...
cara menghindari minuman keras
5-min read

6 Cara Menghindari Minuman Keras dan Bahayanya yang Bikin Masa Depan Kamu Suram

cara menghindari minuman keras

Ternyata ini dia cara menghindari minuman keras yang perlu kamu tahu. Simak berikut ini ya.

Cara menghindari minuman keras adalah dengan sebisa mungkin menjauhkan minuman keras tersebut dari jangkauan kamu. Jika kamu masih menyimpannya, segera buang yang tersisa atau simpan di tempat yang sulit dijangkau.

Kamu juga bisa meminta orang di sekitar kamu untuk mengingatkan kamu jika kamu sudah mulai tidak ingin meminumnya. Nah, pada artikel ini kita membahas mengenai lebih jauh cara menghindarinya seperti apa, dan apa saja bahayanya jika kamu meminum minuman keras atau alkohol.

Info wajib baca: Sinopsis dan Pemeran Film Boa vs Python | Petualangan Menangkap Ular Raksasa

Cara Menghindari Minuman Keras

cara menghindari minuman keras
Source: Alodokter

Menghindari minuman keras adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kamu. Nah, berikut ini adalah berbagai cara yang dapat membantu kamu buat menghindari minuman keras, di antaranya:

1. Hindari lingkungan yang berisiko

Pertama, lingkungan yang berisiko adalah tempat-tempat atau situasi di mana konsumsi minuman keras menjadi lebih mungkin. Hindari lingkungan ini adalah langkah penting dalam menjaga komitmen kamu untuk tidak minum alkohol.

Beberapa contoh lingkungan berisiko termasuk pesta atau klub malam, bar atau restoran dengan bar, dan situasi stres atau tekanan emosional. Hal itulah yang pertama kali wajib kamu hindari.

2. Cari dukungan sosial

Menghindari minuman keras bisa menjadi tugas yang sulit jika kamu melakukannya sendirian. Oleh karena itu, mencari dukungan dari orang lain sangat penting.

Berbicaralah dengan teman, keluarga, atau bahkan seorang konselor jika kamu merasa perlu. Mereka dapat memberikan dukungan moral dan berusaha untuk tidak menawarkan kamu alkohol.

3. Buat rencana

Perencanaan yang matang adalah cara utama untuk menghindari alkohol. Membuat rencana akan membuat kamu lebih disiplin untuk mengikutinya, yang akan mengurangi keinginan untuk minum alkohol.

Agar kamu dapat berhenti minum minuman keras, rencana kamu harus mencakup hal-hal berikut ini:

  1. Menentukan waktu yang tepat untuk berhenti minum alkohol
  2. Menentukan dan melacak alasan mengapa kamu ingin mengurangi atau berhenti minum alkohol,
  3. Menyusun strategi untuk mengurangi atau berhenti minum alkohol
  4. Mencari orang yang dapat kamu percaya untuk mendukung kamu, dan merencanakan langkah apa yang harus dilakukan apabila kamu mengalami kemajuan di tengah-tengah upaya kamu untuk berhenti minum alkohol.
  5. Menentukan langkah apa yang harus kamu ambil agar kamu terus mengalami kemajuan dalam upaya kamu untuk berhenti minum alkohol.

4. Menyingkirkan semua sisa minuman

Jika kamu terbiasa menyimpan minuman beralkohol di rumah, kamu harus segera membuangnya. Ini adalah cara paling mudah dan paling efektif untuk menghindari minuman keras.

Apabila seseorang tinggal bersama kamu dan terus minum alkohol, minta mereka untuk menyimpannya di tempat yang tidak dapat kamu lihat. Memiliki alkohol di rumah dapat membuat kamu tergoda untuk kembali minum.

Akan tetapi jika kamu harus pergi untuk minum, hal ini dapat membuat lebih sulit bagi kamu untuk mendapatkan minuman, sehingga lebih mungkin kamu akan membatalkan niat tersebut.

5. Kenali bahaya minuman keras

Salah satu cara terbaik untuk menghindari minuman keras adalah dengan merasa takut atau enggan. Untuk menimbulkannya, kamu dapat mengetahui lebih banyak tentang dampak buruk alkohol pada kesehatan dan kehidupan sosial.

Mengetahui manfaat berhenti minum alkohol, di sisi lain, dapat membantu kamu tetap termotivasi. Alkohol dapat memengaruhi kesehatan kamu dalam berbagai cara, bahkan hanya minum jumlah kecil dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, dan linglung.

Info wajib baca: 28 Pantun buat Mantan, dari yang Sedih Hingga Ngajak Balikan

6. Mengantisipasi potensi detoks alkohol

Kamu mungkin mengalami gejala putus alkohol yang mengganggu jika kamu seorang pemimun berat atau seorang yang sangat bergantung pada alkohol. Kamu juga harus berhati-hati untuk tidak berhenti minum alkohol sebelum benar-benar bebas dari ketergantungan alkohol.

Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat terjadi ketika tubuh mulai mengeluarkan alkohol dari dalam sistem dan menyebabkan gejala putus alkohol:

  • Kecemasan
  • Gelisah
  • Mudah marah
  • Sakit kepala
  • Perubahan suasana hati
  • Kelelahan
  • Insomnia
  • Gemetar
  • Banyak berkeringat.

Bahaya Minuman Keras

cara menghindari minuman keras
Source: Alodokter

Setelah kita mengetahui cara-cara menghindari minuman keras, sekarang ada baiknya kita mengetahui bahayanya minuman keras yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk:

1. Ketergantungan

Alkohol adalah zat yang dapat membuat seseorang kecanduan. Ketergantungan fisik pada alkohol membuat tubuh kamu merasa membutuhkannya secara teratur.

Jika kamu tidak meminumnya, kamu dapat mengalami gejala penarikan seperti kegelisahan, mual, dan gemetar. Ini berarti bahwa tubuh dan pikiran kamu mungkin akan merasa membutuhkan alkohol secara teratur, dan berhenti minum bisa menjadi sangat sulit.

2. Gangguan mental

Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan skizofrenia. Dimana hal ini sangat merugikan bagi orang yang meminumnya.

Orang yang mabuk seringkali mengalami perubahan suasana hati yang drastis. Bahkan mungkin merasa sedih atau cemas setelah alkoholnya habis.

3. Gangguan perilaku

Minuman keras juga dapat berkontribusi pada gangguan perilaku. Ini termasuk tindakan seperti kekerasan, kriminalitas, dan bahkan tindakan bunuh diri.

Minuman keras dapat mengurangi kontrol diri dan meningkatkan impulsivitas. Sehingga dapat berakibat pada tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai alkohol atau minuman keras, dibarengi dengan cara menghindarinya dan bahayanya. Semoga saja kita semua terhindari dari hal yang seperti itu ya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare