...
5-min read

5 Brand Teknologi Israel yang Diboikot Masyarakat, Ada Produkmu?

Hati-hati sebelum menggunakan! Inilah brand teknologi asal Israel.

Saat ini, masyarakat dunia dengan gencarnya melakukan aksi boikot terhadap beberapa brand asal Israel maupun mendukung Israel. Dari produk food and beverages hingga teknologi, masyarakat dunia menunjukkan solidaritas untuk tidak membeli produk asal Israel.

Terdapat banyak produk asal Israel yang membantu produktivitas, namun kini banyak orang yang membatasi penggunaan atau pembelian produk mereka. Apa sajakah produk itu? Simak artikel ini sampai selesai agar tidak salah beli!

Brand-brand Teknologi Asal Israel

1. Waze

Waze adalah aplikasi navigasi berbasis komunitas yang dibuat oleh perusahaan Israel dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2013. Aplikasi peta ini menggunakan data real-time dari pengguna aplikasi untuk memberikan rute terbaik ke tujuan pengguna. Adapun Waze menawarkan rute yang mempertimbangkan kecelakaan, kemacetan lalu lintas, alat pengukur kecepatan, konstruksi, dan hambatan lain yang dapat memperlambat pengemudi.

Pengguna dapat menyimpan daftar teman di aplikasi sehingga mereka dapat melacak satu sama lain dalam perjalanan atau melihat teman di sekitar. Seperti Google Maps, Waze dapat diunduh gratis dan menghasilkan uang dari iklan yang ditempatkan di peta.

Info wajib baca: Bijaklah Dalam Memilih! Berikut 7 Merek Produk Kecantikan Asal Israel

2. HP

brand teknologi israel
Source: The New York Times

Perusahaan-perusahaan bermerek HP memainkan peran penting dalam penindasan Israel terhadap warga Palestina. Mereka terlibat dalam pendudukan Israel, kolonialisme pemukim, dan rezim apartheid. Mereka menyediakan perangkat keras komputer untuk tentara Israel dan memelihara pusat data melalui server mereka untuk polisi Israel. HP menyediakan server Itanium untuk mengoperasikan Sistem Aviv, database komputerisasi Otoritas Kependudukan dan Imigrasi Israel. Hal ini menjadi tulang punggung segregasi rasial dan apartheid di Israel.

Pada bulan November 2015, HP dipecah menjadi dua perusahaan: HP Inc. untuk perangkat keras konsumen seperti PC dan printer, dan Hewlett Packard Enterprise (HP-E) untuk layanan bisnis dan pemerintah. Kedua perusahaan bermerek HP tersebut tetap terlibat dalam apartheid Israel dan kolonialisme pemukim.

Dilansir dari BDS Movement, HP menyediakan layanan dan teknologi kepada tentara dan polisi Israel yang mempertahankan pendudukan ilegal Israel dan pengepungan Gaza. Tak hanya itu, mereka juga menyediakan server Itanium eksklusif kepada Otoritas Kependudukan dan Imigrasi Israel untuk Sistem Avivnya.

Sistem ini memungkinkan pemerintah untuk mengontrol dan menegakkan sistem segregasi rasial dan apartheid terhadap warga Palestina di Israel, dan terlibat langsung dalam kolonialisme pemukim Israel melalui “database Yesha”, yang mengumpulkan informasi tentang warga Israel di pemukiman ilegal di wilayah pendudukan Palestina.

3. Siemens

brand teknologi israel
Source: Siemens press

Siemens menyatakan komitmen mereka terhadap hak asasi manusia dan keberlanjutan, namun tindakan mereka menunjukkan sebaliknya. Diberitahukan oleh Penelitian Dewan Organisasi Hak Asasi Manusia Palestina (PHROC), Siemens terlibat dalam pembangunan pemukiman ilegal Israel di wilayah pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur.

Pembangunan pemukiman ilegal terseut diwujudkan melalui pembangunan Interkonektor EuroAsia, sebuah kabel bawah laut yang akan menghubungkan jaringan listrik Israel dengan jaringan listrik Eropa Ini memungkinkan adanya pemukiman ilegal di tanah Palestina (dan Suriah) untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan listrik Israel-UE yang dihasilkan dari gas fosil.Permukiman ini dikutuk secara internasional sebagai kejahatan perang berdasarkan hukum kemanusiaan internasional.

4. Mellanox Tehcnology

Mellanox Technologies, Ltd. adalah pemasok terkemuka solusi dan layanan interkoneksi cerdas Ethernet dan InfiniBand end-to-end untuk server, penyimpanan, dan infrastruktur hiper-konvergensi. Solusi interkoneksi Mellanox meningkatkan efisiensi pusat data dengan memberikan throughput tertinggi dan latensi terendah, mengirimkan data ke aplikasi lebih cepat dan membuka kunci kinerja sistem.

Dipimpin oleh mantan salah satu pendiri Galileo Technology, Eyal Waldman, Mellanox didirikan pada tahun 1999 sebagai produsen sirkuit terpadu, dan berkembang selama satu dekade dengan menyertakan berbagai solusi interkoneksi. Mellanox memiliki kantor pusat di Israel dan California, memiliki hampir 3.000 karyawan dan mitra bisnis di seluruh dunia.

Info wajib baca: Awal Sejarah Konflik Israel – Palestina, Berawal dari Pendirian Negara untuk Orang Yahudi

5. Intel

Intel adalah salah satu pendukung terbesar Israel. Pusat pengembangan pertama mereka di luar AS dibuka di Haifa pada tahun 1974. Sejak itu mereka terus mengucurkan investasi ke Israel.[2] Pada tahun 2000 mereka mempekerjakan lebih dari 4000 orang Israel. Ekspor dari pabrik Lachish-Qiryat Gat di Israel (dibuka pada Februari 99) berjumlah $3 juta per hari pada kapasitas puncak – sekitar $1 miliar per tahun.

Al-Awda (Pusat Pengembalian Palestina) telah menunjukkan bahwa pabrik Intel di “Qiryat Gat” dibangun di atas tanah yang disita Israel dari desa-desa Palestina di Irak al Manshiya. Irak al Manshiya adalah sebuah desa berpenduduk 2000 orang yang tinggal di 300 rumah dengan dua masjid dan satu sekolah.

Penduduk asli Palestina diteror dan dipaksa untuk keluar desa, kemudian seluruh desa diratakan dengan tanah untuk mempersiapkan jalan bagi pemukiman baru Israel di Qiryat Gat. Saat ini sisa penduduk Irak al Manshiya masih tidak diperbolehkan untuk kembali.


Itulah beberapa brand yang asal Israel. Nah, apa kamu menggunakan salah satu produk di atas? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, yuk!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid!

Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare