dan cenderung bersifat unilateral (hanya di satu sisi perut).
  • Perut Hamil: Perut hamil cenderung membesar secara progresif seiring dengan pertumbuhan janin, dan bentuknya biasanya lebih simetris.

Info wajib baca: 7 Pantangan Ibu Hamil 14 Minggu yang Wajib Dihindari

4. Deteksi melalui tes kehamilan

  • Perut Kista: Kista ovarium tidak dapat dideteksi melalui tes kehamilan. Tes kehamilan hanya positif jika ada hormon hCG (human chorionic gonadotropin) dalam tubuh, yang hanya terjadi pada wanita yang hamil.
  • Perut Hamil: Kehamilan dapat dideteksi melalui tes kehamilan yang mengukur kadar hCG dalam urin atau darah.

5. Perubahan hormonal

  • Perut Kista: Kista ovarium dapat mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh, terutama hormon seks seperti estrogen dan progesteron.
  • Perut Hamil: Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang signifikan, termasuk peningkatan produksi hormon hCG, estrogen, dan progesteron.

6. Perasaan gerak janin

  • Perut Kista: Kista ovarium tidak bergerak atau menimbulkan sensasi seperti gerakan janin dalam perut.
  • Perut Hamil: Pada usia kehamilan yang lebih lanjut, wanita akan merasakan gerakan janin dalam perut, seperti tendangan atau gerakan berdenyut.

Penting untuk mencari bantuan medis jika mengalami gejala yang mengkhawatirkan atau perubahan dalam perut kamu. Hanya dengan pemeriksaan menyeluruh dan diagnosis yang tepat, kamu bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang sesuai untuk kondisi kamu.

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid!

Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare