...
kenapa perut bunyi
5-min read

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan, Konsultasikan Dokter!

kenapa perut bunyi

Sakit perut di bagian bawah tapi di atas kemaluan? Simak penyebab dan cara mengatasi sakit dibawah perut diatas kemaluan berikut.

Kali ini kita akan membahas topik yang penting dan sering dialami oleh banyak orang, yaitu sakit di bawah perut. Tapi udah atu penyebab dan cara mengatasi sakit dibawah perut diatas kemaluan?

Kali ini kita bakal bahas beberapa penyebab umum dari rasa sakit ini serta beberapa cara untuk mengatasinya. Bersiaplah untuk memperoleh pengetahuan baru yang berguna dan segera temukan kembali kenyamanan dalam kehidupan sehari-harimu!

Penyebab Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan

Sakit perut pasti udah biasa dialami oleh siapa aja baik muda maupun tua, laki-laki maupun perempuan, dan hal ini kadang bisa bikin aktivitas kita terganggu. Selain penyebab perut bunyi terus masalah lain seperti penyebab sakit di bawah perut di atas kemaluan ini juga pasti bikin kamu penasaran.

Sebelum ke cara mengatasinya, simak dulu beberapa penyebab sakit di area perut berikut ini, biar kamu nggak nebak-nebak penyebabnya!

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Salah satu penyebab paling umum sakit di bawah perut adalah infeksi saluran kemih. Infeksi ini bisa terjadi pada kandung kemih (sistitis) atau uretra (uretritis). Gejala ISK termasuk nyeri saat buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil terus-menerus, dan urine yang keruh atau berbau tidak sedap.

2. Infeksi ginjal

Sakit di area ini juga bisa jadi sebuah pertanda dari infeksi ginjal. Penyakit ini adalah infeksi serius yang sering dimulai dari infeksi kandung kemih. Ketika bakteri atau jamur penyebab infeksi kandung kemih menyebar ke ginjal, hal ini bisa mengakibatkan terjadinya infeksi ginjal. 

Terkadang, gejala rasa sakit perut bawah bisa sampai ke area atas kemaluan, area punggung, hingga ke bawah tulang rusuk. Selain itu, kamu juga umumnya merasakan nyeri saat buang air kecil, demam tinggi disertai menggigil, dan sering buang air kecil.

3. Kram menstruasi

cara mengatasi sakit dibawah perut diatas kemaluan
Source: KlikDokter

Kalo rasa sakit yang satu ini pastinya dialami oleh hampir semua perempuan, khususnya pas udah masuk waktunya menstruasi. Kram ini juga bisa bervariasi tingkat kesakitannya, mulai dari yang bisa ditoleransi, sampai yang bikin kita nggak bias bangun dari kasur.

Penyebab sakit yang satu ini juga mungkin disebabkan oleh adanya kontraksi di rahim, sehingga mengakibatkan munculnya kram saat menstruasi. Pada beberapa kasus bahkan ada yang sampai nyeri di punggung bawah, kelelahan, diare, mual, serta muntah.

4. Kista ovarium

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang berkembang di atau di sekitar ovarium. Beberapa kista tidak menimbulkan gejala, tetapi kista yang lebih besar atau bahkan pecah bisa menyebabkan sakit perut akut.

Rasa sakit ini bisa jadi disebabkan oleh ovarium yang gagal melepaskan sel telur, dan bisa menyebabkan perut kembung dan nyeri panggul di sisi tubuh yang terkena kista.

5. Gangguan usus dan hernia

Beberapa gangguan usus, seperti radang usus atau sindrom iritasi usus (IBS), dapat menyebabkan nyeri di bawah perut dan perubahan pada pola buang air besar.

Hernia terjadi ketika bagian dari jaringan tubuh menonjol melalui otot atau jaringan ikat yang lemah. Hernia di daerah panggul dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri di bawah perut. Dua hal ini juga bisa jadi penyebab kamu merasakan sakit di daerah tersebut.

Info wajib baca: Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah hingga Pinggang

6. Radang usus buntu

Kalau kamu merasakan rasa sakit di bagian ini, kamu patut berhati-hati karena bisa jadi ini salah satu dari sekian banyak ciri-ciri usus buntu pada wanita. Usus buntu sendiri adalah jaringan yang berbentuk seperti tabung dengan panjang 7-9 cm dan memanjang dari usus besar.

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini bisa juga berasal dari perut bagian atas di dekat pusar, dan lama-kelamaan berpindah ke perut bagian kanan bawah.

7. Gangguan usus

Gangguan usus lainnya selain radang usus, adalah sindrom iritasi usus (IBS), ini adalah penyakit pencernaan yang umumnya memengaruhi kerja usus besar, dan dapat menyebabkan nyeri di bawah perut dan perubahan pada pola buang air besar.

Cara Mengatasi Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan

cara mengatasi sakit dibawah perut diatas kemaluan
Source: Haibunda

Karena mengganggu, pastinya kita mau cepet-cepet masalah yang satu ini teratasi, dong. Siapa yang nggak mau bisa beraktifitas seperti sediakala tanpa diganggu rasa sakit di sekitar perutnya?

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, sekarang waktunya untuk tau beberapa cara mengatasi sakit dibawah perut diatas kemaluan berikut ini sebelum ke dokter kalau merasa sakit nya masih cukup ringan, atau sembari menjalani pengobatan:

  • Perbanyak minum air putih setiap hari.
  • Tidak menahan atau menunda keingian untuk buang air kecil.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur.
  • Berhenti merokok.

Info wajib baca: 5 Obat Herbal Asam Lambung yang Alami dan Aman yang Harus Kamu Coba

Kapan harus ke dokter?

Sebenarnya, begitu kamu merasakan sakit di area berikut ini, ada baiknya kamu langsung periksa ke dokter sesegera mungkin. Apalagi kalau kamu mengalami sakit di bagian perut ini disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti:

  • Kram yang sangat menyakitkan ketika menstruasi
  • Perdarahan vagina
  • Kesulitan buang air kecil atau nyeri saat buang air kecil
  • Sembelit atau diare
  • Perut kembung
  • Sakit ketika berhubungan seksual
  • Demam
  • Nyeri di bagian pinggang dan pangkal paha
  • Keluar darah saat buang air kecil

Nah, kalau udah mengalami rasa sakit yang satu ini dan dirasa udah semakin parah atau bahkan nggak sembuh-sembuh, kamu disarankan untuk segera mencari bantuan medis terdekat, ya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare