...
cara menghilangkan uban sampai ke akarnya
5-min read

Cara Menghilangkan Uban Sampai ke Akarnya yang Mudah, dan Bikin Pede Lagi!

cara menghilangkan uban sampai ke akarnya

Muncul rambut putih? Uban, tuh! Simak cara menghilangkan uban sampai ke akarnya, yuk.

Apa kamu merasa kurang percaya diri karena uban yang semakin banyak tumbuh di kepala? Jangan khawatir, kamu bisa intip cara menghilangkan uban sampai ke akarnya yang akan kita bahas!

Di artikel ini, bakal ada beberapa cara yang dapat membantu kamu menghilangkan uban yang bikin kamu kurang pede dengan mudah. Yuk, simak!

Apa itu Uban?

Rambut berwarna putih yang muncul di kepala seseorang seringkali disebut uban. Uban adalah kondisi di mana rambut manusia kehilangan pigmen melanin yang memberikan warna pada rambut. Hal ini menyebabkan rambut berubah menjadi warna abu-abu atau putih.

Uban sendiri adalah bagian dari proses alami penuaan dan dapat terjadi pada siapa pun, baik pria maupun wanita, pada usia yang berbeda-beda.

Proses terjadinya uban terkait dengan penurunan produksi melanin oleh sel-sel rambut di akar rambut. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada rambut, kulit, dan mata. Produksi melanin yang menurun seiring bertambahnya usia menyebabkan rambut kehilangan warna aslinya dan menjadi uban.

Kenapa bisa muncul uban?

cara menghilangkan uban sampai ke akarnya
Source: Terasjabar id

Biasanya, uban muncul karena faktor usia seseorang yang sudah memasuki masa senja. Tapi ternyata, nggak cuma faktor u, karena ada juga anak muda yang punya uban di kepalanya yang pastinya dipengaruhi oleh faktor penyebab tumbuh rambut uban di usia muda.

Beberapa faktor lain yang juga dapat berkontribusi terhadap munculnya uban, seperti genetik, stres, perubahan hormonal, gaya hidup, dan faktor lingkungan.

1. Faktor genetik

Predisposisi genetik dapat memainkan peran penting dalam timbulnya uban. Jika salah satu atau kedua orangtuamu memiliki uban dalam usia muda, kemungkinan kamu juga akan mengalami hal yang sama.

2. Faktor stres

Stres kronis dapat memengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan uban. Stres dapat memicu produksi hormon kortisol yang tinggi dan hal ini dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut dan mengurangi produksi melanin.

3. Perubahan hormonal

Perubahan hormonal, seperti yang terjadi selama kehamilan atau menopause, dapat memengaruhi produksi melanin dan menyebabkan rambut beruban.

4. Gaya hidup dan kebiasaan

Faktor gaya hidup seperti merokok, paparan sinar matahari yang berlebihan, serta kekurangan nutrisi seperti defisiensi vitamin B12, asam folat, dan tembaga juga dapat mempercepat proses uban.

5. Faktor lingkungan

Paparan zat kimia atau polusi udara yang berlebihan juga dapat memengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan uban.

Info wajib baca: Arti Mimpi Rambut Rontok Secara Umum dan Menurut Psikologi

Cara Menghilangkan Uban Sampai ke Akarnya dengan Mudah

cara menghilangkan uban sampai ke akarnya
Source: Maaz Grooming

Meskipun uban adalah bagian normal dari proses penuaan, banyak orang yang ingin mengatasi uban dan memulihkan warna rambut alami mereka. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan uban sampai ke akarnya yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

1. Pewarnaan rambut

Pewarnaan rambut adalah cara paling umum untuk menghilangkan uban. Kamu dapat menggunakan pewarna rambut yang tersedia di pasaran atau memilih untuk mengunjungi salon kecantikan untuk pewarnaan profesional.

Pewarna rambut bekerja dengan menutupi rambut putih dengan pigmen warna. Pastikan untuk memilih produk yang aman dan sesuai dengan jenis rambutmu, lalu ikuti petunjuk penggunaan dengan cermat.

2. Cara menghilangkan uban sampai ke akarnya: Henna

Henna adalah bahan alami yang populer digunakan untuk mewarnai rambut. Ini berasal dari daun tanaman henna dan memberikan hasil yang alami dan tahan lama.

Henna nggak cuma mewarnai rambut, tetapi juga memberikan kelembutan dan kilau. Henna sendiri tersedia dalam berbagai warna, dan dapat digunakan baik di rumah maupun di salon.

3. Minyak rambut alami

Penggunaan minyak rambut alami dapat memberikan kelembutan dan kekuatan pada rambut, yang dapat membantu memperbaiki kondisi rambut dan mengurangi uban.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut, minyak almond, minyak zaitun, dan minyak jarak bisa jadi beberapa pilihan yang populer. Panaskan sedikit minyak dan pijat lembut ke kulit kepala kamu. Diamkan semalaman atau selama beberapa jam sebelum mencuci rambut.

4. Amla atau Indian Gooseberry

Amla adalah buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Ini dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mencegah pembentukan uban. Anda dapat menggunakan jus amla sebagai perawatan rambut atau mengonsumsinya secara teratur untuk manfaat yang lebih luas.

5. Cara menghilangkan uban sampai ke akarnya: Hindari stres

Stres dapat mempercepat penuaan dan memengaruhi warna rambut. Cobalah mengelola stres dengan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga. Hindari tekanan yang berlebihan dan beristirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Info wajib baca: 5 Manfaat Minyak kemiri untuk Rambut, Salah Satunya untuk Rambut Rontok!

6. Perawatan medis

Kalau kamu memiliki uban yang sangat dominan atau memiliki kekhawatiran kesehatan terkait dengan pertumbuhan uban, konsultasikan dengan dokter atau ahli trichology. Mereka dapat memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan perawatan medis jika diperlukan.

Misalnya, mereka dapat memberikan suplemen yang mengandung nutrisi penting seperti biotin, zat besi, atau vitamin B12 untuk meningkatkan kesehatan rambut.

7. Perubahan gaya hidup

Beberapa faktor gaya hidup juga dapat memengaruhi pertumbuhan uban. Usahakan untuk mengurangi stres, karena stres kronis dapat memengaruhi kesehatan rambut. Pola makan seimbang yang kaya akan nutrisi juga penting, termasuk asupan protein, vitamin, dan mineral yang cukup.

Jaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala dengan mencuci rambut secara teratur dan menggunakan produk perawatan yang sesuai.


Itu tadi beberapa cara menghilangkan uban sampai ke akarnya yang bisa kamu coba. Kalau kamu udah cobain cara-cara di atas tapi uban masih banyak yang muncul, ada baiknya untuk coba berkonsultasi dengan ahlinya, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare