...
brand lokal
5-min read

5 Brand Lokal Makanan yang Mendunia, Pernah Salah Kira?

brand lokal

Banyak brand lokal makanan yang sering dianggap berasal dari luar negeri!

Indonesia ternyata memiliki banyak sekali brand yang nggak hanya populer di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri. Salah satunya adalah produk makanan dengan kualitas yang nggak main-main.

Bahkan, di antara produk lokal ini diminati di negara-negara lain, hingga banyak yang mengira brand tersebut merupakan buatan luar negeri. Nggak percaya?

Sebelum kepoin deretan produknya, coba di antara La Fonte, J.Co, dan Silverqueen, mana yang produk lokal Indonesia? Hayo, sudah tahu?

Daftar Brand Makanan Lokal yang Mendunia

Source: Akurat.com

Mungkin dari salah satu brand tersebut, ada yang kamu kira produk impor. Padahal nih, semua produk di atas asli lokal, lho. Yuk, simak cerita selengkapnya di bawah. Nggak hanya Indomie saja yang terkenal!

Info wajib baca: Daftar Produk Skincare Lokal Terbaik, Mana Pilihanmu?

1. Brand lokal makanan, Silverqueen

Merek cokelat ternama di Indonesia ini dengan mudah bisa kamu jumpai di minimarket hingga supermarket. Kemasan produk yang keren, deskripsi pada kemasan menggunakan bahasa Inggris, serta memiliki nama yang kebarat-baratan membuat Silverqueen sering dikira merek luar.

Kamu percaya atau nggak, produk Silverqueen bersama dengan Ceres dan Chunky Bar dibuat oleh PT Petra Foods di Garut. Ternyata di balik nama brand ini ada ceritanya, lho.

Tahun 1942 lalu, ketika Jepang menjajah Indonesia, ada orang Belanda yang memiliki pabrik cokelat di Indonesia ingin kabur. Ia meninggalkan pabriknya di Garut dan menjualnya.

Barulah tahun 1950, pabrik tersebut memulai produksi cokelat batang yang diberi nama Silverqueen. Produk-produk dari perusahaan ini dipasarkan ke 17 negara lain.

2. J.Co

Apa kamu suka dengan dona merek J.Co? Donat yang memiliki banyak pilihan topping ini semakin terkenal, bahkan sampai membuat nama ini tampak berasal luar negeri.

Meski banyak yang mengira produk luar, nyatanya pemilik J.Co adalah seorang pengusaha yang lebih dikenal dengan usaha potong rambutnya, yaitu Johny Andrean.

Brand lokal Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 2005 lalu. J.Co membuat outlet pertamanya di Supermall Karawaci. Sampai saat ini, outlet J.Co teruse berkembang hingga ke luar negeri, seperti China, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Kualitas rasa donat dan olahan kopi J.Co sukses di pasar lokal maupun internasional.

Info wajib baca: Tempat Menarik di Kuningan City Mall yang Bisa Kamu Kunjungi

3. La Fonte

Kamu penggemar pasta? Pasti sudah nggak asing dengan merek La Fonte, kan? Jangan terkecoh, produk satu ini bukan berasal dari Italia, melainkan buatan lokal.

FYI, La Fonte masih satu produsen dengan produk Indomie milik Indofood. La Fonte bahkan sudah diproduksi sejak tahun 1991.

Kini, pasta buatan lokal ini nggak hanya terkenal di negeri sendiri saja, malah sampai menembus pasar dunia dan diekspor ke lebih dari 20 negara. Sebut saja Hongkong, Thailand, Korea, Filipina, dan Malaysia.

4. Hoka-Hoka Bento

Dikenal sebagai makanan cepat saji ala Jepang, nyatanya Hoka-Hoa Bento merupakan brand lokal asal Jakarta. Brand yang disingkat Hokben ini diciptakan oleh PT Eka Boga Inti tahun 1985 silam.

Kalau dalam bahasa Jepang, ‘Hoka-Hoka Bento’ dapat diartikan sebagai ‘makanan hangat dalam boks’. Asal nama tersebut dari konsep brand mereka yang menyajikan makanan cepat saji khas Jepang.

Hingga saat ini Hoka-Hoka Bento telah memiliki lebih dari 350 gerai yang tersebar di kota-kota di Indonesia.

5. Brand lokal makanan, CFC

Dari namanya, CFC atau California Fried Chicken pasti kamu mengira bahwa restoran ini berasal dari luar negeri dan menjadi saingan KFC. Padahal, CFC dikelola oleh PT Pioneerindo Gourmet Tbk sejak tahun 1983, perusahan asal Indonesia.

Restoran cepat saji ini telah memiliki ratusan outlet yang tersebar di banyak kota Indonesia. Jadi salah satu yang populer, lho!


Itulah beberapa daftar brand makanan yang selama ini kamu sangka dari luar ternyata berasal dari negeri sendiri. Gimana, sudah percaya?

Produk-produk Indonesia bisa bersaing juga di kancah internasional, keren~ Apa ada produk makanan lokal lainnya yang mendunia?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare