...
kerajinan kulit jagung
5-min read

8 Contoh Kerajinan Kulit Jagung Karya Indonesia yang Bikin Takjub

kerajinan kulit jagung

Kerajinan kulit jagung sudah menghasilkan barang-barang yang bikin bangga!

Apa sih kerajinan kulit jagung itu? Jadi, kerajinan kulit jagung itu merupakan barang yang dihasilkan dengan keterampilan tangan yang memanfaatkan bahan kulit jagung.

Kulit jagung yang sudah diambil dari buahnya biasanya hanya digunakan sebagai pakan ternak atau dibuang sebagai limbah organik. Meskipun kulit itu sebenarnya bisa menjadi barang yang lebih berharga.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh dari kerajinan kulit jagung yang mempunyai hasil akhir yang luar biasa. Mau tahu apa? Yuk, simak di bawah ini!

Info wajib baca: Karakter Sifat Zodiak Taurus, Selektif dalam Berteman?

Contoh Kerajinan Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
Source: Kumparan

Bentuk dan gaya kerajinan kulit jagung sangat beragam, tergantung pada kreatifitas dan keahlian pengrajin. Berikut adalah beberapa contoh yang luar biasa:

1. Tempat tisu salah satu contoh kerajinan kulit jagung

Kamu dapat membuat tempat tisu cantik ini jika kamu ingin membuat barang yang pasti berguna di rumah. Kerajinan tempat tisu dari kulit jagung dapat dibuat dengan menambahkan hiasan.

Kamu hanya perlu memotong bahan menggunakan gunting dan membentuknya sesuai keinginan kamu. Selain itu, kulit jagung dapat digulung dan ditempelkan untuk membentuk garis-garis yang indah.

2. Bingkai foto

Bingkai kulit jagung adalah hiasan dinding yang cantik dan unik. Selain itu, bingkai ini bisa digunakan sebagai hiasan dinding atau sebagai hadiah untuk orang yang kita sayangi.

Bahan untuk bingkai foto ini sama dengan bahan lainnya, hanya saja kertas karton ditambahkan. Cara melakukannya adalah dengan menyiapkan kertas karton dengan pola yang ingin kamu gunakan. Lalu, warnai kulit jagung dan keringkan sebelum ditempelkan dengan lem.

3. Kipas tangan

Kipas tangan mungkin tidak lagi digunakan sebagai pengusir gerah, tetapi mereka masih dicari karena bentuknya yang unik dan nilai seninya. Selain itu, kipas kulit jagung ini biasanya diberikan sebagai suvenir pernikahan.

Cara membuat kipas dari kulit jagung cukup mudah. Kita hanya perlu membuat kerangka kipas terlebih dahulu, lalu kulit jagung yang sudah dikeringkan diletakkan pada kerangka.

4. Boneka

Kita bisa membuat boneka kulit jagung dengan mudah di rumah. Boneka kulit jagung tidak membutuhkan banyak alat, berbeda dengan seni lain yang membutuhkan banyak peralatan.

Namun, jangan berharap kita membuat boneka berukuran besar. Boneka dari kulit jagung biasanya berukuran kecil dan biasanya digunakan sebagai hiasan. Jangan lupa untuk menambah aksesori untuk membuatnya lebih cantik.

5. Vas bunga contoh kerajinan kulit jagung

SSelanjutnya adalah vas bunga. Caranya sama seperti membuat tempat pensil.

Kamu bisa membuat bagian dalam vas bekas atau vas polos dan melapisi bagian luarnya dengan kulit jagung. Jika kamu ingin membuat bentuk yang lebih besar, kamu juga bisa membuat kotak sampah dari kulit jagung dengan cara yang sama.

6. Tas tenteng

Kulit jagung dan kain dapat digunakan untuk membuat tas. Selain itu, teknik yang digunakan dapat beragam, seperti teknik anyam.

Kain perca, cat pernis, benang, jarum, dan gunting adalah bahan dan alat yang digunakan selain kulit jagung. Kulit jagung harus dicuci sampai bersih sebelum dikeringkan.

Bentuk kulit jagung menjadi gulung, celupkan pada pewarna, dan kemudian rangkai dengan benang dan tempelkan pada permukaan tas yang terbuat dari kardus atau kain perca.

Info wajib baca: Mengenal Senam Lantai: Pengertian, Sejarah, dan Contoh Gerakannya

7. Hiasan bunga

Dengan guratan dan tekstur kasarnya, jagung cocok untuk bunga hiasan di rumah. Kamu dapat membentuknya menjadi bunga apa saja, seperti tulip atau mawar.

Kamu hanya memerlukan alat-alat yang biasanya ada di rumah, seperti gunting dan kawat, untuk membuatnya. Untuk membuatnya lebih cantik, tambahkan aksesori dan kreativitas kalian.

8. Tempat pensil salah satu contoh kerajinan kulit jagung

Tempat pensil yang terbuat dari kulit jagung dapat dikombinasikan dengan kaleng bekas di bagian dalamnya. Saat membuat kerajinan ini, kamu dapat menggunakan lem untuk merekatkan kulit.

Kamu juga membutuhkan kaleng dan benang untuk menghiasnya. Pertama-tama, keringkan kaleng bekas. Kemudian, letakkan kulit jagung di atasnya.

Untuk menghiasnya, lilitkan benang di sekitarnya. Agar membuatnya lebih menonjol, tempelkan aksesori sesuai keinginan kamu dan tempat pensil kulit jagung siap.

Manfaat Kerajinan Kulit Jagung

kerajinan kulit jagung
Source: Hipwee

Selain ada beberapa contoh dari kerajinan kulit jagung, ada juga beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui. Berikut di antaranya:

1. Meningkatkan nilai ekonomis limbah pertanian

Kerajinan kulit jagung adalah salah satu manfaat utamanya karena dapat meningkatkan nilai ekonomi limbah pertanian. Sebagian besar kulit jagung dibuang setelah dimasak, tetapi dengan mengubahnya menjadi produk kerajinan yang menarik.

Dapat mengubah limbah menjadi barang yang memiliki nilai jual. Petani dan komunitas pertanian dapat memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan tambahan.

2. Menciptakan lapangan kerja

Proses pembuatan ini melibatkan berbagai tahap, seperti pengumpulan, pembersihan, pewarnaan, pemotongan, dan penyatuan. Ini menciptakan peluang kerja baru, terutama di daerah pedesaan di mana pertanian adalah mata pencaharian utama.

Selain itu dapat memberikan pendapatan kepada para pengrajin dan membantu mengurangi tingkat pengangguran.

3. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan

Membuat kerajinan kulit jagung membutuhkan kreativitas dan keterampilan. Pengrajin harus memikirkan desain, warna, dan detail-detail hiasan.

Proses ini dapat membantu meningkatkan keterampilan tangan, seperti merajut, menganyam, dan mengukir. Ini adalah cara yang baik untuk mempromosikan kreativitas dan seni dalam komunitas.

4. Menjaga kesehatan lingkungan

Hal ini adalah contoh nyata upaya daur ulang dan penggunaan kreatif limbah pertanian. Dengan mengubah limbah menjadi barang bernilai, kita mengurangi jumlah limbah yang dibuang ke lingkungan.

Hal ini berkontribusi pada pelestarian alam dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.


Nah, itulah beberapa contoh kerajinan kulit dari jagung yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Di antara kedelapan kerajinan di atas, kamu pernah bikin yang mana? Yuk, coba komen di bawah.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare