...
film perang kisah nyata
5-min read

7 Rekomendasi Film Perang Terbaik yang Diangkat dari Kisah Nyata

film perang kisah nyata

Tak hanya menceritakan kisah  nyata, film perang juga menjadi tontonan yang menarik untuk disaksikan

Dalam sejarah manusia, perang menjadi peristiwa yang telah menelan banyak korban jiwa dan kerugian bagi para pihak yang terlibat. Namun begitu, peristiwa ini juga sering kali diabadikan sebagai pengingat sekaligus pembelajaran kepada generasi setelahnya.

Nah, salah satu karya yang digunakan sebagai media untuk merekam peristiwa sejarah yaitu melalui film. Melalui film, penonton jadi banyak mengetahui mengenai detail maupun sudut pandang lain dari peristiwa tersebut.

Namun, kamu tahu nggak, sih, ternyata ada banyak judul film yang diangkat dari perang kisah nyata? Tak hanya mengandung nilai historis, film sejarang perang yang diangkat dari kisah nyata juga dihiasi dengan banyak adegan seru yang akan menarik perhatian para penonton.

Rekomendasi Film Perang Kisah Nyata

film perang kisah nyata
Source: Techdaily

Tertarik ingin melihat sisi lain dari peperangan yang terjadi di masa lalu? Berikut ini rekomendasi film perang populer yang diangkat dari kisah nyata:

1. Hacksaw Ridge

“Hacksaw Ridge” adalah kisah nyata tentang Desmond Doss, seorang tentara Amerika Serikat yang membuktikan yang telah menyelamatkan banyak nyawa selama pertempuran. Doss adalah seorang Kristen taat yang menolak untuk membawa senjata atau membunuh orang, bahkan dalam situasi perang yang mematikan.

Meskipun menghadapi penolakan dan penghinaan dari rekan-rekannya, Doss tetap teguh pada prinsipnya. Dalam pertempuran Hacksaw Ridge, Doss berhasil menyelamatkan lebih dari 75 nyawa tanpa pernah menarik pelatuk senjata.

Info wajib baca: Sinopsis Film The Outpost, Kisah Pahlawan di Medan Perang Afghanistan

2. Pearl Harbor, film perang kisah nyata penyerangan tentara Jepang

Dalam pelajaran sejarah di sekolah, pastinya kamu sudah nggak asing lagi dengan peristiwa di Pearl Harbor, kan? Ya, peristiwa kisah nyata ini diabadikan menjadi sebuah film perang seru.

Peristiwa Pearl Harbor merupakan salah satu peristiwa kelam dalam sejarah Perang Dunia II. Para pasukan Amerika Serikat yang sedang bertugas di pelabuhan mendapatkan serangan udara tak terduga dari tentara Jepang.

Akibat kalah jumlah dan minim persiapan, banyak tentara Amerika Serikat yang menjadi korban pada peristiwa ini. Dari sisi Jepang, mereka juga kehilangan beberapa prajurit terbaiknya akibat serangan kamikaze, atau serangan bunuh diri di mana para tentara menabrakkan pesawatnya ke tempat musuh.

3. Dunkirk

“Dunkirk” mengisahkan peristiwa dramatis evakuasi Dunkirk pada tahun 1940, ketika pasukan Sekutu di Perancis dikepung oleh pasukan Jerman.

Film ini memperlihatkan kisah tiga kelompok orang yang berbeda yang berjuang untuk melarikan diri dari Dunkirk: tentara Inggris yang terjebak di pantai, warga sipil Prancis yang berusaha menyelamatkan diri, dan nelayan Inggris yang berani merentangkan tangan mereka untuk membantu dalam evakuasi.

4. Black Hawk Down, film kisah nyata tentang perang di Somalia

Film sejarah perang yang diangkat dari kisah nyata lainnya adalah “Black Hawk Down”. Film hollywood ini menjadi salah satu yang terbaik dan nggak boleh kamu lewatkan jika ingin mengetahui bagaimana gambaran mengenai perang.

“Black Hawk Down” mengisahkan pertempuran Mogadishu pada tahun 1993, ketika pasukan Amerika Serikat dan pasukan PBB dikepung oleh pasukan Somalia. Film ini mengikuti kisah tim pasukan khusus Amerika Serikat yang dikirim untuk menangkap pemimpin milisi Somalia, Mohammed Farrah Aidid.

Film ini menggambarkan situasi yang tegang dan mematikan yang dihadapi oleh pasukan Amerika Serikat dalam upaya mereka untuk memenuhi misi yang berisiko tinggi. Di sisi lain, film ini juga menyorot bagaimana dampak yang dihasilkan perang baik oleh tentara itu sendiri maupun masyarakat yang tinggal di daerah perang.

5. Saving Private Ryan

Source: Worth It or Woke

“Saving Private Ryan” adalah kisah misi berbahaya untuk menyelamatkan prajurit Amerika Serikat bernama James Ryan. Ryan adalah satu-satunya anggota keluarganya yang masih hidup setelah D-Day, dan sebuah tim delapan prajurit Amerika Serikat dikirim untuk mencarinya di medan perang Prancis yang diduduki oleh Jerman.

Salah satu film perang kisah nyata terbaik dari Spielberg ini memperlihatkan ketegangan yang luar biasa dan pengorbanan yang diperlukan dalam upaya untuk memenuhi tugas manusiawi dalam situasi perang. Ini juga menggambarkan nilai-nilai persaudaraan dan pengorbanan yang mendasari keputusan untuk menyelamatkan satu nyawa di tengah kehancuran perang.

Info wajib baca: Sinopsis dan Pemeran Utama Film Standoff, Veteran Perang yang Kembali Menghadapi Pertempuran

6. Tears of the Sun

“Tears of the Sun” mengisahkan seorang tentara Amerika Serikat bernama Lt. Waters yang ditugaskan untuk mengevakuasi seorang dokter dan pengungsi dari sebuah desa di Nigeria yang dilanda konflik.

Waters dan timnya harus menghadapi pemberontak Nigeria dan tentara pemerintah yang korup untuk menyelesaikan misi mereka. Berbagai aksi pertempuran di hutan dan pedalaman Afrika pun memberikan aspek visual yang seru pada film ini.

Tak hanya itu, “Tears odf the Sun” juga memperlihatkan kompleksitas kemanusiaan dalam situasi konflik, di mana keputusan-keputusan sulit harus diambil untuk menyelamatkan nyawa. Film ini juga menyoroti keteguhan dan keberanian yang diperlukan dalam menghadapi tantangan yang sulit.

7. Oppenheimer, film kisah nyata tentang sisi lain perang

Terakhir, ada salah satu film perang fenomenal yang diangkat dari kisah nyata seorang ilmuwan fisika terkenal, Robert Oppenheimer. Fisikawan Amerika Serikat ini merupakan orang yang berpengaruh pada Perang Dunia II karena menjadi pemimpin di Proyek Manhattan, proyek pengembangan bom atom selama Perang Dunia II.

Film ini mengikuti perjalanan Oppenheimer dari masa mudanya hingga masa tuanya, ketika ia harus menghadapi konsekuensi moral dari menciptakan senjata pemusnah massal yang digunakan pada masa Perang Dunia.

Walau tidak banyak menyorot aksi tembak-tembakan atau adegan aksi lainnya, film ini mengajukan pertanyaan etis mendalam tentang dampak yang dapat dimiliki oleh penemuan ilmiah dan teknologi.


Ketujuh film di atas tentunya menghadirkan berbagai aspek dari Perang Dunia II dengan sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu, kamu sebagai penonton pun jadi merasakan sisi lain perang yang menjaid peristiwa traumatis untuk sebagian orang.

Nah, dari ketujuh film di atas, apakah kamu sudah pernah menyaksikan salah satunya? Atau kamu tertarik untuk menjadikan film perang dari kisah nyata di atas sebagai tontonanmu di weekend ini? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare