...
film korea pembunuh berantai
5-min read

5 Film Korea Pembunuh Berantai yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, Siap-Siap Merinding!

film korea pembunuh berantai

Tonton film-film Korea pembunuh berantai berikut ini buat nguji nyali! Semuanya diangkat dari kisah nyata!

Apakah kamu penggemar film thriller Korea? Jika iya, maka pasti tidak asing dengan genre menegangkan yang sering menghadirkan kisah pembunuh berantai dan kisah mencekam dalam film Korea pembunuh berantai.

Namun apa jadinya jika beberapa dari cerita menyeramkan itu terinspirasi langsung dari kejadian nyata? Kali ini, Kostmin punya lima rekomendasi filmnya yang bisa bikin kamu merinding ketakutan. Siap untuk merasakan ketegangan dan misteri yang tersimpan di dalam film-film ini? Ayo, ikuti ceritanya!

Beda Genre Thriller dan Horor

Banyak dari kita pasti udah nggak asing sama nama dari kedua genre ini, karena banyak digunakan baik untuk cerita film maupun buku. Tapi, banyak juga dari kita yang pasti masih mengira kalau kedua genre ini sama, padahal genre thriller dan horor sendiri berbeda satu sama lain, lho.

Genre thriller

Genre thriller adalah jenis genre yang menekankan pada ketegangan, kejutan, dan ketidakpastian. Cerita dalam genre ini sering kali berpusat pada konflik yang menegangkan dan menarik perhatian pembaca atau penonton dengan plot yang dipenuhi oleh intrik dan aksi.

Unsur-unsur kejutan dan ketegangan sering digunakan untuk menjaga ketertarikan pembaca atau penonton hingga akhir cerita. Sering kali, dalam genre thriller, ada upaya untuk mengungkap misteri, mengejar atau menghindari bahaya, dan karakter utama berada dalam situasi hidup atau mati.

Konflik yang ada tidak selalu berkaitan dengan keberadaan makhluk supernatural atau hal-hal supranatural.

Contoh karya dalam genre thriller adalah novel “Gone Girl” karya Gillian Flynn dan film “The Bourne Identity.”

Genre horor

Genre horor adalah jenis genre yang menekankan pada ketakutan dan suasana yang menyeramkan. Cerita dalam genre ini sering kali berkaitan dengan keberadaan makhluk supernatural, roh jahat, atau elemen supranatural lainnya.

Fokus utamanya adalah untuk menciptakan suasana mencekam dan menakutkan bagi pembaca atau penonton. Unsur-unsur horor termasuk jump scare (saat tiba-tiba ada adegan menakutkan), makhluk-makhluk menyeramkan, dan suasana yang gelap atau terisolasi.

Karakter-karakter dalam genre ini sering berada dalam bahaya atau menghadapi ancaman yang mengerikan dari para makhluk mistis atau mitologi.

Contoh karya dalam genre horor adalah novel “Dracula” karya Bram Stoker dan film “The Exorcist.”

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Film Psikopat Korea yang Menakutkan dan Bikin Merinding, Jangan Tonton Sendirian!

Perbedaan utama antara genre thriller dan horor terletak pada fokus cerita dan suasana yang diciptakan. Genre thriller menekankan pada ketegangan dan kejutan dengan mengikuti plot yang menarik.

Sedangkan genre horor menekankan kepada ketakutan dan suasana yang menyeramkan dengan penggunaan elemen supranatural atau makhluk menakutkan. Meskipun demikian, kadang-kadang batasan antara keduanya bisa kabur karena ada beberapa karya yang menggabungkan unsur-unsur dari kedua genre ini.

Film-Film Korea Pembunuh Berantai yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Pembunuh berantai sesuatu yang sangat menakutkan. Mereka biasanya orang-orang yang telah membunuh beberapa orang dan terus melakukannya lagi.

Pembunuh berantai di Korea Selatan adalah salah satu topik paling populer dalam film horor Korea. Beberapa film bioskop Korea Selatan ini mengisahkan seorang pembunuh berantai yang terinspirasi dari kisah nyata, kamu yang mau uji nyali, jangan sampai lewatin rekomendasi berikut ini!

1. Film Korea pembunuh berantai: Memories of Murder

film korea pembunuh berantai
Source: IMDb

Film yang pertama kali tayang pada tahun 20023 ini berlatarkan tahun 1980-an, di mana ketika pihak polisi yang bertugas di Hwaseong berhadapan dengan kasus pembunuhan dan perkosaan wanita yang tragis.

Tak lama kasus pembunuhan kembali terjadi di daerah tersebut sehingga Park Doo Man, sebagai polisi yang bertugas harus segera melakukan penyelidikan. Sebagai polisi daerah, Doo Man menyelidiki kasus tersebut dengan sumber daya seadanya.

Salah satu langkah yang dia lakukan untuk mencegah pembunuhan berikutnya adalah dengan menyiapkan jebakan di tengah hujan. Sayangnya usaha tersebut sia-sia, Doo Man dan tim tidak kunjung memecahkan kasus pembunuhan berantai yang mengerikan. 

Hingga kemudian datanglah detektif dari Seoul bernama Seo Tae Yoon untuk membantu secara sukarela demi memecahkan kasus ini.

Sebagai dua polisi dengan latar belakang berbeda, Park dan Seo memiliki metode yang saling berbenturan. Namun, kasus yang semakin serius memaksa mereka untuk bekerja sama menemukan psikopat pembunuh berantai.

2. The Chaser

film korea pembunuh berantai
Source: The Movie Database (TMDB)

Film yang satu ini jadi film thriller yang jadi debut perdana dari sutradara Na Hongjin, ditayangkan pada tahun 2008, film “The Chaser” sendiri mengangkat kisah nyata seorang pembunuh berantai di Korea Selatan yang bernama Yoo Youngchul.

Karakter Youngchul si pembunuh berantai diberi nama Ji Young Min di dalam filmnya, dan diperankan oleh Ha Jung Woo. Young Min diceritakan membunuh para PSK yang ia pesan lewat mucikari Jung Ho.

Tindakannya tersebut mulai dicurigai ketika setiap PSK yang ia pesan hilang satu per satu setelah bertemu dengannya. Investigasi juga semakin sulit mengungkap kasusnya karena Young Min pura-pura gila saat diinvestigasi.

Info wajib baca: 10 Film dan Drama Zombie Korea Terbaik, Seru dan Menegangkan!

3. Film Korea pembunuh berantai: The Classified File

film korea pembunuh berantai
Source: IMDb

Berlatar di tahun 1978, film yang satu ini mengambil jalan cerita dari sebuah kisah nyata mengenai kasus penculikan 33 hari di Busan di tahun tersebut. DI mana seorang gadis bernama Eun-joo tiba-tiba menghilang tanpa jejak.

Polisi yang nggak kunjung menemukan keberadaannya pun berasumsi kalau gadis tersebut telah tiada, namun sang ibu nggak putus harapan. Akhirnya ia pergi ke Kim Joong-san, seorang peramal terkenal dan menyatakan bahwa putrinya masih hidup.

Peramal Joong-san kemudian membawanya kepada Gong Gil-yong, seorang detektif veteran dan segera menemukan Eun-joo. Dengan segala upaya memecahkan teka-teki, dua orang tersebut harus berhadapan dengan hal yang tak pernah dibayangkan sebelumnya dalam menyelamatkan gadis tersebut selama 33 hari.

4. Children

Children
Source: IMDb

Rekomendasi film psikopat Korea yang satu ini juga diangkat dari kisah nyata di mana misterinya baru terpecahkan setelah 11 tahun lamanya anak-anak tersebut menghilang.

Pada tanggal 26 Maret 1991, kelima anak laki-laki pergi ke gunung saat hari libur sekolah untuk mencari katak dan tidak pernah kembali. Meski orang tua mereka meminta polisi untuk segera menyelidiki, pihak berwenang lebih fokus kepada pemilihan kepala daerah.

Beberapa hari kemudian, ribuan polisi mencari petunjuk di gunung tanpa hasil. Hingga pada tahun 1996, seorang pembuat film dokumenter bernama Kang Ji Seung, memutuskan untuk menyelidiki kasus tersebut dengan bantuan seorang profesor ambisius. Keduanya berencana  memecahkan kejahatan yang gagal dipecahkan oleh polisi.

5. Film Korea pembunuh berantai: Voice of a Murderer

Voice of a Murderer
Source: Kapanlagi.com

Film psikopat Korea yang satu ini merupakan film yang diambil berdasarkan kisah nyata pada tahun 1991, di mana putra seorang pembawa berita terkenal diculik tanpa jejak.

Suatu hari Han Kyung Bae, seorang pembawa berita terkenal kehilangan putra satu-satunya. Ternyata, putranya diculik oleh orang misterius. Penculik tersebut meminta Oh Ji Sun untuk membayar tebusan sebesar $100.000.

Polisi menugaskan detektif veteran Kim Wook Jung untuk menangani kasus tersebut, tetapi penculik terus mengelabui polisi.

Penculik meminta tebusan yang harus diserahkan oleh Kyung Bae dan istrinya, seiring polisi berusaha menyelamatkan anak mereka. Film ini berhasil memancing rasa takut dan ketegangan yang membuat kita terpaku menatap layar.


Itu dia lima rekomendasi film Korea pembunuh berantai, beberapa di antaranya ada yang masuk ke dalam daftar rekomendasi film psikopat Korea, lho! Bisa tebak yang mana? Kamu yang suka film John Wick, udah tau sinopsis film John Wick dari yang pertama sampai ke empat belum?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare