...
cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam
5-min read

Cara Menghilangkan Bekas Gatal yang Menghitam di Tubuh, Kulit Mulus Lagi!

cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam

Nggak pede sama bekas gatal yang menghitam? Ini cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam biar kulitmu mulus lagi.

Apakah Anda sering merasa tidak percaya diri dengan bekas gatal yang menghitam di tubuh Anda? Jika iya, jangan khawatir! Kami memiliki solusi ampuh untuk menghilangkannya. Dalam blog post ini, kami akan berbagi dengan Anda cara-cara efektif dan alami untuk menyembuhkan bekas gatal yang membandel tersebut. Siapkan diri Anda untuk mendapatkan kulit yang bersih dan cerah kembali! Ayo, langsung saja kita simak tips-tipsnya dalam artikel kali ini.

Kenapa Bekas Gatal Bisa Menghitam?

Bekas gatal yang menghitam adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan bisa menjadi sumber kekhawatiran bagi banyak orang. Biasanya, bekas gatal yang menghitam disebabkan oleh reaksi inflamasi yang terjadi saat kulit mengalami gatal atau digaruk.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk gigitan serangga, alergi, eksim, dermatitis, atau bahkan infeksi kulit.

Proses yang terjadi pada kulit saat mengalami gatal dan digaruk berawal dari reaksi tubuh terhadap rangsangan. Saat kulit teriritasi, reseptor saraf di bawah kulit akan merespons dengan mengirimkan sinyal ke otak yang memberi perasaan gatal. Gatal merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang mengindikasikan adanya masalah pada kulit atau iritasi.

Rusaknya melanosit atau disebabkan oleh PIH

cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam
Source: KlikDokter

Ketika seseorang menggaruk kulit untuk meredakan gatal, gesekan dari kuku dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang teriritasi. Kerusakan ini dapat mempengaruhi jaringan kulit, termasuk melanosit, sel yang bertanggung jawab untuk produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Ketika melanosit mengalami kerusakan, produksi melanin bisa meningkat atau tidak merata, yang menyebabkan perubahan warna pada kulit. Awalnya, bekas gatal bisa berwarna merah atau merah muda karena peradangan dan pelepasan histamin. Namun, seiring waktu, bekas gatal ini bisa berubah menjadi hitam atau lebih gelap akibat proses pengendapan melanin di area yang rusak.

Selain itu, dalam beberapa kasus, bekas gatal yang menghitam juga bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi posinflamasi (PIH). PIH adalah kondisi yang terjadi ketika kulit menghasilkan terlalu banyak melanin sebagai respons terhadap peradangan atau cedera, seperti bekas gatal.

PIH umumnya lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit gelap karena melanin lebih banyak diproduksi pada kulit mereka.

Info wajib baca: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Pipi, Yuk Pahami!

Kapan harus ke dokter dan cara mencegahnya

Penting untuk diingat bahwa bekas gatal yang menghitam biasanya merupakan kondisi kulit yang tidak berbahaya dan akan memudar seiring waktu.

Namun, jika bekas gatal ini disertai dengan gejala lain seperti pembengkakan, rasa nyeri, atau perubahan ukuran, bentuk, atau warna yang tiba-tiba, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut.

Untuk mencegah terjadinya bekas gatal yang menghitam, hindari menggaruk kulit secara berlebihan dan pertahankan kebersihan kulit.

Gunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap lembab dan kenakan pakaian yang longgar untuk menghindari iritasi lebih lanjut. Selain itu, hindari paparan sinar matahari berlebihan dan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut.

Cara Menghilangkan Bekas Gatal yang Menghitam di Badan

Nggak pede sama bekas gatal yang menghitam gara-gara digaruk di badan kamu? Tenang, kamu nggak sendiri, kok. Banyak orang yang mengkhawatirkan hal yang sama, dan berusaha nyari solusi yang tepat dan efektif.

Nah, buat kamu yang lagi nyari juga, nih, Kostmin ada beberapa cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam di tubuh kamu secara alami, disimak sampai abis, ya!

1. Cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam: Lidah buaya

Selain manfaat lidah buaya untuk luka, ternyata tanaman yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk merawat bekas gatal yang menghitam, loh!

Kandungan senyawa aloin pada lidah buaya diketahui memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit. Kamu bisa bikin gel lidah buaya sendiri atau pakai gel lidah buaya yang dijual di pasaran, dan cukup oleskan gel tersebut pada bagian yang ada noda bekas gatalnya setiap sebelum tidur secara rutin.

2. Cuka apel

Udah bukan rahasia umum lagi kalo emang banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan, termasuk dalam merawat bekas gatal yang menghitam di kulit kamu. Cuka apel sendiri mengandung asam asetat yang secara ilmiah terbukti dapat mencerahkan pigmentasi berlebih pada kulit.

Kamu bisa mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan campuran cuka apel dan air pada bekas gatal yang menghitam, dan diamkan selama 2-3 menit. Abis itu tinggal dibilas pake air hangat suam-suam kuku.

BIar keliatan hasilnya, kamu bisa lakuin hal ini sebanyak dua kali sehari sampai bekas gatal memudar. Gampang, kan?

3. Cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam: Jeruk nipis

cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam
Source: UMSU

Pake jeruk nipis bisa, min? Bisa, dong. Pada buah yang sering digunakan untuk memberikan kesegaran pada makanan ini ada kandunan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Cara memakainya juga cukup gampang, kamu tinggal belah jeruk nipis tersebut, aplikasikan bagian jeruk nipis pada bekas gatal yang menghitam dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air.

Kamu boleh pake cara satu ini tapi jangan sering-sering, ya, karena kulit kamu bakal jadi lebih sensitif sama cahaya matahari kalo pake metode ini.

Info wajib baca: 6 Cara Ampuh dan Mudah Menghilangkan Bopeng di Wajah dengan Bahan Alami

4. Madu

Ketemu lagi, nih, sama madu, emang manfaatnya banyak banget, ya! Salha satunya ya bisa bantu kamu mengatasi permasalahan terkait bekas luka yang menghitam!

Madu mengandung bahan-bahan yang dapat membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel-sel di dalamnya. Kamu bisa mengoleskan madu ke area yang terdapat bekas luka menghitamnya, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas hingga bersih.

5. Cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam: Kencur

Metode yang satu ini juga udah bukan rahasia umum lagi di kalangan orang banyak. Kencur memang sudah dikenal sebagai cara menghilangkan bekas luka di tangan dan kaki. Kamu cukup menumbuk satu genggam beras yang sudah direndam selama 7 menit dengan kencur yang sudah disiapkan.

Tumbuk keduanya sampai halus, lalu tambahkan air biar jadi salep. Nah, kalo udah, salep alami ini tinggal kamu bubuhin aja ke area bekas garukan!


Di antara cara-cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam di atas, mana yang udah pernah kalian cobain, nih, gaes?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare