...
gejala kanker otak pada wanita
5-min read

Mengenal Gejala Kanker Otak pada Wanita dan Penyebabnya yang Harus Diwaspadai

gejala kanker otak pada wanita

Simak gejala kanker otak pada wanita dan penyebabnya yang harus kamu hindari berikut ini.

Salah satu ancaman serius bagi kesehatan seseorang tak terkecuali wanita adalah kanker otak, penyakit yang dapat mempengaruhi fungsi otak dan mengancam nyawa. Kali ini Kita bakal bahas secara khusus gejala-gejala kanker otak pada wanita.

Selain gejala, kita juga bakal bahas penyebabnya terlebih dahulu biar bisa kamu hindari sebelum terkena. Siapkan dirimu untuk meningkatkan pengetahuanmu tentang penyebab dan gejalanya!

Penyebab Kanker Otak pada Wanita

Selain gejala awal kanker payudara, kamu juga juga harus waspada terkait adanya kemungkinan gejala kanker otak pada wanita. Penyakit ini nggak mengenal usia maupun jenis kelamin. Untuk itu, penting buat kita mengetahu penyebab dari penyakit yang satu ini terlebih dahulu.

1. Faktor genetik

Faktor genetik dapat memainkan peran penting dalam risiko kanker otak. Beberapa kelainan genetik, seperti neurofibromatosis tipe 1 dan 2, sindrom Li-Fraumeni, dan sindrom von Hippel-Lindau, telah terkait dengan peningkatan risiko kanker otak. Jika ada riwayat keluarga dengan kasus kanker otak, risiko kemungkinan juga dapat meningkat.

2. Radiasi

gejala kanker otak pada wanita
Source: Britannica

Paparan radiasi ionisasi, terutama dalam dosis tinggi, dapat meningkatkan risiko kanker otak. Ini dapat berasal dari pengobatan radiasi sebelumnya, terutama pada anak-anak, atau dari paparan radiasi di tempat kerja atau lingkungan sehari-hari.

3. Usia

Risiko kanker otak cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Meskipun dapat terjadi pada semua kelompok usia, kasus kanker otak biasanya lebih umum terjadi pada orang dewasa muda hingga paruh baya.

Info wajib baca: Cara Menghitung BB Ideal untuk Laki-Laki dan Perempuan yang Tepat

4. Paparan bahan kimia beracun

Kontak jangka panjang dengan bahan kimia beracun seperti pestisida, pelarut industri, dan zat kimia lain yang digunakan dalam lingkungan kerja atau rumah tangga dapat berkontribusi pada risiko kanker otak.

5. Gaya hidup dan faktor kesehatan

Gaya hidup juga dapat memainkan peran dalam risiko kanker otak. Merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, pola makan yang buruk, dan kekurangan aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kanker otak.

Gejala Kanker Otak pada Wanita

Kanker otak adalah jenis kanker yang bermula dari pertumbuhan sel-sel abnormal dalam otak. Gejala kanker otak dapat sangat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan jenis kanker otak yang terjadi.

Meskipun gejala kanker otak pada wanita mirip dengan gejala pada pria, penting untuk diingat bahwa respons tubuh wanita terhadap penyakit ini dapat berbeda.

Pemahaman mengenai gejala kanker otak pada wanita adalah kunci untuk mendeteksi penyakit ini secara dini dan mengambil tindakan yang tepat. Berikut ini adalah gambaran umum tentang gejalanya yang banyak ditemukan:

1. Sakit kepala yang persisten dan parah

Sakit kepala adalah salah satu gejala paling umum dari kanker otak. Wanita yang menderita kanker otak sering mengalami sakit kepala yang berat dan tidak mereda meski telah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Sakit kepala ini seringkali terjadi di pagi hari atau terbangun dari tidur malam, dan mungkin disertai muntah.

2. Perubahan perilaku dan kognitif

Kanker otak dapat memengaruhi fungsi kognitif, emosi, dan perilaku. Wanita yang terkena kanker otak mungkin mengalami perubahan kepribadian yang drastis, kesulitan berbicara atau memahami bahasa, serta masalah memori dan konsentrasi yang semakin buruk.

Wanita dengan kanker otak juga dapat mengalami perubahan perilaku dan mental seperti perubahan mood, depresi, kebingungan, atau kesulitan berkonsentrasi. Ini disebabkan oleh interaksi tumor dengan area otak yang mengendalikan emosi dan kognisi.

3. Gangguan penglihatan

gejala kanker otak pada wanita
Source: KlikDokter

Tumor otak yang terletak di dekat atau di daerah mata dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti penglihatan ganda, penglihatan kabur, atau hilangnya sebagian penglihatan. Gejala ini bisa terjadi pada satu atau kedua mata.

Info wajib baca: 10 Obat Alami untuk Luka di Payudara, Mudah dan Ampuh!

4. Gangguan motorik

Tumor otak yang memengaruhi area motorik otak dapat menyebabkan gangguan dalam gerakan tubuh. Wanita mungkin mengalami kesulitan berjalan, koordinasi buruk, atau lemah pada satu sisi tubuh.

Wanita dengan kanker otak juga mungkin mengalami gangguan keseimbangan, pusing yang berlebihan, atau kesulitan dalam melakukan gerakan yang memerlukan koordinasi tubuh yang baik.

5. Kejang serta mual dan muntah

Kejang dapat menjadi gejala kanker otak, terutama jika tumor mempengaruhi area yang mengendalikan aktivitas listrik di otak. Gejala kejang yang tidak biasa atau berulang pada wanita perlu segera dibawa agar bisa langsung diperiksa oleh tenaga medis.

Gejala mual dan muntah juga sering terjadi pada penderita karena peningkatan tekanan dalam otak akibat tumor. Mual dan muntah juga bisa menjadi tanda-tanda meningkatnya tekanan intrakranial.


Selain mengetahui penyebab dari kanker otak yang terjadi pada wanita dan gejala-gejala umum yang mungkin muncul, penting juga untuk mengetahui penyebab dada kiri sakit pada wanita yang mungkin bisa jadi juga merupakan tanda penyakit yang serius.

Intinya, kita harus senantiasa menjaga kesehatan biar terhindar dari berbagai penyakit, dan kalau bisa segera periksakan ke dokter jika kamu merasa kurang yakin dan butuh penjelasan lebih lanjut.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare