...
macam-macam pakaian adat
5-min read

Mengenal Lebih Dekat Macam-Macam Pakaian Adat Terpopuler di Indonesia | Ketahui Sejarah sampai Maknanya!

macam-macam pakaian adat

Penasaran dengan sejarah dan macam-macam pakaian adat di Indonesia? Yuk, cari tahu di sini!

Indonesia adalah negara yang dominan dalam budaya dan adat istiadatnya yang beragam, termasuk dalam kekayaan pakaian adatnya. Macam-macam pakaian adat di Indonesia memiliki sejarah dan makna yang sangat kaya akan nilai-nilai tradisional.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang keindahan pakaian adat, saatnya mulai mengenal lebih dekat dengan sejarah dan maknanya. Yuk, cari tahu lengkapnya di sini!

Info wajib baca: 5 Daftar Rumah Adat Terunik dan Terpopuler di Indonesia

Sejarah Pakaian Adat di Indonesia

Sejarah Pakaian Adat di Indonesia
Source: Pinhome

Pakaian adat merupakan sebuah kebanggaan bagi setiap daerah di Indonesia. Pakaian adat menjadi identitas budaya suatu daerah yang berbeda-beda. Namun, terkadang banyak orang yang tidak mengetahui apa itu pakaian adat dan sejarahnya.

Pakaian adat sendiri dapat didefinisikan sebagai pakaian tradisional yang biasanya dipakai untuk acara-acara khusus. Misalnya, saat pernikahan, acara resmi, atau kegiatan lainnya. Pakaian adat sering disebut juga dengan istilah ‘kebaya’ atau ‘baju kuning’.

Baju kuning adalah pakaian wajib bagi para penduduk di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sedangkan kebaya umumnya dipakai oleh wanita di Jawa Timur dan Bali.

Pakaian adat sangatlah beragam dan berbeda-beda sesuai dengan daerah asalnya. Oleh karena itu, mempelajari tentang pakaian adat di suatu wilayah bisa menjadi cara yang tepat untuk mengenal budaya suatu daerah.

Selain adat istiadat, pakaian adat juga memiliki nilai-nilai estetika karena terdapat berbagai motif dan warna yang menarik. Dengan begitu, para warga masyarakat pun dapat melestarikan budaya lewat pakaian tradisional masing-masing.

Macam-Macam Pakaian Adat

Buat kamu yang ingin mengenal budaya Indonesia, yuk, mulai dari mengetahui macam-macam pakaian adat nasional! Berikut di antaranya:

1. Kebaya

Kebaya
Source: Kobaran

Kebaya merupakan salah satu pakaian adat Jawa yang terkenal di dunia. Pakaian adat ini biasanya dikenakan oleh para wanita Jawa Tengah dan Jawa Timur saat menghadiri acara-acara tertentu atau sebagai busana sehari-hari.

Kebaya umumnya dibuat dari bahan kain songket atau brokat yang disulam dengan motif bunga atau hewan. Kebaya biasanya dipadukan bersama rok atau kain batik. Pakaian ini banyak dikenakan oleh wanita Jawa dan Bali.

Jenis pakaian adat satu ini dikenakan oleh wanita di berbagai acara formal atau upacara, seperti pernikahan, acara adat, dan acara resmi. Kebaya juga sering dipakai sebagai busana sehari-hari oleh wanita di beberapa daerah di Indonesia, terutama di Jawa dan Bali.

2. Baju adat Dayak

Macam-macam pakaian adat: Baju Adat Dayak
Source: Orami

Baju adat Dayak adalah jenis pakaian tradisional yang berasal dari suku Dayak, yang merupakan salah satu suku bangsa pribumi Indonesia yang mendiami wilayah Kalimantan. Jenis baju ini biasanya terbuat dari kain tenun dengan motif-motif tradisional yang khas, dan dipakai oleh pria maupun wanita.

Baju adat Dayak untuk wanita terdiri dari baju panjang dengan lengan pendek atau tanpa lengan, dan kain sarung yang dibalut di pinggang. Sedangkan baju adat Dayak untuk pria terdiri dari baju panjang, celana panjang, dan ikat pinggang. Keduanya biasanya dikenakan dengan sepatu atau sandal.

Motif pada baju adat Dayak sangat beragam dan memiliki makna simbolis yang dalam, seperti motif binatang, tumbuhan, dan geometris. Motif-motif tersebut menceritakan mitos dan kepercayaan suku Dayak, serta nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh suku Dayak.

3. Baju adat Bundo Kanduang

Baju Adat Bundo Kanduang
Source: Kompas.com

Pakaian adat Bundo Kanduang atau Ratu Adat Minangkabau biasanya terdiri atas beberapa lapisan kain yang disebut baju kurung, kain sarung, serta kain kembang goyang. Baju kurung Bundo Kanduang biasanya terbuat dari kain sutra atau kain tenun dengan warna yang cerah dan berkilauan, seperti emas atau perak.

Kain sarung yang dipakai oleh Bundo Kanduang biasanya memiliki motif dan warna yang senada dengan baju kurung. Kain tersebut merupakan lapisan terluar pakaian adat Bundo Kanduang dan dipakai untuk memberikan kesan mewah dan elegan. Pakaian adat Bundo Kanduang juga biasanya mengenakan perhiasan seperti gelang, kalung, dan anting-anting yang terbuat dari emas atau perak sebagai pelengkap pakaian adatnya.

4. Ulos

Macam-macam pakaian adat: Ulos
Source: Laruna

Pakaian adat ulos dari Sumatra Utara adalah salah satu pakaian yang paling populer di Indonesia. Ulos merupakan kain tenun buatan tangan (handmade) dan jadi kerajinan khas daerah ini.

Makna simbolik dari pakaian ini berhubungan dengan peternakan sapi dan hubungan manusia dengan alam semesta. Warna khas pakaian adat ulos berbeda-beda menurut daerah. Warna yang paling populer diantaranya merah, biru, hitam, dan hijau. FYI, setiap warnanya memiliki makna tersendiri.

Beberapa jenis pakaian adat Ulos antara lain Ulos Ragidup yang merupakan kain tenun khas suku Batak Toba yang biasanya digunakan untuk acara pernikahan. Yang kedua, Ulos Bintang Maratur yaitu kain tenun khas suku Batak Karo yang digunakan dalam acara adat seperti pernikahan, upacara adat, dan acara keagamaan.

Ketiga, Ulos Mangiring ialah kain tenun khas suku Batak Simalungun yang biasanya dikenakan oleh laki-laki sebagai pakaian adat dalam acara adat seperti upacara pernikahan dan acara keagamaan. Terakhir, Ulos Sadum memiliki warna hijau sebagai warna utama dan dihiasi dengan motif seperti burung dan daun.

Info wajib baca: Mengenal Pakaian Adat Ulos Sumatera Utara, Ada Ulos Batak Toba Juga

5. Baju Bodo

Baju Bodo
Source: Fimela

Baju Bodo adalah jenis pakaian adat tradisional yang berasal dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Jenis baju adat satu ini biasanya dipakai oleh perempuan pada acara-acara resmi atau upacara adat seperti pernikahan, khitanan, atau upacara adat lainnya.

Model baju ini terdiri atas baju panjang yang longgar dengan lengan pendek atau tanpa lengan. Bagian atas baju biasanya dilengkapi dengan sulaman atau hiasan yang indah. Sementara setiap warnanya memiliki arti berbeda-beda. Baju adat jenis ini juga biasanya dilengkapi oleh kain batik atau songket sebagai kain penutup di bagian dada dan diikat dengan kain tenun ikat di bagian pinggang.

Pakaian adat asal Makassar ini sangat khas dan unik dengan model yang menonjolkan kesan lebar dan longgar serta hiasan rumit. Baju Bodo khas suku Bugis ini biasanya terbuat dari kain sutra, songket, atau kain tenun tradisional.

6. Baju Kurung Tanggung

Source: kompas.com

Pakaian adat Kurung Tanggung ini berasal dari Jambi dan bisa dikenakan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Dinamakan Kurung Tanggung karena pakaian adat ini memiliki lengan yang tanggung, di mana panjangnya melebihi siku tapi tidak sampai pergelangan tangan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ada filosofi kuat dibaliknya, yaitu menandakan bahwa pria Melayu Jambi harus tangkas dan cekatan saat bekerja. Teknik pembuatannya pun dilakukan dengan cara ditenun dan dibordir.

Biasanya, pakaian adat Jambi ini dipakai untuk suatu acara pernikahan. Untuk yang laki-laki, Baju Kurung Tanggung terdiri dari penutup kepala yang disebut lacak dan terbuat dari beledru berwarna merah. Penutup kepala ini memiliki bagian depan yang menjulang lebih tinggi.

Sebagai hiasan, lacak dilengkapi dengan flora, yaitu tali runci pada sisi kiri dan bungo runci pada sisi kanan. Bungo runci bisa berupa bunga asli ataupun bunga tiruan. Sedangkan Baju Kurung Tanggung untuk perempuan, terdiri dari kain songket, selendang yang berwarna merah, dan juga penutup kepala yang disebut dengan pesongkon.

Updated by Faniditya R.


Itulah, gaes, sejarah dari pakaian adat dan macam-macam pakaian adat khas negara Indonesia yang wajib kamu ketahui. Dengan mengenal pakaian-pakaian adat tersebut, kita bisa semakin melestarikan keberagaman budaya Indonesia yang nggak boleh dilupakan.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare