...
istilah saham
5-min read

Wajib Tahu! Ini 11 Istilah Saham yang Harus Kamu Ingat

istilah saham

Apa, sih, yang dimaksud dengan istilah saham? Yuk, pelajari berikut ini!

Untuk kamu yang ingin terjun ke dunia pasar saham atau mau berinvestasi, sangat diwajibkan terlebih dahulu untuk mengenal istilah saham itu apa. Karena jika kamu tidak tahu istilah saham itu, maka kamu bisa dianggap kudet, alias kurang update.

Terdapat beberapa istilah saham yang penting untuk kamu ketahui, mulai dari arti dan kegunaan itu sendiri. Terutama untuk para investor muda atau pemula yang ingin mulai investasi.

Nah, untungnya pada artikel ini akan membahas mengenai istilah saham itu apa. Mau tahu apa saja? Cek yang berikut ini ya.

Info wajib baca: Cari Investasi yang Aman dan Terpercaya? Cek Aplikasi Investasi IPOT, Kini Tanpa Registrasi!

Istilah Saham

istilah saham
Source: Glints

Berikut ini beberapa istilah yang perlu kamu tahu, yakni di antaranya:

1. Bursa efek

Pertama ada bursa efek, ini adalah istilah saham pertama yang harus kamu ketahui. Bursa Efek adalah pihak yang menyediakan sistem dan sarana untuk melangsungkan perdagangan saham, menurut OJK-Pedia.

Penawar, atau penjual, dan pembeli efek menggunakan sistem dan alat bursa efek. Bursa efek juga memiliki sebutan lain, seperti bursa saham dan pasar saham.

2. Buy & sell

Istilah yang kedua ini digunakan untuk menggambarkan proses pembelian dan penjualan saham. Investor menentukan kapan proses ini dilakukan.

Masuk ke bursa efek dan membeli lembar saham berarti membeli saham. Ada berbagai alasan mengapa orang menjual atau menjual kembali saham mereka. Ada yang menjual saham karena tren menurun, membutuhkan dana, atau karena sesuai dengan strategi investor.

3. Indeks harga saham, jadi istilah saham

Indeks harga saham adalah jargon saham berikutnya. Ini adalah angka yang menunjukkan harga rata-rata dari semua perusahaan yang termasuk dalam indeks tersebut.

Indeks ini sangat penting untuk diketahui, terutama oleh para calon investor. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa calon investor membutuhkan gambaran tentang bagaimana perusahaan publik yang mereka inginkan untuk investasi beroperasi. Ada kurang lebih 34 indeks harga saham yang tersedia di Bursa Efek Indonesia (BEI).

4. Capital gain

Mencari keuntungan adalah tujuan utama setiap investor ketika mereka berinvestasi. Jadi, keuntungan modal adalah istilah saham yang menggambarkan keuntungan modal investor.

Cara menghitung capital gain adalah dengan mencari selisih dari harga jual dan harga beli saham.

5. Capital loss

Istilah berikutnya merupakan jargon saham yang paling dihindari oleh para investor. Karena itu, kerugian modal didefinisikan sebagai kerugian modal investor.

Jika seorang investor menjual saham dengan harga yang lebih rendah daripada harga belinya, mereka mengalami kehilangan modal.

6. Dividen

Istilah ini harus kamu ketahui ketika kamu mulai berinvestasi. Dividen adalah keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan dan didistribusikan kepada para pemegang saham.

Kebijakan masing-masing perusahaan menentukan bagaimana dividen dibagi dan berapa banyak yang akan diterima, baik dalam bentuk uang maupun saham. Sebagai contoh, kamu membeli saham perusahaan dan kemudian perusahaan tersebut mendapatkan laba atau keuntungan pada akhir tahun.

7. Istilah saham: deposit

Ketika kamu ingin berinvestasi dalam saham, kamu harus melakukan deposit, yang sama dengan menabung di bank. Istilah deposit ini digunakan untuk menggambarkan penyimpanan uang ke rekening saham.

Rekening saham ini juga disebut Rekening Dana Nasabah (RDN). Tergantung pada saham yang akan dibeli, para investor harus memasukkan jumlah minimum uang ke dalam rekening ini.

8. Rapat umum tahunan

Sangat penting untuk memahami istilah-istilah saham ini saat pertama kali terjun ke dunia investasi saham. Rapat umum tahunan diadakan setiap tahun untuk melaporkan hasil usaha tahun buku sebelumnya kepada pemegang saham.

Pemegang saham, direksi perusahaan, dan komisaris perusahaan berpartisipasi dalam pertemuan ini. Rapat ini bertujuan untuk menetapkan kebijakan perusahaan untuk tahun buku mendatang selain melaporkan hasil usaha tahun buku sebelumnya.

Info wajib baca: Ini Lirik Lagu dan Makna November Rain dari Guns N’ Roses yang Legendaris

9. Istilah saham: Lelang

Pasar saham berikutnya adalah “lelang.” Istilah ini hampir sama dengan “lelang” secara umum. Menurut OJK-Pedia, istilah “lelang” digunakan untuk menjual saham di bursa efek.

Harga awal yang diinginkan dapat ditawarkan oleh penjual saham. Namun, penjual dapat melakukan lelang turun jika tidak ada pembeli yang tertarik untuk membeli. Penjual juga dapat menurunkan harga saham sampai pembeli dan penjual mencapai kesepakatan.

10. Emiten

Istilah “emiten” mengacu pada pihak yang memperoleh dana dari pasar modal. Dana tersebut diperoleh dengan cara menerbitkan dan menjual efek ke publik atau masyarakat umum.

Ini dapat mencakup hal-hal seperti saham, obligasi, dan lainnya. Ini juga dapat berupa perusahaan atau individu, organisasi, atau kelompok.

11. LQ45 index

Daftar saham terakhir yang perlu kamu ketahui adalah indeks Liquid 45 atau LQ45. Menurut Bursa Efek Indonesia, LQ45 terdiri dari 45 emiten dengan likuiditas tertinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa ke-45 emiten tersebut memiliki penjualan dan pembelian tertinggi di pasar modal.


Itulah dia pembahasan mengenai istilah saham yang harus kamu ketahui. Gimana? Apakah kamu sudah paham mengenai istilah saham ini? Yuk, coba tinggal komentar di bawah. Selain itu, kamu juga bisa cari investasi yang aman dan terpercaya disini.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare