...
cara menutup mata batin
5-min read

Bagaimana Cara Menutup Mata Batin? Yuk, Ikuti 8 Cara Sederhana Ini!

cara menutup mata batin

Bisa dilakukan oleh orang awam, ini cara menutup mata batin yang perlu kamu tahu.

Mata batin adalah kemampuan spiritual yang terdalam dalam diri kamu. Saat kamu dapat membuka mata batin, kamu dapat merasakan dan melihat hal-hal yang tak terlihat oleh mata fisik.

Namun, tidak jarang juga mata batin dapat terbuka tanpa kamu sadari, sehingga bisa menimbulkan perasaan yang kurang nyaman. Nah, dalam artikel ini, terdapat beberapa cara untuk menutup mata batin dengan mudah dan mengatasi perasaan tidak nyaman tersebut. Simak terus, yuk!

Info wajib baca: 10 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari: Baik untuk Pencernaan hingga Redakan Stres

Apa itu Mata Batin?

cara menutup mata batin
Source: suaramerdeka.com

Mata batin sering juga disebut sebagai “mata hati” atau “mata ketiga,” adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kemampuan manusia untuk merasakan, melihat, atau mengetahui hal-hal di luar persepsi indra fisik atau pikiran rasional. Ini adalah kemampuan spiritual atau intuisi yang melebihi keterbatasan indra manusia.

Konsep mata batin berasal dari banyak tradisi dan kepercayaan spiritual di seluruh dunia. Di dalam berbagai sistem kepercayaan dan ajaran spiritual, mata batin dianggap sebagai pintu gerbang menuju dimensi spiritual yang lebih dalam.

Beberapa tradisi menyatakan bahwa semua manusia memiliki potensi mata batin, tetapi kemampuan ini sering kali tersembunyi atau terhambat oleh gangguan pikiran dan lingkungan sekitar. Namun, penting untuk dicatat bahwa konsep mata batin cenderung menjadi subjektif dan dapat bervariasi tergantung pada kepercayaan dan budaya.

Bagi beberapa orang, pengalaman dengan mata batin bisa menjadi bagian integral dari kehidupan spiritual mereka. Sementara yang lain, mungkin melihatnya sebagai aspek psikologis atau pencerminan pikiran bawah sadar.

Cara Sederhana untuk Menutup Mata Batin

Source: nationalgeographic.grid.id

Dilansir berbagai sumber, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menutup mata batin yang sudah terbuka. Seperti apa? Untuk lebih jelasnya, baca terus artikel ini sampai habis, ya!

1. Hilangkan pengaruh negatif

Kamu harus menyadari bahwa pengaruh negatif dari lingkungan sekitar dan media sosial dapat membuka mata batinmu tanpa izin. Jika kamu terlalu banyak terpapar berita negatif atau energi yang tidak sehat, mata batinmu bisa menjadi terbuka secara tidak terkendali.

Jadi, batasilah waktu kamu untuk menonton berita atau scroll media sosial. Lebih baik kamu banyak berinteraksi dengan hal-hal yang positif dan membangun energi positif.

2. Meditasi dan relaksasi

Meditasi adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menutup mata batin dan menenangkan pikiranmu. Caranya mudah, cukup cari tempat yang tenang, duduk dengan nyaman, dan fokuslah pada napasmu.

Biarkan pikiranmu mengalir tanpa menilai atau berkecil hati. Dengan rutin bermeditasi, kamu akan mampu mengontrol aliran energi dalam tubuhmu, termasuk mata batin.

3. Melakukan visualisasi positif

Cobalah untuk melakukan visualisasi positif. Bayangkan cahaya putih yang melindungi tubuhmu, termasuk mata batinmu.

Percayalah bahwa cahaya tersebut dapat menghalau segala energi negatif dan membantu menutup mata batinmu dengan lembut. Lakukan visualisasi ini setiap pagi atau sebelum tidur, dan kamu akan merasakan perubahan yang luar biasa.

4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Perbandingan yang berlebihan dengan orang lain bisa membuat mata batinmu tidak tenang. Saat kamu selalu merasa tidak puas dengan dirimu sendiri, energi negatif akan dengan mudah masuk dan membuka mata batinmu.

Jadi, cobalah untuk lebih menghargai dirimu sendiri dan melihat kelebihan yang kamu miliki. Kamu adalah unik, dan kamu tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain.

5. Menulis dalam jurnal

Menulis dalam jurnal adalah cara lain yang efektif untuk menutup mata batinmu. Coba tuliskan perasaanmu setiap hari.

Ungkapkan apa yang membuatmu bahagia, dan apa yang membuatmu stres. Dengan menulis, kamu bisa mengeluarkan semua emosi negatif dan mencegah mata batinmu terbuka secara berlebihan.

6. Jauhkan diri dari energi negatif

Kamu pasti pernah mendengar pepatah “bersama-sama dengan yang tak seiman, tangan akan terasa gatal.” Begitu juga dengan mata batinmu.

Jika kamu terlalu banyak terlibat dalam gosip dan berada di lingkungan yang penuh dengan energi negatif, mata batinmu bisa terbuka dengan sendirinya. Oleh karena itu, pilihlah teman-teman dan lingkungan yang mendukung dan positif.

7. Berkonsentrasi pada kegiatan yang menyenangkan

Terakhir, cobalah untuk lebih fokus pada kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Ketika kamu benar-benar terlibat dalam sesuatu yang kamu nikmati, pikiranmu akan menjadi lebih tenang, dan mata batinmu pun akan lebih mudah untuk ditutup.

8. Melakukan ritual spiritual yang teratur

Melakukan ritual spiritual yang teratur dapat membantu menjaga keseimbangan energi dalam dirimu. Ritual-ritual ini bisa berupa doa, puja-puja, atau aktivitas-aktivitas lain yang memiliki makna spiritual bagimu. Dengan melaksanakan ritual secara konsisten, kamu dapat menciptakan kestabilan energi dan menutup mata batin hingga mencegahnya terbuka kembali.

Info wajib baca: 3 Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar | Kamu Bisa Terapkan untuk Hadapi Cobaan Puasa!


Nah, itulah penjelasan terkait cara menutup mata batin yang perlu kamu ketahui. Ingatlah bahwa menutup mata batin adalah proses yang memerlukan waktu dan kesabaran.

Tetaplah konsisten dalam praktik-praktik yang telah disebutkan di atas, dan jangan menyerah jika tidak melihat perubahan segera. Dengan tekad dan latihan yang konsisten, kamu akan mampu menutup mata batin dengan mudah dan merasakan kedamaian dalam hidupmu. Selamat mencoba, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare