...
5-min read

6 Cara Menghilangkan Kutil di Tangan Secara Efektif, Bisa Pakai Cara Alami!

Cara menghilangkan kutil di tangan secara efektif yang mengganggu penampilanmu, bisa pakai cara alami?

Kutil seringkali menjadi masalah kulit yang mengganggu, namun dengan perawatan yang tepat, kita dapat mengatasi dan menghilangkan mereka. Kutil sendiri disebabkan oleh beberapa faktor. Tak mengenal umur, kutil bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Apabila sudah terkena masalah ini, bagaimana cara mengatasinya?

Dalam artikel ini, Kostmin akan membahas apa itu kutil serta beberapa metode efektif untuk menghilangkan kutil secara alami dan menggunakan perawatan medis. Dengan pemahaman yang baik tentang cara mengatasi masalah ini, kita dapat meraih kulit yang sehat dan bebas kutil. Maka dari itu, baca sampai habis jika ingin kutil segera pergi dari kulitmu!

Apa Itu Kutil?

Source: Luminary Dermatology

Mengutip Better Health Channel, kutil adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis HPV yang menyebabkan berbagai jenis kutil, termasuk kutil biasa, kutil plantar, kutil datar, dan kutil kelamin.

Kutil sering terjadi, terutama pada masa kanak-kanak. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa satu dari lima anak menderita kutil, dan anak-anak berusia 12 hingga 16 tahun merupakan orang yang paling sering terkena kutil. Tanpa perawatan medis, banyak infeksi kutil yang hilang dengan sendirinya.

Info wajib baca: Jaga Kesehatan Mentalmu dengan Terapkan 5 Cara Menghilangkan Pikiran Kotor Ini

Penyebab Tumbuhnya Kutil

Kutil disebabkan oleh strain tertentu dari virus human papilloma (HPV). Ada banyak jenis HPV yang berbeda dan menyebabkan berbagai jenis kutil. HPV menyebabkan terlalu banyak produksi keratin (protein keras) berkembang di lapisan atas kulit (epidermis). Keratin ekstra menghasilkan tekstur kutil yang kasar dan keras yang disebut kutil.

Cara Menghilangkan Kutil di Tangan

Source: California Dermatology Institute

Kebanyakan kutil umumnya hilang tanpa pengobatan. Meskipun begitu, memerlukan waktu satu atau dua tahun bagi kutil baru akan muncul di dekat kutil yang lama. Beberapa orang memilih untuk mengobati kutilnya ke dokter karena perawatan di rumah tidak berhasil. Selain itu, mereka memilih menghilangkan kutil karena dianggap mengganggu atau bertambah banyak.

Tujuan pengobatan adalah untuk menghancurkan kutil, merangsang respons sistem kekebalan untuk melawan virus, atau keduanya. Perawatan mungkin memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Bahkan dengan pengobatan, kutil cenderung kambuh atau menyebar. Dokter pada umumnya memulai dengan metode yang paling tidak menimbulkan rasa sakit, terutama saat merawat anak kecil.

1. Obat pengelupas dengan kandungan asam salisilat

Obat kutil berkekuatan resep dengan asam salisilat bekerja dengan menghilangkan lapisan kutil sedikit demi sedikit. Studi menunjukkan bahwa asam salisilat lebih efektif bila dikombinasikan dengan pembekuan.

Info wajib baca: 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen | Siap Tampil Pede Maksimal!

2. Pembekuan (krioterapi)

Terapi pembekuan yang dilakukan oleh dokter melibatkan pemberian nitrogen cair pada kutil. Pembekuan bekerja dengan menyebabkan terbentuknya lepuh di bawah dan sekitar kutil. Setelah itu, jaringan mati akan terkelupas dalam waktu sekitar satu minggu. Cara ini juga dapat merangsang sistem kekebalanmu untuk melawan virus kutil. Jika menggunakan metode ini, kamu mungkin akan memerlukan perawatan berulang.

Efek samping dari pengobatan ini termasuk nyeri, kulit melepuh dan berubah warna di area yang dirawat. Karena teknik ini dapat menimbulkan rasa sakit, biasanya teknik ini tidak digunakan untuk mengobati kutil pada anak kecil.

3. Cairan asam trikloroasetat

Jika asam salisilat atau pembekuan tidak berhasil, dokter mungkin akan mencoba asam trikloroasetat. Dengan metode ini, dokter terlebih dahulu mencukur permukaan kutil lalu mengoleskan asam dengan tusuk gigi kayu. Hal ini memerlukan perawatan berulang setiap minggu atau lebih. Efek sampingnya adalah rasa terbakar dan perih.

4. Operasi kecil

Dokter dapat memotong jaringan yang mengganggu tersebut. Ini mungkin meninggalkan bekas luka di area yang dirawat.

5. Perawatan laser

Perawatan laser pulsed-dye bekerja dengan cara membakar pembuluh darah kecil. Jaringan yang terinfeksi akhirnya mati, dan kutil pun terlepas. Bukti keefektifan metode ini terbatas, dan dapat menyebabkan rasa sakit dan jaringan parut.

Adakah Cara Menghilangkan Kutil di Tangan Secara Alami?

Cuka sari apel merupakan zat asam yang terbuat dari jus apel yang difermentasi. Diperkirakan cara kerjanya seperti asam salisilat, pengobatan kutil umum yang mengelupas kulit yang terinfeksi, dan pada akhirnya menghilangkan kutil. Mengutip dari Healthline, cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan HPV, namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk pengobatan kutil dengan metode ini.


Menghilangkan kutil memang bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan kesabaran dan konsistensi, hasil yang memuaskan dapat dicapai. Baik itu dengan menggunakan bahan alami atau bantuan medis, langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini dapat menjadi panduan bagi mereka yang ingin mengatasi masalah kutil.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, sehingga metode yang efektif untuk satu individu mungkin tidak sama untuk yang lain. Konsultasikan dengan profesional medis jika mengalami kesulitan atau jika kutil tumbuh secara tidak normal. Dengan perawatan yang tepat, kita dapat menemukan solusi yang cocok untuk mengembalikan keindahan dan kesehatan kulit kita.

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare