...
ciri ciri belatung santet
5-min read

5 Fakta dan Mitos tentang Ciri Ciri Belatung Santet | Bisa Berpindah dengan Cepat?

ciri ciri belatung santet

Belatung santet dipercayai mempunyai ciri ciri khusus dibanding lainnya. Simak pembahasan lengkapnya di sini!

Di tengah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepercayaan pada hal-hal supranatural masih tetap eksis di berbagai masyarakat, termasuk di Indonesia. Salah satu aspek kepercayaan supranatural yang sering diperbincangkan adalah “belatung santet.”

Dalam kepercayaan ini, belatung santet dianggap sebagai sarana yang digunakan untuk menyakiti atau bahkan membunuh seseorang. Lantas, bagaimana ciri ciri dari belatung santet?

Yuk, cari tahu lebih dalam apakah belatung santet benar-benar ada, serta menguak mitos dan realitas di balik ciri ciri yang sering dikaitkan dengan hewan satu ini. Simak sampai habis, ya!

Apakah Belatung Santet Ada?

ciri ciri belatung santet
Source: PopBela

Sebelum memahami lebih dalam mengenai ciri-ciri belatung santet, perlu kiranya untuk memahami apakah keberadaannya itu sendiri benar-benar ada dan dapat dipercaya. 

Belatung merupakan larva dari lalat, yang muncul dari telur lalat dan biasanya berada di atas bahan organik yang membusuk. Biasanya, belatung akan tumbuh menjadi lalat dewasa dalam beberapa minggu.

Info wajib baca: Santet Punya Kelemahan, Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengatasinya

Dalam konteks ilmiah, belatung adalah serangga yang memiliki siklus hidup yang dapat dijelaskan secara logis dan alami. Tidak ada bukti yang meyakinkan dan menunjukkan bahwa belatung dapat digunakan untuk tujuan supranatural seperti mengirim santet kepada orang lain.

Namun begitu, anggapan mengenai belatung santet ini cukup populer di kelompok masyarakat tertentu. Bahkan, tak sedikit pula orang yang memercayai keberadaan hewan ini yang menandakan adanya marabahaya ini.

Ciri Ciri Belatung Santet

Source: Orami

Ada beberapa ciri yang sering dikaitkan dengan belatung santet dalam kepercayaan supranatural masyarakat Indonesia. Namun, kita harus mengingat bahwa ciri-ciri ini lebih merupakan bagian dari mitos dan legenda urban daripada kenyataan ilmiah. Mari kita kaji ciri-ciri tersebut satu per satu:

1. Ciri ciri belatung santet: Ukuran yang lebih besar

Salah satu ciri khas yang sering dikaitkan dengan belatung santet adalah ukuran tubuhnya yang lebih besar dibandingkan dengan lainnya. Belatung santet dapat mencapai panjang hingga 2-3 cm, sementara belatung biasa biasanya memiliki ukuran sekitar 0,5-1 cm.

Ciri ini sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah. Ukuran belatung dapat bervariasi tergantung pada jenis lalat dan kondisi lingkungan tempat mereka berkembang. Jadi, ukuran tubuh yang lebih besar pada belatung tidak lantas menjadikannya sebagai belatung santet.

2. Warna yang lebih gelap

Ciri lain yang sering dikaitkan dengan belatung santet adalah warna tubuhnya yang lebih gelap. Belatung santet biasanya berwarna hitam atau cokelat gelap, sementara belatung biasa cenderung berwarna putih atau krem.

Namun sebenarnya, warna belatung juga dapat bervariasi tergantung pada spesies dan tahap perkembangan. Belatung yang terkena sinar matahari atau kelembaban yang berbeda dapat memiliki warna yang berbeda pula.

3. Ciri ciri belatung santet: Bau yang menyengat

Ciri ketiga adalah bau sangat menyengat yang dikaitkan dengan belatung santet. Bau ini diyakini dapat menyebabkan mual dan muntah bagi siapapun yang melihatnya secara langsung.

Namun begitu, bau yang menyengat pada belatung sebenarnya adalah hasil dari dekomposisi bahan organik yang menjadi sumber makanan mereka. Belatung biasa juga dapat menghasilkan bau yang tidak sedap jika dibiarkan berkembang di bahan organik yang membusuk

4. Tidak bisa mati

Ciri yang lebih ekstrem dan sering kali dikaitkan dengan belatung yang dikirim dengan tujuan santet adalah bahwa mereka tidak dapat mati. Termasuk jika dibakar, direbus, atau dibunuh dengan cara apapun.

Sayangnya, tidak ada dasar ilmiah untuk klaim ini. Semua makhluk hidup, termasuk belatung, memiliki batasan hidup dan dapat mati sesuai dengan hukum alam. Klaim bahwa belatung santet tidak dapat mati adalah mitos semata.

Info wajib baca: Cara Mengembalikan Santet dengan Media Garam | Ampuh sebagai Penangkal Sihir!

5. Kemampuan berpindah tempat dengan cepat

Belatung santet juga sering dikatakan memiliki kemampuan untuk berpindah tempat dengan cepat, bahkan dari satu tubuh ke tubuh lain hanya dalam hitungan detik. Hal ini pun termasuk ke dalam klaim supranatural yang diyakini banyak orang.

Padahal dalam ilmu biologi, belatung biasa tidak memiliki kemampuan berpindah tubuh dengan sendirinya. Pindahnya belatung dari satu tempat ke tempat lain biasanya terjadi secara alami sebagai bagian dari siklus hidup mereka.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak ciri-ciri yang dikaitkan dengan belatung santet lebih merupakan mitos dan legenda urban daripada kenyataan ilmiah. Tidak ada bukti yang meyakinkan yang mendukung keberadaan belatung santet atau klaim-klaim supranatural yang dikaitkan dengannya.

Penting untuk menciptakan pemahaman yang lebih rasional dan ilmiah tentang fenomena yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan atau keberuntungan yang tidak dapat dijelaskan, lebih bijaksana untuk mencari bantuan dari ahli medis dan profesional yang kompeten.

Mengandalkan kepercayaan supranatural seperti belatung santet untuk menjelaskan masalah-masalah ini dapat menghambat upaya untuk menemukan solusi yang sesuai secara ilmiah.


Nah, itulah fakta dan mitos terkait ciri ciri belatung santet yang perlu kamu tahu. Bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare