...
khasiat daun putri malu
5-min read

10 Khasiat Daun Putri Malu untuk Kesehatan, Bisa Dijadikan sebagai Obat Kuat, lho!

khasiat daun putri malu

Yuk, pahami apa saja khasiat daun putri malu di bawah ini!

Manfaat kesehatan dari daun putri malu masih belum dikenal dengan baik oleh sebagian besar masyarakat. Meskipun begitu, tanaman liar ini telah menjadi populer karena reaksi uniknya. Daun putri malu dapat dengan cepat menutup atau mengatup sendiri saat disentuh.

Daun putri malu juga dikenal sebagai tanaman sensitif dalam ilmu botani dan memiliki nama ilmiah Mimosa pudica. Selama berabad-abad, daun putri malu telah digunakan sebagai ramuan herbal dan tanaman yang menjalar. Semua bagian dari tanaman ini memiliki manfaat obat yang luar biasa.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat daun putri malu? Yuk, kita simak penjelasannya di sini!

Info wajib baca: Beragam Khasiat dari Bawang Putih Tunggal yang Jarang Diketahui

Mengenal Apa itu Daun Putri Malu

Daun putri malu memiliki warna hijau tua, bentuk sudut yang tajam, dan permukaan berbulu. Struktur tulang daunnya bersirip (pinnate atau penninervis) dan ada dalam dua pasang, terkadang hanya satu pasang. Mereka tumbuh berdekatan di ujung tangkai daun, memberikan tampilan yang mirip dengan palmate.

Tangkai daun putri malu memiliki panjang sekitar 2,5 cm, sedangkan panjang pinnanya berkisar antara 2,5-5 cm. Satu tanaman bisa memiliki sekitar 12-50 helai daun, masing-masing dengan panjang sekitar 6-12 mm dan lebar 1,5 mm, dengan bentuk lonjong-linier dan ujung yang runcing.

Permukaan bagian atas daunnya tidak licin, tetapi memiliki tepi berbulu. Selain itu, daun ini melipat dengan cepat, seolah-olah mengalami layu saat tersentuh, dan juga menutup pada malam hari.

Menguak Khasiat Daun Putri Malu, Ada Beragam Manfaat untuk Tubuh

khasiat daun putri malu
Source: Jawapos.com

1. Mengatasi diare

Khasiat pertama dari tanaman ini adalah kemampuannya dalam memperlambat sistem pencernaan, yang dapat membantu mengatasi diare yang disebabkan oleh kelainan pencernaan berlebihan. Untuk hasil yang lebih baik, daun putri malu dapat dicampur dengan bijinya. Ini akan menghasilkan gel dalam saluran pencernaan yang membantu mengeluarkan racun dan kuman berbahaya, membersihkan usus.

2. Menyembuhkan gatal dan luka

Manfaat luar biasa lainnya dari daun putri malu adalah kemampuannya sebagai obat untuk gatal dan luka serta kemampuannya mengurangi peradangan. Kamu dapat membuat pasta dari daunnya dengan cara menghancurkannya bersama sedikit air. Kamu juga dapat menggabungkan jus tanaman ini dengan minyak wijen untuk menghasilkan pasta yang bisa digunakan untuk merawat kulit gatal.

3. Khasiat daun putri malu: Menyembuhkan wasir

Bagi yang mencari pengobatan alami untuk wasir, daun putri malu dapat sangat berguna. Kamu dapat membuat bubuk ekstrak dari daunnya dan mengonsumsinya dengan susu dua atau tiga kali sehari. Alternatifnya, kamu bisa minum bubuk yang terbuat dari akar dan daunnya dengan susu tiga kali sehari.

4. Mengatur kadar gula darah

Mengonsumsi jus daun putri malu dapat membantu mengatur kadar gula darah yang tinggi. Minumlah 30 ml jus ini pagi dan sore hari selama 7 sampai 10 hari, dan kamu akan melihat perbedaan dalam kadar gula darahmu.

5. Tinggi antioksidan

khasiat daun putri malu
Source: Pati Update

Daun putri malu memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Tanaman ini mengandung fitokimia, vitamin, dan superoksida dismutase, yang merupakan antioksidan yang berguna. Hal ini dapat membantu mencegah penuaan dini dan masalah kesehatan yang terkait dengan radikal bebas.

6. Obat kuat alami

Kabar baik, nih, bagi para suami daun putri malu juga dapat digunakan sebagai obat kuat alami untuk pria, lho. Tentunya hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan di ranjang.

Cara mengolahnya, cukup dengan merebus segenggam daun putri malu dengan satu atau dua gelas air. Saring dan dinginkan dalam suhu ruangan. Minum ramuan ini setiap hari satu kali atau sesuai kebutuhan, untuk menambah kejantanan kamu.

Info wajib baca: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Jamu Kunyit Asam dan Khasiatnya

7. Khasiat daun putri malu: Mengangkat payudara yang kendur

Untuk wanita yang ingin mengangkat payudara yang kendur tanpa perawatan atau operasi mahal, kamu dapat membuat pasta dari daun putri malu dan mencampurnya dengan akar Ashwagandha. Oleskan ramuan ini pada payudara untuk hasil yang diinginkan.

8. Mengobati sakit perut dan cacingan

Untuk mengatasi sakit perut dan infestasi cacingan, kamu dapat membuat pasta dari daun putri malu dan mengonsumsinya dengan madu selama 3-4 hari.

9. Mengurangi peradangan

Khasiat lain dari daun putri malu adalah kemampuannya mengurangi peradangan dalam tubuh ketika tubuh terpapar racun atau patogen. Ini dapat membantu mencegah peradangan berkelanjutan yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius.

10. Mencegah kerusakan hati

Daun putri malu berkhasiat untuk mencegah kerusakan hati, bila terkena penyakit kronis yang kompleks, seperti penyakit lyme dan infeksi parasit, organ hati dan kandung empedu mungkin akan semakin meradang. Bakteri lyme biasanya akan bersembunyi di hati, termasuk parasit seperti cacing hati, Ascaris lumbricoides, dan cacing lainnya, dapat bersembunyi di sistem saluran empedu hati.

Makhluk ini dapat menyumbat sistem dan menyebabkan peradangan serta kerusakan. Kemudian, penelitian juga menunjukkan bahwa putri malu dapat membantu melindungi hati dari kerusakan tersebut, termasuk hati yang memiliki banyak racun. 

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang dimiliki oleh daun putri malu, ini adalah tanaman yang patut dipertimbangkan untuk digunakan dalam perawatan kesehatan alami kamu. Namun, selalu konsultasikan dengan profesional medis sebelum menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan alternatif.

Updated by Faniditya R.


Nah, itulah sejumlah khasiat dari daun putri malu yang perlu kamu tahu. Dari banyaknya manfaat atau khasiat tersebut, tentunya kamu harus mengikuti aturan dan tata cara yang berlaku untuk memakai daun ini sebagai alternatif pengobatan atau kesehatan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare