...
film tentang bencana alam
5-min read

Mengintip 5 Film tentang Bencana Alam yang Menegangkan, Wajib Tonton!

film tentang bencana alam

Film tentang bencana alam yang wajib kamu tonton bakal bikin tegang banget!

Selalu ada sesuatu yang menakjubkan dan sangat menggetarkan saat kita menyaksikan keganasan alam pada film tentang bencana alam di layar lebar. Entah meteor jatuh meluluhlantakkan kota, tsunami dahsyat yang membalikkan hidup manusia, atau badai mematikan untuk mencabut semua harapan.

Film-film tentang bencana alam nggak cuma membuat kita terpukau oleh efek visualnya, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai ketahanan, persaudaraan, dan harapan dalam momen-momen paling suram.

Bersiaplah merinding dengan tujuh film tentang bencana alam yang menegangkan, namun wajib tonton ini! Uji nyali kamu dengan melihat keganasan alam ketika sudah murka, deh.

Alasan Film Bikin Penonton Tegang

Ketegangan dalam film adalah elemen penting yang dapat membuat penonton terlibat secara emosional dan terus terlibat dalam alur cerita. Faktor-faktor berikut ini berkontribusi terhadap unsur ketegangan yang tercipta dalam film:

  1. Plot twist dan kejutan: Plot twist yang tak terduga dan kejutan dalam cerita adalah cara yang efektif untuk menciptakan ketegangan. Ketika penonton merasa bahwa mereka tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, tetapi tiba-tiba terjadi perubahan besar dalam alur cerita, hal ini bisa meningkatkan level ketegangan.
  2. Konflik yang kuat: Konflik merupakan inti dari setiap cerita menegangkan. Konflik yang kuat dan berdampak emosional mendorong penonton untuk berempati terhadap karakter dan meminta mereka untuk berinvestasi dalam hasil akhir.
  3. Situasi berbahaya: Menempatkan karakter-karakter dalam situasi berbahaya atau terancam dapat merangsang perasaan cemas dan tegang. Ketika penonton melihat karakter kesayangan mereka berjuang melalui situasi yang sulit, mereka menjadi lebih terhubung dalam cerita.
  4. Tanggapan karakter yang realistis: Reaksi karakter terhadap situasi menentukan bagaimana penonton merasakan ketegangan. Respons yang realistis dan kuat dari karakter terhadap situasi yang sulit dapat membuat penonton merasa seperti mereka berada di tengah-tengah aksi.
  5. Penggunaan musik dan suara: Musik dan efek suara memiliki dampak besar dalam menciptakan atmosfer menegangkan. Pilihan musik yang sesuai dan penggunaan suara efek khusus dapat memperkuat emosi yang ingin dihasilkan oleh adegan tertentu.
  6. Penggunaan kamera dan sinematografi: Cara adegan diambil dan disusun secara visual dapat memengaruhi perasaan penonton. Sudut pandang yang dekat, gerakan kamera cepat, dan penggunaan cahaya dramatis dapat meningkatkan ketegangan.
  7. Tingkat ancaman yang meningkat: Memperkenalkan ancaman yang semakin besar atau memperburuk situasi dapat meningkatkan ketegangan. Semakin besar ancaman yang dihadapi karakter, semakin intens ketegangannya.

Info wajib baca: Sinopsis dan Pemeran Utama Film Standoff, Veteran Perang yang Kembali Menghadapi Pertempuran

Film tentang Bencana Alam yang Menegangkan

Film-film yang berhubungan dengan bencana alam pasti selalu bisa bikin kita tegang saat nonton, salah satunya adalah sinopsis film “The Perfect Storm”. Kalau kamu lagi cari film tentang bencana alam yang juga bisa menguji nyali, simak daftarnya di bawah ini.

1. The Impossible

film tentang bencana alam
Source: Oprah Daily

“The Impossible” adalah film tentang bencana alam yang ternyata diangkat dari kisah nyata, lho. Film ini bercerita tentang kisah keluarga Belon yang berjuang untuk bertahan hidup saat gelombang tsunami dahsyat menerjang Samudera Hindia tahun 2004 silam. Saat itu, keluarga ini sedang berada di Negeri Gajah Putih, Thailand dalam rangka berlibur.

Para pemeran di film ini juga nggak main-main, ada Naomi Watts, Ewan McGregor hingga Tom Holland yang didapuk memainkan tokoh utama di film besutan J.A Bayona ini. Akting mereka pastinya nggak perlu diragukan lagi, dong.

Para penonton yang menyaksikan film juga mampu merasakan betapa ngerinya suasana saat itu lewat akting yang mereka bawakan. Film yang satu ini bahkan berhasil meraih pendapatan box office senilai 198,1 juta dolar!

2. Film tentang bencana alam: Greenland

film tentang bencana alam
Source Kompas.id

John Garrity (Gerard Butler) merupakan seorang insinyur bangunan yang terkenal dengan proyek-proyek besarnya. Suatu kali saat pulang ke rumah mantan istrinya, Allison Garrity (Morena Baccarin) setelah selesai bekerja, John mendapatkan kabar bahwa bumi akan kedatangan ‘tamu’, yaitu Meteor Clarke.

John, Allison dan Nathan anak lelakinya mendapat jatah tiket untuk evakuasi sementara kerabat lainnya tidak membuat semua panik. Meski sudah mendapatkan tiket, tetap saja proses evakuasi John sekeluarga jadi alot setelah Allison dan Nathan tidak diperbolehkan naik ke pesawat akibat Nathan memiliki penyakit.

John yang terpisah dari anak istrinya pun membuat satu keluarga terpecah belah. Beruntung mereka bisa bertemu kembali dan melewati seluruh skenario kiamat tersebut bersama-sama.

Info wajib baca: Sinopsis Film “Widows” dan Daftar Pemainnya: Pembalasan Dendam Para Janda dengan Rencana Perampokan

3. San Andreas

film tentang bencana alam
Source: Tribun Jambi – Tribunnews.com

Cerita bermula saat terjadinya longsor di San Fernando Valley, mengakibatkan seorang pengemudi bernama Keren celaka akibat mobilnya terguling dan masuk jurang. Untungnya mobil Keren tersangkut di antara bebatuan.

Di sinilah Ray (Dwayne Johnson) pertama kali memulai aksinya. Dia adalah seorang pilot helikopter penyelamat untuk Departemen Pertahanan. Berkat usaha Ray, Keren pun bisa diselamatkan.

Cerita akhirnya berganti, di mana Blake (Alexandrea Daddario), putri Mike dari pernikahan yang tak bertahan lama dengan Emma (Carla Gugino) menelponnya. Blake meminta Ray datang ke rumah kekasih baru ibunya, Daniel (Ioan Gruffudd), untuk mengantarkan sepeda miliknya.

Setelah selesai, dia mendapat panggilan untuk segera meninggalkan tempat kediamannya menuju Nevada. Di sana terjadi gempa bumi berskala 7.1 SR yang menghancurkan bendungan Hoover dan mengakibatkan seorang ilmuwan, Dr. Kim Park (Will Yun Lee) meninggal.

Sedangkan ilmuwan lainnya, Lawrence (Paul Giamatti) terkejut akan hal ini. Pasalnya gempa yang terjadi di Nevada merupakan ‘tombol start’ gempa lainnya yang akan menuju ke Los Angeles dan San Francisco.

Tanpa tahu akan ancaman yang bakal dialami semua orang di California, Daniel dan Blake bertolak ke San Francisco untuk mendatangi kampus Blake. Namun karena urusan pekerjaan, Blake harus ikut Daniel dulu ke kantornya baru setelahnya mereka akan pergi bersama.

Di kantor Daniel, Blake bertemu dengan seorang pria bernama Ben (Hugo Johnstone-Burt) dan adiknya, Ollie (Art Parkinson). Sedangkan ibu Blake, Emma sedang bertemu dengan mantan istri Daniel, Susan (Kylie Minogue) di sebuah restoran yang berada di lantai teratas sebuah gedung.

Tak lama berselang, gempa pun terjadi. Gempa berkekuatan 9 skala Ritcher menghancurkan seluruh wilayah di Los Angeles dan San Francisco. Ray yang saat itu sedang beroperasi menggunakan helikopter tahu kalau saat itu istrinya dalam bahaya langsung mencarinya.

Masalah yang dihadapi Ray semakin besar saat dirinya tahu kalau keselamatan putrinya juga sedang terancam. Gempa yang mengguncang Los Angeles itu hanyalah permulaan.

4. Film tentang bencana alam: The Day After Tomorrow

The Day After Tomorrow
Source: Tribunnews.com

Nggak asing dengan judul film yang satu ini? Film “The Day After Tomorrow” memang jadi salah satu film tentang bencana alam yang berhasil bikin para penonton merinding. Penggambarannya bener-bener menunjukkan kemurkaan yang ditumpahkan oleh alam kepada manusia yang suka berbuat semena-mena.

Film dibuka oleh adegan terbelahnya dataran es di benua Antartika. Disusul pengumpulan seluruh ilmuwan meteorologis dan geofisika di New Delhi untuk membicarakan masalah pecahnya es di Antartika tersebut yang diakibatkan oleh pemanasan global.

Saat konferensi tersebut selesai, sebuah tempat penelitian iklim di Skotlandia menangkap pemandangan ganjil. Sebuah alat yang berfungsi untuk menangkap suhu air laut turun sebesar 13 derajat Celsius dengan sangat cepat.

Hal ini langsung diberitahukan kepada Jack Hall (Dennis Quaid), seorang paleoclimatologist, yang sudah memprediksi kejadian ini. Tak lama, Jack meresponnya dan mencocokkan dengan data yang ada. Alangkah terkejutnya dia saat melihat hasil penelitiannya, badai besar akan menutup sebagian negara bagian di dunia.

Salah satunya Manhattan, tempat di mana anaknya Sam (Jake Gyllenhaal) bersama kedua temannya, Laura Chapman (Emmy Rossum) dan Brian Pakrs (Arjay Smith) sedang mengikuti dasalomba dengan seluruh sekolah pilihan di Amerika.

Panik, Jack pun berniat menolong Sam yang terperangkap di Manhattan yang kini telah membeku setelah terhantam tsunami setinggi dada patung Liberty. Bergabung dengan Jason Evans (Dash Mihok) dan Frank Harris (Jay O. Sanders), Jack menerjang badai untuk menjemput Sam.

Rentetan kejadian mengerikan namun sarat makna berhasil mengaduk perasaan para penonton. Uniknya, selama pembuatan film ini berlangsung, Roland bersama seluruh kru mengikuti misi pengurangan emisi karbon. Mereka berjanji untuk tetap menjaga tempat yang mereka pakai untuk syuting tetap bersih. Keren!

5. Volcano

Volcano
Source: The Guardian

Nonton film tentang bencana tsunami atau gempa bumi? Udah biasa, tapi gimana kalau kamu nonton film tentang bencana alam yang disebabkan oleh letusan gunung berapi? Membayangkan lava yang panas aja pasti udah bikin kamu merinding pol!

Itulah yang disajikan oleh film degan judul “Volcano” ini. Diceritakan akibat gempa kecil yang terjadi di Los Angeles lahirlah sebuah gunung berapi. Tapi anehnya, gunung berapi ini tidak berdiri di daratan, melainkan berada di bawah tanah.

Kondisi ini sangat berbahaya karena lava panas dari gunung berapi tersebut sewaktu-waktu bisa ke luar dan menghancurkan seisi kota Los Angeles.

Pemerintah yang tadinya enggan mengambil keputusan akhirnya menyadari bahwa semua warga Los Angeles dalam berbahaya. Evakuasi pun segera dilakukan mengingat gempa terus-menerus terjadi dan bisa memicu meletusnya gunung api bawah tanah tersebut.


DI antara kelima film tentang bencana alam di atas, kamu suka yang mana, nih, gaes? Atau kamu suka film Tom Cruise dan lanjut mau nonton aksi-aksinya yang nggak kalah menegangkan, simak sinopsis film “The Last Samurai” sebelum nonton filmnya, yuk!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare