...
cara menghilangkan jerawat di pipi
5-min read

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi secara Alami, Jajal di Rumah, Gaes!

cara menghilangkan jerawat di pipi

Jerawat di pipi ganggu banget! Intip cara menghilangkan jerawat di pipi secara alami ini!

Apakah jerawat di pipi membuat kamu merasa kurang percaya diri? Mau ngilangin tapi takut salah produk skincare? Jangan khawatir! Kostmin ada solusi cara menghilangkan jerawat di pipi secara alami yang mudah dan efektif dalam menghilangkan jerawat tersebut.

Bakalan ada tips-tips sederhana yang dapat membantu kamu mendapatkan kulit mulus dan bebas dari jerawat tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya. Siapkan diri kamu untuk menemukan rahasia cantik alami dan bersinar dengan percaya diri!

Penyebab Utama Jerawat di Pipi

Jerawat di pipi bisa muncul karena berbagai faktor yang melibatkan keseimbangan hormon, kebersihan kulit, gaya hidup, dan faktor genetik. Jerawat adalah masalah kulit umum yang dapat memengaruhi berbagai area wajah, termasuk pipi.

Nah, buat kamu yang masih bingung, yuk kita bahas lebih lanjut tentang penyebab jerawat di pipi yang umum terjadi pada banyak orang.

1. Ketidakseimbangan hormon

Hormon berperan penting dalam pengaturan kelenjar minyak kulit. Selama masa remaja atau saat kondisi hormon berubah, seperti menstruasi, kehamilan, atau menopause, produksi hormon seperti androgen dapat meningkat. Androgen dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak (sebum), yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Kelenjar lebih aktif

Area pipi dapat memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif, membuatnya lebih rentan terhadap penumpukan minyak dan bakteri. Pada beberapa orang, produksi minyak berlebihan ini dapat memicu munculnya jerawat.

3. Penumpukan sel kulit mati dan bakteri propionibacterium acnes

cara menghilangkan jerawat di pipi
Source: Orami

Sel-sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit, menyumbat pori-pori, dan memicu peradangan. Kondisi ini dikenal sebagai komedo, yang dapat berkembang menjadi jerawat jika terinfeksi oleh bakteri.

Bakteri ini adalah bagian normal dari kulit, tetapi jika berkembang biak secara berlebihan di pori-pori yang tersumbat, dapat menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat meradang.

Info wajib baca: 7 Tips dan Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering Kamu, Biar Makin Mulus!

4. Faktor genetik, polusi, dan sering menyentuh wajah

Kecenderungan memiliki kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat bisa diwariskan dari orangtua. Jika ada riwayat jerawat dalam keluarga, Anda mungkin lebih rentan mengalaminya. Paparan debu, polusi, dan kotoran di lingkungan sekitar juga bisa menyumbat pori-pori dan berkontribusi terhadap munculnya jerawat.

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor juga dapat mentransfer bakteri dan minyak dari tangan ke wajah, memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

5. Penggunaan produk kulit yang tidak cocok

Penggunaan produk kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda atau yang mengandung bahan-bahan iritasi bisa memicu munculnya jerawat. Produk berat atau berminyak dapat menyumbat pori-pori.

Makanya, kamu yang punya kulit berminyak apalagi cenderung berjerawat, harus teliti dan usahakan memilih produk perawatan kulit termasuk moisturizer untuk kulit berminyak dan berjerawat yang ringan.

6. Gaya hidup dan pola makan

Pola makan yang tinggi lemak trans, makanan cepat saji, atau karbohidrat sederhana dapat meningkatkan risiko jerawat. Gaya hidup yang tidak sehat, kurang tidur, stres, serta kebersihan wajah yang buruk juga dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Bagaimana Menghilangkan Jerawat di Pipi secara Alami?

Jika kamu mengalami masalah dengan jerawat di pipi, kamu nggak sendirian, kok. Jerawat di pipi adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang, terutama pada usia remaja.

Berikut adalah beberapa tips cara menghilangkan jerawat di pipi secara alami yang bisa kamu jajal di rumah! Langsung cobain aja, yuk!

1. Cara menghilangkan jerawat di pipi: Menggunakan es batu

Cara alami yang paling mudah untuk menghilangkan jerawat secara alami ini adalah dengan menggunakan es batu. Udah bukan hal yang tabu lagi, dong, buat para cewek soal cara yang satu ini.

Meski nggak akan menyembuhkan jerawat secara tuntas, es batu memiliki manfaat untuk kulit yang jerawat, yaitu dapat membantu meredakan peradangan.

Cara menghilangkan jerawat secara alami ini gampang, kok. Kamu cukup kompres jerawat yang sedang meradang dengan es batu yang dibalut dengan kain atau handuk bersih yang lembut.

Es batu sendiri dapat membantu untuk mengencangkan pembuluh darah sehingga kemerahan dan peradangan di kulit akibat jerawat dapat mereda.

2. Cara menghilangkan jerawat di pipi: Cuka apel

Nggak aneh lagi kalo di setiap bahasan mengenai perawatan kulit wajah dengan cara alami pasti bahan yang satu ini nongol. Cuka apel memiliki asam sitrat diyakini dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes.

Selain itu, cuka apel juga mengandung succinic acid dan asam laktat yang mampu menekan peradangan akibat bakteri P.acnes, serta dapat memperbaiki tekstur kulit yang terdapat bekas jerawat. Cara pakainya juga gampang:

  • Campur 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka dan air mengalir. 
  • Oleskan campuran cuka apel ke permukaan kulit menggunakan kapas steril.
  • Diamkan selama 5-20 detik.
  • Bilas wajah, lalu keringkan.
  • Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bahan alami ini, kamu disarankan untuk nggak menggunakan toner cuka apel ini secara berlebihan. Buatmu yang punya kulit sensitif, sebaiknya campurin lebih banyak air, kalau ada tanda-tanda iritasi, mending cepet-cepet berhenti, ya.

3. Cara menghilangkan jerawat di pipi: Lidah buaya

cara menghilangkan jerawat di pipi
Source: Health

Nah, bahan yang satu ini juga udah nggak asing lagi pasti buat kamu para pecinta skincare dan perawatan kulit! Lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat yang berasal dari kandungan asam salisilat dan sulfur. 

Cara memakai bahan alami ini ada dua, pertama kamu bisa langsung pake aja gel lidah buaya yang udah banyak dijual di pasaran, tapi tetep harus dipastiin kalo kandungan lidah buayanya beneran, ya! Nah, kalo kurang yakin, kamu bisa pake daun lidah buaya asli dengan ikutin cara di bawah:

  • Kerok daging lidah buaya secara langsung dari tanamannya menggunakan sendok.
  • Haluskan dengan garpu atau blender hingga berbentuk menyerupai gel.
  • Oleskan secara langsung pada area wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Ulangi langkah ini 1-2 kali sehari.

Kamu juga bisa campurin gel lidah buaya ini dengan masker bubuk alami yang kamu mau buat membantu proses mengatasi jerawat dan bekasnya.

Info wajib baca: Rekomendasi Pelembab Wajah Pria untuk Kulit Berminyak, Bye Bye Kilap!

4. Cara menghilangkan jerawat di pipi: Pakai masker madu

Bahan yang satu ini juga pasti udah nggak asing di telinga para cewek-cewek yang lebih suka perawatan alami, madu diyakini memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang diyakini mampu membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan pori-pori. 

Selain itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka. Tapi, untuk membantu menghilangkan jerawat, kamu lebih dianjurkan untuk menggunakan madu manuka atau madu medis lainnya.

Caranya juga cukup gampang, kamu bisa tinggal oles aja madunya ke kulit menggunakan kapas steril guna mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat. Lalu ditunggu beberapa menit dan bilas.

Kalo kamu mau ngilangin jerawat sekaligus bekasnya, kamu bisa bikin masker campuran madu dan setengah sendok teh kunyit.

5. Cara menghilangkan jerawat di pipi: Putih telur

Yakali nggak ada telur di rumah? Kalo ada, kamu bisa pake bahan yang satu ini buat membantu mengatasi masalah jerawat di pipimu. Kandungan protein dan vitamin yang terdapat dalam putih telur diyakini dapat membantu mengencangkan kulit dan mengeluarkan minyak.

Kamu bisa pakai putih telur sebagai masker alami penghilang jerawat dengan cara mengoleskannya ke seluruh wajah atau hanya ke area kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

Tapi, perlu diperhatikan untuk memastikan telur yang kamu pilih bebas dari bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Kamu disarankan untuk memilih teur organik guna meminimalisir efek samping yang bakal terjadi.


Nah, di antara kelima cara menghilangkan jerawat di pipi di atas, mana yang udah pernah kamu coba? Atau kamu punya cara alami lainnya yang lebih efektif? Boleh banget tulis di komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare