...
bunga yang bisa dimakan
5-min read

8 Jenis Bunga yang Bisa Dimakan, Apa Baik untuk Kesehatan?

bunga yang bisa dimakan

Ternyata ada beberapa jenis bunga yang bisa dimakan lho. Kira-kira apa aja? Yuk simak.

Bunga tidak hanya indah dipandang, tetapi juga dapat dimakan. Bunga yang bisa dimakan dikenal dengan sebutan edible flower. Bunga-bunga ini memiliki rasa dan manfaat yang beragam lho.

Namun, tidak semua bunga aman untuk dimakan lho. Lalu kira-kira jenis bunga apa saja yang si yang bisa dimakan? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Info wajib baca: Catat! 13 Cara Milenial & Gen Z Menyikapi Tahun Politik, Awas Jangan Sampai Salah!

Jenis Bunga yang Bisa Dimakan

bunga yang bisa dimakan
Source: Kompas.com

Ada banyak jenis bunga yang dapat dimakan, dan berikut adalah beberapa di antaranya yang sering digunakan dalam dunia kuliner:

1. Mawar

Ada lebih dari 150 spesies mawar di dunia. Kabar baiknya adalah semuanya bisa dimakan.

Namun, tidak semua mawar memiliki rasa yang sama. Cara mudah memilih mawar yang bisa dimakan adalah dari aromanya. Kalau baunya enak, mungkin enak juga untuk dimakan.

Tapi kamu hanya bisa memakan kelopak bunganya saja, karena daun dan batangnya tidak bisa dimakan. Kelopak bunga mawar mempunyai rasa yang sedikit manis dengan wangi bunga yang segar, seperti kombinasi strawberry dan apel hijau.

Kelopak bunga ini dapat dimakan mentah, dicampur jus atau dibuat selai, mentega sayur, sup berbumbu, dan lain-lain. Kamu juga dapat memperoleh manfaat dengan memakan bunga mawar.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Avicenna of Phytomedicine (2017) menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam minyak mawar dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi.

2. Kembang sepatu, bunga yang bisa dimakan

Bunga kembang sepatu dapat ditemukan tumbuh di berbagai tempat di seluruh dunia, baik di iklim tropis maupun subtropis. Kembang sepatu memiliki ratusan spesies, tetapi rosela atau Hibiscus sabdariffa adalah yang paling umum dan dapat dimakan.

Bunga ini bisa merah, putih, kuning, atau merah muda. Dan biasanya digunakan dalam teh, jamu, selai, atau pecel sayur, dan kamu dapat memakannya langsung dari tanamannya.

Teh kembang sepatu juga dianggap memiliki manfaat medis. Studi menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

3. Borage

bunga yang bisa dimakan
Source: Healthline

Borage atau bunga bintang adalah bunga berbentuk bintang dengan kelopak yang halus. Bunga ini biasanya berwarna biru, namun bisa juga berwarna putih atau merah muda.

Dalam pengobatan herbal, borage digunakan untuk mengobati penyakit ringan seperti sakit tenggorokan atau batuk. Namun, penelitian pada manusia mengenai efektivitas borage dalam pengobatan medis masih sedikit.

Kamu bisa memakan bunga dan daun borage. Bunganya memiliki rasa yang sedikit manis dan segar, mirip dengan mentimun dan madu. Bunga ini dapat dimakan segar atau ditambahkan ke dalam sup, saus, atau isian lumpia sayur.

Bunga ini bahkan mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kamu.

4. Nasturtium

Selain terkenal dengan warna bunganya yang cerah, tanaman nasturtium juga memiliki rasa yang enak dan unik. Daun dan bunga nasturtium dapat dimakan mentah atau dimasak.

Bunganya berbentuk corong dan berwarna oranye terang, merah atau kuning. Memiliki rasa yang sedikit pedas dan dapat digunakan sebagai penghias kue.

Selain itu, daunnya yang bulat kecil juga empuk dan cocok digunakan sebagai sayur celup atau saus celup. Seperti bunga lain yang dapat dimakan, nasturtium mengandung banyak mineral dan senyawa yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi.

5. Pansy

Selain terlihat menggemaskan, pansy juga enak disantap. Tanaman ini memiliki bunga kecil dengan diameter sekitar 5 sampai 8 cm.

Bunga ini mempunyai banyak warna tetapi biasanya berwarna ungu, biru dan kuning. Juga memiliki lima kelopak yang saling bertumpuk dengan area gelap di tengahnya yang terlihat seperti noda tinta.

Pansy mempunyai rasa yang ringan, segar dan manis. Karena variasi warnanya yang banyak, bunga ini sering digunakan sebagai hiasan pai, puding, dan kue.

Info wajib baca: Ramalan Zodiak Taurus Minggu Ini, Kesempatan yang Baru Datang Menyerbu

6. Kamperfuli

bunga yang bisa dimakan
Source: Jagad Tani

Ada sekitar 200 spesies honeysuckle atau kamperfuli, namun yang paling populer adalah varietas Japonica dan Woodbine. Bunga dan ekstraknya biasa dikonsumsi atau dioleskan pada kulit untuk mengobati berbagai kondisi peradangan.

Namun efektivitasnya sebagai obat pengobatan pada manusia belum terbukti secara ilmiah. Dalam dunia kuliner, kamperfuli sering digunakan untuk membuat teh atau sirup aromatik.

Bunganya yang harum, biasanya berwarna kuning pucat atau putih, mengandung nektar yang dapat diambil langsung. Kamu dapat menggunakan bunga yang dapat dimakan ini untuk mempermanis es teh, limun, yogurt, atau sebagai pengganti gula.

7. Chamomile, bunga yang bisa dimakan

Selama berabad-abad, chamomile adalah bunga yang sering digunakan dalam memasak dan pengobatan tradisional. Chamomile dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine pada tahun 2016.

Bunganya lebih kecil daripada bunga aster. Chamomile menambahkan aroma dan rasa yang sedikit manis ke makanan atau minuman. Selain itu, bunga dan daun chamomile biasanya dikeringkan sebelum dimasak, tetapi mereka juga bisa disajikan dalam keadaan yang utuh.

Bunga chamomile biasanya digunakan untuk teh chamomile, tetapi mereka juga dapat digunakan untuk membuat sirup, makanan yang dipanggang, dan makanan penutup.

8. Dandelion

Dandelion adalah tanaman gulma yang tumbuh liar di kebun. Namun, mereka juga bisa dimakan karena zat gizinya yang tinggi.

Bunga dandelion kecil berdiameter sekitar 2-4 cm dan memiliki banyak kelopak kecil berwarna kuning cerah. Tanaman gulma ini dapat dimakan dari semua bagian, termasuk akar, batang, dan daunnya.

Bunganya dapat dimakan mentah, dicampur dengan tepung roti, digoreng, atau dicampur dengan selai untuk puding. Untuk membuat teh atau kopi, air biasanya direndam. Dandelion juga bisa dimasak sebagai pepes ikan, semur, atau makanan apa pun yang memerlukan aroma tambahan.

Menurut penelitian, dandelion mengandung berbagai bahan yang memiliki sifat antioksidan, jadi mengonsumsi bunga ini mungkin bermanfaat.


Nah, itulah dia pembahasan mengenia bunga yang bisa dimakan. Jika kamu ingin mencoba mengolah dan menikmati bunga yang bisa dimakan, pastikan untuk memilih bunga yang segar, aman, dan mencuci mereka dengan baik sebelum mengonsumsinya ya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare