...
cara mengeluarkan air dari hp
5-min read

Hp Terkena Air? Ini 8 Cara Ampuh untuk Mengeluarkan Air dari Dalam Perangkatmu

cara mengeluarkan air dari hp

Mengeluarkan air dari hp bisa dilakukan dengan cara mengeringkannya menggunakan bahan tertentu. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Gadget, seperti smartphone atau handphone (HP), telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Bukan hanya alat komunikasi, hp juga kini telah menjadi tempat penyimpanan data yang penting.

Bagi semua orang, keberadaan hp bahkan menjadi alat yang membantu dalam mendorong produktivitas dan mengakses berbagai hal yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas.

Maka dari itu, penting untuk menjaga hp tetap aman baik itu dari kemungkinan terjadinya pencurian atau rusak. Lantas, bagaimana jika hp kita secara tidak sengaja kemasukan air baik itu karena hujan atau masuk ke dalam sumber air? Pasti khawatir banget, kan?

Tenang, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air dari dalam hp. Simak tips lengkapnya di artikel ini, yuk!

Cara Mengeluarkan Air dari Hp

cara mengeluarkan air dari hp
Source: Sukabumi Update

Hp yang kemasukan air tentunya bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan. Biar nggak panik, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air dari dalam hp:

1. Segera matikan hp

Ketika hp kamu terkena air dalam volume yang cukup besar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikannya secepat mungkin. Ini adalah tindakan penting untuk mencegah arus listrik mengalir dalam perangkat, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen jika hp tetap hidup.

Selain itu, penting juga untuk segera melepaskan kartu yang ada di dalamnya. Termasuk SIM Card dan memori eksternal jika kamu pernah memasangnya untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Info wajib baca: Layar Hp Bergaris dan Mengganggu? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Cabut baterai (opsional)

Jika hp kamu memiliki baterai yang dapat dilepas, segera cabut baterai untuk memutuskan sumber daya listrik dari perangkat. Namun, perlu diingat bahwa banyak hp modern memiliki baterai tanam yang tidak dapat dilepas. Jadi, jika perangkat yang kamu miliki termasuk dalam kategori ini, kamu harus melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Keringkan dengan tisu atau kain bersih

Selanjutnya, gunakan tisu atau kain bersih yang tidak berbulu untuk mengeringkan hp yang terlihat air dari luar.

Pada langkah ini, perlu diingat untuk tidak menggosok atau mengusap layar atau bagian dalam perangkat, karena hal ini dapat merusak komponen elektronik yang lebih sensitif.

4. Cara mengeluarkan air dari hp dengan bongkar perangkat (Opsional)

Jika merasa percaya diri dan memiliki pengetahuan teknis yang memadai, kamu dapat membongkar perangkat hpmu untuk mengeluarkan air yang ada di dalamnya. Namun begitu, perlu diingat juga jika tidak semua hp memiliki casing dan baterai yang mudah dilepas, khususnya hp terbaru.

Dengan melakukan tindakan ini, kamu jadi dapat mengakses komponen internal dan membersihkannya secara lebih efektif. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah tindakan yang lebih kompleks dan harus dilakukan dengan hati-hati.

Bahkan, beberapa jenis hp juga mempunyai tingkat kesulitannya tersendiri saat harus membongkarnya. Kalau ragu, kamu pun bisa melangkahi langkah ini.

5. Cara mengeluarkan air dari hp dengan air compressor

Jika memiliki akses ke kompresor udara, kamu dapat menggunakan alat ini untuk membantu mengeluarkan sisa air dari dalam perangkat. Pastikan untuk menggunakan tekanan udara yang lembut dan tidak terlalu kuat agar tidak merusak komponen pada hp kamu.

6. Cara mengeluarkan air dari hp dengan dry rice atau silica gel

Source: SINDOnews

Cara ini adalah salah satu langkah kunci dalam proses mengeluarkan air dari hp. Letakkan hp kamu dalam bungkus plastik atau tas yang kedap udara bersama dengan dry rice (nasi kering) atau silica gel.

Bahan-bahan ini berfungsi untuk menyerap kelembaban yang tersisa dalam perangkat. Biarkan hp kamu terbungkus pada salah satu dari kedua bahan ini selama setidaknya 24-48 jam agar proses pengeringan berlangsung dengan baik.

Info wajib baca: Catat, Ini 10 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Hp | Jadi Kayak Baru Lagi!

7. Lakukan pengujian

Setelah benar-benar kering, nyalakan kembali hp kamu. Periksa semua fungsi pada hp kamu, termasuk tombol, layar sentuh, kamera, dan lainnya.

8. Putar suara khusus

Terakhir, kamu bisa menggunakan langkah terakhir ini supaya kamu bebas dari air. Pilihlah lagu atau suara yang memiliki tempo cukup cepat dan sangat berisik. Setelah itu, tingkatkan volume speaker sampai maksimal.

Getaran yang dihasilkan dari suara tersebut akan memancing speaker untuk mengeluarkan air yang masih terperangkap di dalamnya. Walau bisa jadi tidak begitu efektif, namun cara ini menjadi alternatif yang baik untuk memastikan air dalam hp kamu sudah keluar sepenuhnya.

Namun, jika kamu mengalami masalah atau perangkat tidak berfungsi seperti seharusnya, segera hubungi tempat servis hp terdekat atau profesional untuk mendapatkan perbaikan yang diperlukan.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati agar air tidak masuk ke dalam speaker lagi. Semoga tips ini bermanfaat, ya!


Apa kamu pernah menghadapi kondisi ini juga? Bagaimana cara kamu untuk mengeluarkan air dalam hp? Yuk, share cerita kamu di kolom komentar!

Nah, itulah sejumlah tempat wisata menarik yang ada di Tomohon dan bisa kamu jadikan referensi jika datang ke sini. Jadi, kamu tertarik untuk mendatangi yang mana, nih? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, yuk!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare