...
manfaat daun urang aring
5-min read

Daun Urang Aring: Manfaat, Bentuk, dan Cara Mengolahnya

manfaat daun urang aring

Daun urang aring dikenal bisa menghitamkan rambut, lho!

Daun urang aring, juga dikenal sebagai daun melinjo, adalah tanaman yang telah lama dikenal di Indonesia. Tanaman ini memiliki beragam manfaat yang dapat mendukung kesehatan dan keberlangsungan hidup manusia.

Berbagai nutrisi penting dan sifat-sifat yang mendukung kesehatan. Bentuk jenis daun ini khas dan dapat diolah dalam berbagai cara untuk dinikmati. Kamu juga bisa mengonsumsinya dalam menu diet juga! Penasaran dengan khasiat dari daun ini?

Mengenal Daun Urang Aring

Source: Cnnindonesia.com

Saatnya mengenal jenis tanaman satu ini! Berikut manfaat daun urang aring, bentuknya, serta cara mengolahnya untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Info wajib baca: 10 Khasiat Daun Putri Malu untuk Kesehatan, Bisa Dijadikan sebagai Obat Kuat, lho!

1. Manfaat daun urang aring

  • Kaya nutrisi: Kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem kekebalan.
  • Antioksidan: Memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini membantu mencegah kerusakan sel dan berpotensi mengurangi risiko penyakit degeneratif.
  • Menurunkan kolesterol: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daunnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat mendukung kesehatan jantung.
  • Antiinflamasi: Ekstrak daunnya juga memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh: Kandungan vitamin C dalam daunnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi.

2. Ciri-ciri dan bentuk

Nggak tahu bagaimana bentuk daun satu ini? Kamu pasti pernah melihatnya, coba cek ciri-ciri khas daun urang-aring yang bakal memudahkan kamu dalam mengenalinya.

  • Bentuk daun: Daunnya memiliki bentuk yang mirip dengan daun melinjo, yaitu lonjong dan memiliki ujung tumpul. Daun ini juga memiliki tepi yang bergerigi.
  • Warna: Memiliki warna hijau tua dan biasanya sedikit berkilau.
  • Ukuran: Ukuran daunnya bervariasi, tetapi umumnya berukuran sekitar 5-10 cm panjang dan 2-4 cm lebar.
  • Pangkal daun: Pangkal daun biasanya meruncing dan melekat pada cabang tanaman dengan tangkai yang pendek.

Info wajib baca: Mengenal 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita, Bisa Mencegah Penuaan!

3. Cara mengolah daun urang aring

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengolah daun urang aring agar dapat dinikmati dengan baik. Cara mengolahnya sesuaikan dengan kebutuhan kamu, baik untuk dijadikan makanan maupun minuman.

  • Rebus: Dapat direbus sebentar sebelum dimakan. Ini akan membantu mengurangi keasaman dan rasa pahit yang mungkin ada dalam daun tersebut.
  • Goreng: Bisa digoreng dengan sedikit minyak hingga renyah. Ini adalah cara yang populer untuk mengonsumsinya sebagai camilan.
  • Tumis: Tumis daunnya dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabai, dan garam untuk menambah cita rasa.
  • Keringkan: Dapat dikeringkan dan dijadikan serbuk atau bahan tambahan dalam masakan.
  • Minuman: Kamu juga dapat membuat minuman teh dari daunnya dengan cara merebusnya dalam air panas. Minuman ini memiliki sifat penyegar dan dapat dinikmati panas atau dingin.

4. Efek samping mengonsumsi

Meski daun urang aring memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa dalam beberapa kasus, konsumsi yang berlebihan atau nggak benar-benar matang dapat memiliki potensi efek samping. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, simak di bawah.

  • Rasa pahit: Memiliki rasa pahit yang kuat. Jika nggak diolah dengan baik atau direbus dengan benar, rasa pahit ini dapat mengganggu kenikmatan saat mengonsumsinya. Penting banget untuk memahami cara yang tepat dalam mengolahnya.
  • Alergi: Beberapa orang dapat mengalami alergi terhadap daun atau bijinya. Kalau kamu belum pernah mengonsumsinya sebelumnya, disarankan untuk mencobanya dalam jumlah kecil terlebih dahulu dan memantau reaksi alergi.
  • Asam urat: Kandungan asam oksalat dalam jenis daun ini dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal bagi individu yang memiliki masalah dengan asam urat atau batu ginjal. Oleh karena itu, individu dengan riwayat masalah ini sebaiknya mengonsumsi dengan hati-hati.
  • Kehamilan dan menyusui: Wanita hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mengonsumsi dalam jumlah besar, untuk memastikan bahwa tidak ada risiko bagi kesehatan ibu dan bayi.

5. Cara menanam daun urang aring

Selain mengonsumsinya, kamu juga dapat mencoba menanam daun urang aring di halaman rumah. Tapi jangan lupa kalau kamu perlu merawat tanaman dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menanamnya.

  • Persiapan tanah: Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari cukup dan persiapkan tanah dengan baik. Pastikan tanah tersebut memiliki drainase yang baik.
  • Bibit: Kamu dapat membeli bibit daun urang aring dari tukang tanaman lokal atau menyiapkannya sendiri dengan merendam biji dalam air selama beberapa hari hingga biji mengembang.
  • Penanaman: Tanam bibit dengan jarak yang cukup antara satu bibit dengan yang lainnya. Pastikan bibit ditanam dengan benar dan ditutupi dengan tanah.
  • Perawatan: Airi tanaman secara teratur dan berikan pupuk sesuai dengan petunjuk yang ada. Pastikan juga untuk memangkas tanaman secara berkala.
  • Panen: Daun urang aring biasanya dapat dipanen dalam beberapa bulan setelah penanaman. Kamu dapat memanennya saat daun sudah cukup besar dan segar.

Menanam daun urang aring di halaman rumah kamu dapat memberikan akses yang lebih mudah untuk memanfaatkan manfaat kesehatan yang ditawarkannya, sambil juga menambah keindahan taman.


Mengetahui manfaat, bentuk, cara mengolah, serta potensi efek sampingnya, kamu dapat dengan bijak mengambil manfaat dari tanaman ini dalam gaya hidup sehat. Tetap ingat untuk mengonsumsinya dengan porsi yang seimbang.

Semoga artikel ini membantu kamu lebih memahami daun urang aring dan bagaimana menggunakannya secara bijak.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare