...
cara menghilangkan kantung mata hitam
5-min read

Rahasia Ampuh: Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam dengan Bahan Alami

cara menghilangkan kantung mata hitam

Cara menghilangkan kantung mata hitam ini, bikin kamu jadi cakep dan pede lagi!

Apa kamu sering merasa terlihat lelah dan lesu akibat kantung mata hitam yang menghiasi wajahmu? Jangan khawatir, karena kali ini Kostmin bakal berbagi rahasia ampuh tentang cara menghilangkan kantung mata hitam dengan bahan alami!

Kantung mata merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak orang, namun jangan biarkan hal tersebut merusak kepercayaan dirimu.

Dengan tips dan trik sederhana penggunaan bahan alami ini, kamu dapat menghilangkan kantung mata tanpa harus mengeluarkan biaya besar ataupun menggunakan produk kimia berbahaya.

Kenapa Kantung Mata Bisa Jadi Menghitam?

Kantung mata menghitam, juga dikenal sebagai lingkaran mata gelap, adalah kondisi umum yang dialami banyak orang.

Mereka biasanya terlihat sebagai lingkaran berwarna gelap atau bungkus bawah mata yang menonjol. Penyebab utama kantung mata menghitam adalah kombinasi dari faktor genetik, gaya hidup, dan penuaan. Lebih rincinya, simak penjelasan di bawah:

1. Faktor genetik

Predisposisi genetik merupakan salah satu penyebab utama kantung mata menghitam. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki masalah ini, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang serupa.

Faktor genetik mempengaruhi struktur dan ketebalan kulit di sekitar mata, serta pembuluh darah dan pigmen di bawahnya.

2. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan elastisitasnya, termasuk di sekitar mata. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dan cairan di area bawah mata, menyebabkan kantung mata terlihat lebih jelas.

3. Merokok, konsumsi alkohol, dan diet yang kurang sehat

cara menghilangkan kantung mata hitam
Source: Verywell Mind

Merokok dan konsumsi alkohol dapat menyebabkan perubahan sirkulasi darah di wajah dan mengganggu kualitas tidur. Hal ini bisa menyebabkan kantung mata menghitam dan semakin menonjol.

Diet yang menyebabkan kurangnya konsumsi nutrisi penting, terutama vitamin C dan K, dapat menyebabkan peningkatan pigmentasi di bawah mata, yang dapat menyebabkan kantung mata menghitam.

Info wajib baca: Tampil Makin Kece dengan 5 Pilihan Model Kacamata untuk Wajah Bulat Ini!

4. Kurang tidur, serta tekanan pada mata

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Kurang tidur dapat menyebabkan pembuluh darah melebar di bawah mata, menyebabkan lingkaran mata yang lebih terlihat.

Gosokan yang kasar atau sering menggaruk area di sekitar mata juga dapat merusak pembuluh darah kecil, menyebabkan darah menumpuk dan menimbulkan lingkaran gelap.

5. Alergi dan infeksi

Alergi, seperti alergi debu atau bulu hewan, dapat menyebabkan iritasi di sekitar mata dan menyebabkan pembengkakan. Infeksi pada mata, seperti konjungtivitis, juga dapat menyebabkan kantung mata menghitam.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Buat sebagian besar orang, kantung mata yang muncul bisa jadi mengganggu penampilan, apalagi kantung mata yang udah menghitam?

Nah, kalau kamu mau menghilangkan kantung mata hitam biar makin pede, simak cara-cara mudah dan alaminya berikut ini, yuk!

1. Es batu

Bukan rahasia umum lagi kalau es batu jadi salah satu cara yang dianggap mujarab untuk mengatasi permasalahan yang ada di wajah. Karena es batu ini dipercaya bisa memberikan kesegaran pada kulit wajah kita, loh.

Kamu cukup menempelkan es batu yang sudah dilapisi oleh kain atau handuk lembut ke area kantung mata selama kurang lebih 15 menit. Kalau udah, matamu pasti terasa lebih seger!

2. Kantung teh

Suka minum teh? Jangan buang dulu kantung teh nya! Kamu bisa pakai kantung teh ini untuk mengatasi permasalahan kantung mata hitam, karena dipercaya kantung teh mengandung zat tanin yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Kamu bisa pakai kantung teh yang udah dicelupkan ke air hangat lalu dibiarkan mendigin, atau cukup dicelupkan pada air dingin lalu kompres kantung mata kamu selama 20 menit.

Info wajib baca: 8 Rekomendasi Warna Nail Art yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

3. Timun

cara menghilangkan kantung mata hitam
Source: Rey.id

Yang satu ini juga jadi bahan yang udah nggak jadi rahasia umum lagi buat membantu kamu buat mengatasi permasalahan kantung mata, bahkan kamu juga pasti udah sering liat penampakan irisan timun yang jadi masker mata.

Nah, cara penggunaannya emang begitu loh, gaes! Kalau kamu mau pake timun sebagai kompres mata, kamu bisa iris tipis timun tersebut lalu ditaruh di atas mata yang terpejam, atau bagi dua irisan tersebut lalu kompres di bagian kantung mata yang menghitam, deh.

4. Tomat

Satu lagi bahan alami dari tumbuhan yang selain bisa jadi sayur, bisa juga membantu kamu mengatasi kantung mata yang menghitam!

Cara pakenya juga sama aja kayak pake mentimun. Cukup iris tomat, taruh di atas mata yang terpejam sebagai kompres, lalu didiamkan selama 30 menit.

5. Cukup tidur dan terhidrasi

Cara paling mudah dilakukan adalah dengan menjaga dirimu untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, serta terhidrasi.

Nah, selain rutin minum air putih serta nggak begadang setiap harinya, kamu juga harus mengurangi, atau bahkan kalau bisa menghindari minuma berkafein saat malam hari biar nggak begadang!


Jangan ketinggalan juga buat cari tahu cara mengobati mata merah, biar matamu tetap nyaman. Kalau kamu mengalami kedutan mata kiri bawah, intip juga penyebabnya dari segi medis dan artinya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare