...
cara mengkonsumsi minyak zaitun
5-min read

7 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun, Salah Satunya untuk Salad Dressing

cara mengkonsumsi minyak zaitun

Ada berbagai cara kreatif untuk mengkonsumsi minyak zaitun. Simak cara lengkapnya di sini, ya!

Selain memiliki rasa yang lezat dan aroma menyegarkan, minyak zaitun juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, lho. Terdapat pula beragam kandungan nutrisi yang tentunya bermanfaat utuk tubuh manusia.

Kandungannya yang memiliki banyak khasiat membuat minyak ini dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti misalnya untuk menumis atau merebus sayuran. Biasanya, minyak zaitun digunakan sebagai obat-obatan ataupun bahan masakan makanan.

Nah, biar nggak makin penasaran, yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara mengkonsumsi minyak zaitun.

Apa itu Minyak Zaitun?

Minyak zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah zaitun. Zaitun merupakan pohon atau perdu yang berasal dari daerah Mediterania. Minyak zaitun (olive oil) telah digunakan selama ribuan tahun untuk berbagai tujuan, mulai dari kulinari hingga kesehatan.

Kini, minyak zaitun makin populer dan menjadi minyak yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Minyak zaitun dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk aneka masakan, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

manfaat minyak zaitun
Source: Orami

Buah zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak sehat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Minyak zaitun juga kaya akan vitamin E, yang merupakan nutrisi yang baik untuk kulit dan rambut.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak atau dioleskan langsung pada kulit. Beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan antara lain:

1. Menjaga kesehatan jantung

Minyak zaitun mengandung asam oleat yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah. Asam oleat juga dapat mencegah pengerasan pembuluh darah, hal ini sangat baik untuk mencegah stroke dan serangan jantung.

2. Mengontrol tekanan darah

Manfaat dari mengkonsumsi minyak zaitun yang paling dikenal adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50-60 ml atau setara dengan 4 sendok makan per hari, akan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kadar antioksidan di dalam tubuh akan meningkat dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Hal itu tentu turut berperdan dalam pencegahan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

4. Memelihara fungsi otak

Fungsi otak tentunya sangat penting untuk dipelihara dan dijaga. Manfaat ini bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi minyak zaitun. Sebuah riset mengungkapkan bahwa kandungan zat antioksidan serta antiradang pada minyak zaitun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti stroke dan demensia.

5. Menjaga berat badan

Jika kamu sedang diet, minyak zaitun sangat baik untuk dikonsumsi. Kamu juga dapat menjaga berat badan tetap ideal dan mencegah obesitas dengan mengonsumsi minyak ini.

7 Cara Mengkonsumsi Minyak Zaitun

cara mengkonsumsi minyak zaitun
Souce: Realfood

Berikut adalah 7 cara mengkonsumsi minyak zaitun dengan unik dan kreatif.

1. Sebagai bahan saus salad

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan minyak zaitun yang dipakai untuk membuaat saus salad atau salad dressing. Cara ini juga cukup populer dan disukai oleh banyak orang. Sebaiknya, gunakan extra virgin olive oil untuk membuat hidangan dressing salad.

Selain itu, cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dengan sedikit cuka, jeruk lemon, oregano, dan bawang putih untuk membuat salad dressing yang segar, sehat, dan lezat.

2. Sebagai bahan menumis dan memanggang

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menumis dan memanggang berbagai jenis makanan. Namun, sebaiknya minyak zaitun hanya digunakan pada suhu rendah hingga sedang.

Dalam menumis, biasanya bisa menggunakan refined olive oil untuk menumis sayuran yang lebih sehat. Tidak hanya lebih sehat, kamu juga bisa mengolah tumisan dengan aroma yang lezat dan menggugah selera.

Sementara untuk memanggang, minyak zaitun biasanya digunakan sebagai campuran baked rice, terutama pada bahan makanan hewani. Aroma minyak zaitun yang bercampur dengan tuna, smooked beef, daging ayam, sapi, dan kambing akan menambah lezat hidangan.

Minyak zaitun juga dapat membantu untuk menghilangkan bau amis dari olahan daging yang akan dihidangkan.

3. Untuk memasak pasta

Kamu bisa menumis bumbu pasta dengan menggunakan minyak zaitun, lho. Olahan minyak zaitun akan menambah rasa nikmat pasta yang buatan kamu. Selain itu, aroma minyak zaitun serta bumbu dapur dapat menambah cita rasa pasta yang kuat.

4. Sebagai campuran sup

Jika kamu sering membuat sup dari bahan sayuran, tambahan minyak zaitun bisa memberikan cita rasa lemak nabati yang nikmat. Kamu bisa membuat sop dari jamur atau tomat dan mengolahnya untuk dijadikan hidangan yang segar. Dalam keadaan panas, aroma sup akan lebih menggugah selera untuk disantap.

5. Campuran oatmeal

Ketika sedang melakukan diet, sebagian orang akan memilih menyantap oatmeal untuk menggantikan karbohidrat. Jika kamu ingin meningkatkan aroma lezat oatmeal, tambahan minyak zaitun dapat kamu jadikan opsinya, lho.

6. Sebagai bahan pembuatan roti

Jika kamu ingin membuat roti dengan bahan yang lebih sehat untuk tubuh, cobalah gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bahan pembuatan roti untuk memberikan rasa dan tekstur yang lezat.

Roti dengan minyak zaitun mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Seperti karbohidrat, vitamin B, mineral, zat besi, magnesium, dan kalium. Roti dengan minyak zaitun juga menjadi camilan yang kaya akan lemak sehat, terutama asam oleat.

7. Langsung diminum

Cara yang paling praktis untuk konsumsi minyak zaitun adalah diminum langsung. Kamu dapat meminum virgin olive oil setiap hari dengan takaran 1-2 sendok makan. Dengan meminum langsung minyak zaitun, kamu akan mendapatkan manfaat kandungan minyak zaitun secara utuh sehingga mampu mengaktifkan fungsi antiinflamasi.

Selain itu, meminum langsung minyak zaitun dapat menjadi suplemen kesehatan. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya secara langsung.

Tips Membeli, Memilih, dan Menyimpan Minyak Zaitun

cara mengkonsumsi minyak zaitun
Source: Genpi.co

1. Minyak zaitun beli di mana dan bagaimana cara memilihnya?

Minyak zaitun tersedia di banyak toko, baik offline maupun online. Anda juga dapat membelinya di pasar tradisional atau toko obat-obatan. Sementara untuk cara memilih minyak zaitun yang baik dan berkualitas adalah sebagai berikut:

Pertama, pilihlah minyak zaitun dengan kadar lemak rendah. Minyak zaitun tinggi lemak akan membuat badan kamu jadi lebih berat, jadi pilihlah yang rendah lemak jika ingin menurunkan berat badan. Kadar lemak dapat dilihat pada label produk.

Kedua, pastikan untuk memilih minyak zaitun extra virgin. Extra virgin artinya adalah minyak zaitun pertama yang diperoleh dari buahnya. Minyak zaitun jenis ini lebih sehat dan kaya akan nutrisi.

Ketiga, perhatikan tanggal produksi ketika memilih minyak zaitun. Minyak zaitun yang baru diproduksi biasanya masih segar dan kaya akan nutrisi.

Keempat, pilihlah minyak zaitun dengan kualitas baik. Minyak zaitun yang baik akan berwarna kekuningan atau hijau tua, sedangkan minyak zaitun yang buruk akan berwarna cokelat atau hitam.

2. Tips menyimpan minyak zaitun agar tetap segar dan berkualitas

Pertama, taruh di tempat dengan suhu sejuk. Simpanlah minyak zaitun di tempat sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Kamu dapat meletakkannya di kulkas atau lemari makanan di sisi terdalam.

Apabila kamu menemukan kondisi minyak zaitun yang membeku di kulkas, kamu tak perlu khawatir. Sebab ini tidak akan mengubah kualitasnya.

Kedua, simpanlah dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, minyak zaitun dapat bertahan selama 18 hingga 24 bulan di dalam botol. Sementara, minyak zaitun murni atau extra virgin olive oil memiliki daya simpan yang lebih singkat, yakni 12–18 bulan.

Untuk lebih detailnya, kamu dapat melihat petunjuk masa penyimpanan di kemasan botol minyak zaitun.

Ketiga, letakkan di tempat gelap. Sebaiknya simpan minyak zaitun di dalam tempat yang gelap dan tak transparan. Tujuannya yaitu supaya dapat melindungi minyak zaitun dari paparan cahaya yang bisa memicu oksidasi.

Perlu diketahui, proses oksidasi akan mempercepat molekul lemak dalam minyak zaitun pecah, sehingga kualitasnya berkurang.

Apakah Ada Efek Samping Jika Mengkonsumsi Minyak Zaitun Berlebihan?

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Kandungan lemak tersebut juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga mencegah serangan jantung. Sebab itu, minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Namun, minyak zaitun juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan dan lemak tubuh. Konsumsi minyak zaitun yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Jadi, secukupnya saja, gaes!


Itulah beberapa cara mengkonsumsi minyak zaitun, manfaat minyak zaitun, dan tips lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat kamu terapkan, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare