...
jenis emas
5-min read

Kenali 5 Jenis Emas untuk Investasi dan Harga di Pasaran

jenis emas

Mana jenis emas yang kamu pilih untuk investasi?

Tertarik untuk investasi, tapi masih bingung memilih jenis investasi yang cocok? Emas bisa jadi pilihan terbaik, lho. Seiring berjalannya waktu, pilihan investasi ini semakin disukai banyak orang.

Soalnya nih, emas menjadi salah satu instrumen investasi yang rendah risiko. Sangat cocok kalau kamu ingin memperbanyak harta dan jadi aset yang aman. Nggak hanya itu saja,

Jenis Emas untuk Investasi

Waktu membuktikan kalau harga emas cenderung stabil, bahkan setiap tahun sering mengalami kenaikan. Untuk kamu yang ingin memilih instrumen investasi ini, berikut jenis-jenis emas yang bisa kamu pilih. Cek juga harganya di pasaran!

Info wajib baca: Arti Mimpi Memakai Cincin Emas, Pertanda Akan Dapat Jodoh?

1. Jenis emas koin untuk investasi

Umumnya, jenis koin memiliki berat satu atau dua ons. Bahkan tersedia juga yang berukuran setengah dan seperempat ons. Sekarang yang paling banyak tersedia di pasaran ada koin koleksi, South African Krugerrands, American Gold Eagles, dan Canadian Maple Leafs.

Harga jenis koin sering nggak sesuai dengan kandungan emas di dalamnya. Jika kamu menjadikannya investasi, bisa diperdagangkan dengan harga premium. Misalnya saja koin American Gold Eagle pada pertengahan bulan September 2020 untuk satu ons bisa kamu jual seharga lebih dari US$2.000.

Namun, beberapa jenis koin hanya memiliki kadar emas sebesar 90%. Memang meski cocok jadi pertimbangan instrumen investasi, tapi sebaiknya memilih emas murni dengan kadar 99% supaya kamu lebih mudah menjualnya.

2. Batangan

Kalau jenis satu ini banyak dilirik sebagai instrumen investasi karena kadar emas murninya mencapai 24 karat. Berarti, di dalam logam mulia tersebut hampir memiliki 99,99% emas.

Emas batangan yang ada di Indonesia pasarannya dalam berbagai gramasi, mulai dari O,5 gram dengan harga jual Rp574.000, 1 gram dengan harga jual Rp1.061.00.

Sementara 2 gram harga jualnya Rp2.083.00 , 5 gram dengan Rp5.126.000, 10 gram dengan Rp10.181.000, 100 gram dengan Rp101.402.000, 500 gram dengan Rp504.007.000, dan seterusnya.

FYI, harga tersebut hitungannya per 18 Maret 2023, ya. Produk emas batangan yang paling populer di Indonesia ada emas Antam.

Info wajib baca: Investasi Passive Income: 10 Ide untuk Menciptakan Pendapatan Pasif

3. Jenis emas perhiasan untuk investasi

Emas dalam bentuk perhiasan biasanya banyak dipilih perempuan sebagai instrumen investasi. Mulai dari berbentuk anting-anting, kalung, gelang, dan cincin.

Biasanya memiliki kadar sekitar 75% atau setara dengan 18 karat, karena sudah mengandung berbagai campuran seperti perak, tembaga, logam, dan seng yang digunakan untuk memperkuat tekstur.

Sayangnya, harga jual emas ini lebih rendah, dibandingkan dengan emas murni 24 karat. Jika kamu ingin investasi jangka panjang, emas jenis batangan paling worth it!

4. Granula

Kalau satu ini memiliki bentuk serbuk dengan tekstur halus, jadi ngagk salah disebut sebagai granula. Kamu akan banyak menemuinya sebagai pemanis karya seni dan aksesori tambahan untuk mempercantik perhiasan.

Untuk membeli granula, kamu nggak bisa mendapatkannya di toko-toko emas pada umumnya. Kamu bisa mengunjungi pengrajin produk emas dengan harga 24 karatnya dengan bentuk random granule sekitar Rp 1.000.000.

5. Jenis emas digital untuk investasi

Emas digital atau online menjadi cara antiribet untuk kamu yang ingin berinvestasi instrumen ini. Bisa didapatkan ketika kamu membeli emas secara online tanpa harus memusingkan tempat penyimpanan emas tersebut.

Cara membelinya cukup mudah, ada berbagai macam platform yang memberikan jasa menabung emas digital. Pastikan memilih lembaga yang sudah berizin OJK, salah satunya ada di Pegadaian Digital. Eits, sebelum membelinya, cek terlebih dulu harga emas paling update.


Itu dia beberapa jenis emas beserta harga pasarannya. Tertarik untuk investasi ini?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare