...
gunung di sumatera
5-min read

Ternyata, Ini 11 Gunung di Sumatera yang Tertinggi, Apa Saja?

gunung di sumatera

Siapa di sini yang orang Sumatera? Yuk, intip gunung tertinggi di Sumatera ini!

Sumatera, salah satu pulau terbesar di Indonesia, tidak hanya dikenal karena pantai-pantai eksotisnya. Akan tetapi, juga karena rangkaian gunung-ggunung yang menghiasi pemandangannya.

Dengan lanskap yang beragam, mulai dari gunung berapi aktif hingga puncak-puncak yang menjulang tinggi. Dan Sumatera adalah surga bagi para pencinta alam dan pendaki gunung.

Pada artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa gunung yang paling mencolok atau tertinggi di pulau Sumatera. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, cari tahu lengkapnya di sini!

Info wajib baca: Ternyata, Jagung Manis Rebus Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, lho | Ini Buktinya!

Gunung di Sumatera

Ada beberapa gunung yang paling mencolok dan tertinggi di pulau Sumatera. Berikut di antaranya:

1. Gunung Kerinci

Source: Wikipedia

Tidak ada gunung di Sumatera yang lebih ikonik dan dihormati daripada Gunung Kerinci. Terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera dan juga merupakan puncak tertinggi di seluruh Indonesia bagian barat.

Dengan ketinggian mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut. Selain itu, puncak Gunung Kerinci dapat menembus awan, menawarkan pemandangan yang menakjubkan bagi para pendaki yang berani menaklukkannya.

2. Gunung Leuser

Gunung Leuser adalah gunung berapi yang terletak di Provinsi Aceh. Meskipun ketinggiannya (3.445 meter di atas permukaan laut) tidak setinggi Gunung Kerinci, Gunung Leuser memiliki daya tarik sendiri yang membuatnya menjadi tujuan yang menarik bagi pendaki dan peneliti alam.

Terkenal karena menjadi bagian dari Kawasan Konservasi Leuser, yang merupakan salah satu hutan hujan terakhir di Sumatera. Di sekitar gunung menjadi Taman Nasional Gunung Leuser dan memiliki status nasional.

3. Gunung Dempo

Gunung Dempo terletak di Provinsi Sumatera Selatan dan memiliki ketinggian sekitar 3.173 meter di atas permukaan laut. Meskipun ketinggiannya tidak sebanding dengan Gunung Kerinci, Gunung Dempo memiliki pesona yang unik dan menawarkan pengalaman mendaki yang menarik.

Gunung ini masih statusnya masih aktif hingga sekarang. Gunung Dempo dikenal sebagai kawasan penghasil kopi robusta yang populer di Kota Pagaralam, lho.

4. Gunung Bandahara

Source: elevation.maplogs.com

Gunung Bandahara adalah salah satu gunung yang mungkin kurang dikenal oleh banyak orang, tetapi itu tidak berarti keindahannya kurang menakjubkan. Ketinggiannya sekitar 3.030 meter di atas permukaan laut. Terletak di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Gunung ini menjadi gunung tertinggi kedua, setelah Gunung Leuser di Aceh.

5. Gunung Talamau

Gunung Talamau terletak di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dan empunyai ketinggian sekitar 2.912 meter di atas permukaan laut. Meskipun ketinggiannya ini lebih rendah daripada beberapa gunung lainnya di Sumatera, keindahannya tidak boleh diabaikan. Gunung ini biasa digunakan sebagai jalur pendakian, dan daya tarik wisata lain seperti air terjun dan telaga yang jadi daya tarik wisata.

6. Gunung Marapi

Gunung Marapi terletak di Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kotamadya Padang Panjang. Memiliki ketinggian sekitar 2.891 meter di atas permukaan laut. Meskipun bukan gunung tertinggi di Sumatera, Gunung Marapi adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan patut diwaspadai.

Info wajib baca: Weton Rabu Pahing, Intip Karakter hingga Rezeki Kamu di Sini!

7. Gunung Singgalang

Gunung Singgalang adalah gunung api yang masih aktif hingga kini dan terletak di ketinggian 2.877 mdpl. Berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, gunung ini berada di jalur bukit barisan dan berdekatan dengan Gunung Tandikat maupun Gunung Marapi.

8. Gunung Geureudong

Gunung yang masuk dalam kategori gunung tertinggi di Aceh ini mempunyai ketinggan sekitar 2.885 mdpl. Selain itu, gunung ini juga dijadikan salah satu tujuan para pendaki yang ingin menaklukkan puncaknya.

Jalur pendakian gunung ini melewati Desa Bukit Mulie yang jaraknya sekitar 6-7 km dari Gunung Geureudong. Walaupun jauh, gunung ini mempunyai pemandangan alam yang indah banget, lho.

9. Gunung Perkison

Source: Trip Trus

Gunung perkison memiliki ketinggian 2.828 mdpl. Menariknya, gunung ini mulanya adalah gunung dengan status aktif, dan kemudian kini telah mati.

Lokasinya berada 30 km ke arah barat laut kota Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara. Gunung ini juga punya pemandangan yang menarik untuk dilihat dari puncaknya.

10. Gunung Sinabung

Memiliki ketinggian 2.475 meter di atas permukaan laut, pegunungan ini Sinabung terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Meskipun berstatus aktif, namun gunung Sinabung tetap menjadi tujuan populer yang ada di Kabupaten Karo, Sumatera utara. Pada 2021, Gunung Sinabung sempat meletus dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 5.000 meter dan membuat masyarakat di sekitar menjadi khawatir.

11. Gunung Kaba

Gunung dengan status aktif ini terletak di Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu yang emiliki ketinggian 1.952 meter di atas permukaan laut. Dari Kota Curup, gunung ini berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 km. Mulanya, lokasi di sekitar Gunung Kaba merupakan salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia.


Nah, itulah sebelas gunung di Sumatera yang tertinggi, dari yang masih aktif hingga yang sudah tidak aktif. Selain sebelas gunung tersebut, masih ada banyak gunung lainnya, lho. Punya info ada gunung apa lagi? Share di kolom komen, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare