...
cara membedakan ikan cupang jantan dan betina
5-min read

Ini Dia 7 Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

cara membedakan ikan cupang jantan dan betina

Begini lho cara membedakan ikan cupang jantan dan betina yang benar!

Apa kamu tahu cara membedakan ikan cupang jantan dan betina seperti apa? Kalo belum tahu, yuk simak artikel berikut ini. Jadi, ikan cupang itu adalah ikan khias yang sering dijadikan peliharaan di setiap rumah orang.

Ikan cupang ini sangat populer di mata masyarakat. Memiliki tubuh yang kecil, punya warna tubuh yang indah, dan bahkan bisa juga di adu dengan sesama ikan cupang lainnya lho.

Info wajib baca: Foundation yang Bagus Untuk Remaja, Jangan Sampai Salah Pilih!

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Bagi kalangan penggemar ikan cupang yang pemula, mungkin mereka masih belum tahu gimana cara membedakan ikan cupang jantan dengan betina. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk membedakannya lho.

cara membedakan ikan cupang jantan dan betina
Source: Kompas.com

1. Bentuk tubuh jadi salah satu cara membedakan ikan cupang jantan dan betina

Pertama-tama mari kita membahas bentuk tubuh ikan cupang terlebih dahulu, ya. Ikan cupang Jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Ikan cupang jantan biasanya lebih kecil dan ramping dibandingkan dengan betina. Sehingga, kamu dapat melihat apakah ikan tersebut lebih besar dan bulat atau mungkin lebih ramping dan agak memanjang.

Sirip ikan cupang jantan juga berbeda dari sirip betina. Sirip ekor dan perut ikan cupang jantan biasanya lebih panjang dan lebar daripada sirip betina.

Kamu akan melihat perbedaan yang jelas antara dua jenis ikan ini jika kamu melihatnya dari samping. Coba deh kamu perhatikan bagian sirip ikan cupang tersebut.

2. Warna tubuh

Ciri khas lainnya yang paling mencolok yang membedakan ikan cupang jantan dan betina adalah warnanya. Ikan cupang jantan biasanya memiliki warna tubuh yang lebih cerah, mencolok, dan seringkali menarik perhatian pasangan mereka, karena warna yang indah ini digunakan oleh ikan cupang jantan untuk memikat pasangan mereka.

Ikan betina, di sisi lain, biasanya memiliki warna yang lebih netral dan kurang mencolok, seperti warna tanah, coklat, atau hijau pucat. Namun, ini tidak berarti bahwa ikan betina tidak dapat memiliki warna yang menarik, hanya saja biasanya lebih sederhana dan kurang mencolok.

3. Sirip ekor

Sirip ekor ikan cupang adalah salah satu bagian tubuh yang paling mencolok yang membedakan antara jantan dan betina. Selain itu, sirip ekor ikan cupang jantan seringkali lebih panjang, lebih lebar, dan memiliki lebih banyak variasi bentuk, seperti sirip burung ekor panjang yang indah.

Sebaliknya, sirip ekor betina lebih pendek dan bentuknya lebih sederhana dan teratur daripada sirip ekor jantan. Jadi, mudah sekali bukan untuk membedakannya.

4. Janggut

Ikan cupang jantan memiliki janggut yang sangat mencolok. Jika kamu melihat ikan cupang dengan janggut yang mencuat, itu hampir pasti adalah janggut jantan yang tengah berusaha menarik perhatian betina saat mereka ingin kawin.

Janggut ini terletak di bawah dagu ikan. Ikan jantan biasanya memiliki janggut, tetapi ikan betina biasanya tidak. Mereka biasanya lebih sederhana dan berfokus pada mengatur telur-telur mereka dan mempersiapkan pemijahan.

Info wajib baca: 5 Ciri-Ciri Wanita Memberi Harapan Cinta yang Perlu Dipahami!

5. Perilaku

cara membedakan ikan cupang jantan dan betina
Source: Wolipop Detik.com

Ikan cupang jantan biasanya lebih agresif daripada betina, dan kamu dapat melihatnya mengejar atau menyerang ikan lain di akuarium, termasuk ikan cupang betina. Perilaku ini dapat membantu kamu membedakan ikan cupang jantan dan betina.

Itu adalah upaya jantan untuk melindungi pasangannya dan mempertahankan wilayahnya. Sebaliknya, ikan betina berkonsentrasi pada menjaga keamanan telur-telur mereka dan merawat keturunan mereka, sehingga mereka lebih tenang dan kurang agresif dalam interaksi sosial mereka.

6. Usia jadi cara membedakan ikan cupang jantan dan betina

Saat kamu mencoba membedakan ikan cupang jantan dan betina, penting untuk mengetahui bahwa ikan cupang jantan biasanya mencapai kematangan seksual lebih awal dibandingkan betina, dan biasanya siap berkawin pada usia sekitar tiga hingga empat bulan. Ikan cupang betina memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai kematangan seksual, dan biasanya siap berkawin pada usia empat hingga lima bulan.

Oleh karena itu, pastikan ikan cupang kamu sudah mencapai usia yang tepat untuk dikawinkan. Pemijahan ikan yang belum siap dapat menimbulkan masalah, jadi jangan terlalu tergesa-gesa.

7. Ciri-ciri saat kawin

Masing-masing jenis ikan cupang menunjukkan tanda-tanda tertentu selama fase kawin. Ini mungkin saat yang tepat untuk membedakan jenis kelaminnya.

Ikan cupang jantan akan menunjukkan karakteristik tertentu saat mencoba memikat ikan cupang betina. Beberapa tanda khas ini meliputi:

  • Warna tubuh yang lebih gelap: Ketika ikan cupang jantan berusaha memikat betina, mereka seringkali akan menggelapkan warna tubuh mereka untuk menunjukkan dominansi.
  • Sirip mengembang: Sirip jantan akan terlihat lebih mengembang saat mereka sedang berusaha memikat betina.
  • Mengejar betina: Jantan akan aktif mengejar betina di dalam akuarium sebagai upaya untuk memikat hatinya.

Sementara itu, ikan cupang betina akan menunjukkan tanda-tanda berikut saat sedang kawin:

  • Perut membesar: Betina akan mengalami perubahan fisik, terutama perut yang membesar ketika mereka membawa telur dalam tubuhnya.
  • Menempelkan telur di tanaman air: Betina akan mencari tempat yang aman untuk melepaskan telur-telur mereka. Mereka seringkali akan menempelkan telur di tanaman air atau substrat di dalam akuarium.

Nah, begitulah cara membedakan ikan cupang jantan dan betina yang paling benar dan tepat. Jadi, jangan sampai kamu salah membedakannya ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare