...
jenis-jenis celana
5-min read

11 Jenis-jenis Celana yang Pernah Ada, Favoritmu yang Mana, nih?

jenis-jenis celana

Ternyata ada jenis-jenis celana yang pernah ada selama ini. Yuk, cari tahu lengkapnya di sini!

Salah satu aspek yang menentukan penampilan seseorang adalah pakaiannya, seperti baju, sepatu, hingga celana. Celana juga memiliki beragam jenis berdasarkan bahan, tampilan, model, hingga cutting-nya.

Ada banyak sekali jenis-jenis celana yang pernah ada dan digunakan untuk aktivitas dan gaya berpakaian tertentu. Jika kamu merasa memiliki celana yang itu-itu saja yang dipakai untuk segala aktivitas, berikut ini ada jenis-jenis celana yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan, bisa pria maupun wanita!

Info wajib baca: 7 Tanaman Hias Merambat yang Mudah Tumbuh di Rumah dan Bikin Cantik

Jenis-jenis Celana

Celana adalah salah satu pakaian paling serbaguna dalam lemari pakaian kita. Mereka datang dalam berbagai bentuk, model, dan bahan, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk berbagai kesempatan. Berikut beberapa jenis celana yang pernah ada selama ini:

1. Celana jeans

Source: Grid.ID

Celana jeans adalah salah satu jenis celana yang paling populer di seluruh dunia. Mereka terbuat dari denim, sebuah kain yang kuat dan tahan lama yang diproduksi dari kapas yang dipres dengan mesin.

Celana jeans memiliki berbagai macam model, yakni skinny jeans, boyfriend jeans, dan mom jeans. Celana jeans cocok untuk hampir setiap kesempatan, dari acara kasual hingga yang lebih formal, tergantung pada gaya dan aksesoris yang kamu padukan.

2. Celana chino

Celana chino adalah alternatif yang lebih ringan dan nyaman dibandingkan dengan celana jeans. Mereka terbuat dari katun dan memiliki model yang mirip dengan celana jeans, tetapi lebih halus dan lembut.

Selain itu, juga dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, termasuk acara semi-formal atau santai. Untuk tampilan yang lebih formal, gunakan blazer atau kaos.

3. Celana formal

Celana formal adalah pilihan yang tepat untuk acara-acara resmi seperti pertemuan bisnis, pernikahan, atau wawancara kerja. Mereka terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti wol atau linen, dan umumnya memiliki potongan lurus yang pas di tubuh.

Celana formal ini menjadi bagian penting dari setelan jas formal. Biasanya celana formal digunakan untuk keperluan-keperluan yang sifatnya formal dan resmi, seperti ke kantor. Dan celana formal biasanya dibagi dua, yaitu plain dan pleated.

4. Celana olahraga

Celana olahraga dirancang khusus untuk kegiatan fisik. Mereka terbuat dari bahan yang nyaman, seperti katun atau polyester, yang menyerap keringat dengan baik.

Celana olahraga biasanya memiliki potongan longgar untuk memungkinkan pergerakan yang leluasa. Ini adalah pilihan yang tepat untuk berolahraga, jogging, atau yoga.

5. Celana pendek

Source: IDN Times

Celana pendek adalah pilihan yang sempurna untuk cuaca panas atau acara santai seperti piknik, liburan pantai, atau berolahraga di luar ruangan. Mereka memiliki panjang di atas lutut dan tersedia dalam berbagai bahan, termasuk katun dan denim.

Dengan menggunakan celana pendek ini aktivitas kita biasanya akan teras lebih nyaman. Selain itu, juga tidak akan membuat kita kegerahan.

Info wajib baca: 10 Oleh-oleh Karawang yang Wajib Dibeli dan Populer | Ada Bolu Kijing

6. Celana kulot

Celana kulot memiliki potongan yang lebar dan longgar dengan potongan yang lebih pendek di atas pergelangan kaki. Sangat nyaman dan cocok untuk cuaca hangat, celana kulot ini dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, dari kasual hingga semi-formal, tergantung pada bahan dan gaya desainnya.

7. Celana palazzo

Celana palazzo adalah celana panjang dan longgar yang memiliki potongan lebar mulai dari pinggang hingga pergelangan kaki. Palazzo sering dianggap sebagai celana yang chic dan elegan, dan cocok untuk acara-acara formal atau semi-formal.

Selain itu, celana ini bergaris rancang lebar dan longgar sehingga memiliki ruang leluasa untuk kaki kamu. Yup, celana ini akan terasa nyaman dipakai dibandingkan celana jeans!

8. Celana cargo

Source: Hipwee

Celana cargo memiliki banyak saku yang berguna dan sering digunakan oleh mereka yang aktif di luar ruangan atau dalam pekerjaan yang memerlukan banyak alat. Cargo memiliki potongan longgar dan kuat, membuatnya nyaman untuk bergerak.

Karena celana cargo dahulunya sering dipakai oleh anggota militer, celana ini juga memiliki unsur untuk pakaian outdoor atau adventure. Celana ini cocok dengan atasan seperti kaos, sweater, atau hoodie. Kamu kemudian bisa memakainya dengan sepatu boots atau sneakers.

9. Celana corduroy

Bahan yang digunakan dalam jenis celana pria berikut ini sangat berbeda. Celana corduroy terbuat dari kain yang dipuntir dari serat kapas yang tebal dan halus.

Dengan celana corduroy, kamu dapat menggabungkannya dengan atasan seperti kaos, kemeja, atau sweater. Untuk sepatu, kamu dapat menggunakan sepatu kulit, loafers, atau sneakers.

10. Celana joger

Dalam beberapa tahun terakhir, celana joger telah menjadi tren di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ciri khas dari celana ini adalah karet di bagian bawah kaki.

Kelihatannya seperti memakai celana skinny, tetapi tidak terlalu ketat di pinggul, paha, dan betis. Bagi yang mengenakan celana joger, biasanya sering melakukan aktivitas sehari-hari yang santai, seperti jalan-jalan atau berolahraga.

Selain itu, perhatikan pemilihan sepatu kamu saat memakainya. Pastikan celana joger kamu dan sepatu kamu cocok satu sama lain, baik dari warna maupun model sepatunya.

11. Celana drawstring

Jenis celana pria drawstring tampak seperti celana joger, tetapi pinggangnya dilengkapi dengan tali dan karet elastis di bagian pinggang. Dengan menarik atau mengulur tali, celana drawstring dapat dilonggarkan atau dikencangkan.

Banyak orang mengenakan celana ini saat berolahraga, bersantai, atau hanya jalan-jalan. Celana drawstring cocok dengan atasan, kaos, dan sepatu olahraga. Selain itu, juga cocok dengan hoodie atau sweater, lho.


Nah itulah jenis-jenis celana dengan berbagai bahan, model, dan bentuk kaki yang berbeda-beda. Kira-kira mana yang kamu inginkan dari koleksi celana tersebut? Share di kolom komen di bawah, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare