...
keunikan pakaian adat jawa barat
5-min read

Elegan dan Memikat: Lima Jenis dan Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat

keunikan pakaian adat jawa barat

Udah tau jenis dan keunikan pakaian adat Jawa Barat ini, belum?

Sunda atau Jawa Barat, adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi. Diantaranya adalah keunikan pakaian adat Jawa Barat yang memikat hati siapa saja yang melihatnya.

Beragam jenis pakaian adat khas Sunda memiliki ciri khas masing-masing, mulai dari warna-warni cerah hingga desain elegan yang terinspirasi dari alam sekitar. Simaklah lima jenis pakaian adat khas Sunda berikut ini untuk mengetahui lebih dalam tentang keindahan dan kemegahan budaya tersebut!

Sejarah Pakaian Adat Jawa Barat

keunikan pakaian adat jawa barat
Source: Orami

Pakaian adat Jawa Barat punya sejarahnya tersendiri dari masing-masing bajunya. Salah satu sejarahnya adalah, pakaian adat dari daerah ini pernah digunakan sebagai penunjuk status sosial seseorang, mulai dari bangsawan sampai rakyat biasa.

Baju yang biasa dikenakan oleh bangsawan laki-laki Jawa Barat biasaya berupa jas yang berbahan beludru warna hitam, dengan sulaman emas yang menghiasi. Selain itu, kain dodot juga digunakan sebagai bawahan, kain ini biasanya bermotif parang rusak.

Selain menggunakan atasan dan bawahan tadi, para bangsawan laki-laki juga menggunakan aksesori seperti sabuk baik biasa ataupun emas, iket sebagai tutup kepala, dan juga selop hitam.

Sedangkan untuk para bangsaawan perempuan, biasanya menggunakan kebaya dengan bahan beludru hitam dan benang emas yang jadi hiasannya, kain kebat motif mereng yang jadi bawahannya, serta selop beludru hitam berhiaskan manik atau sulaman emas.

Yang jadi ciri khas bangsawan perempuan pada masa itu selain pakaiannya, juga aksesori yang digunakan, biasanya para bangsawan perempuan akan memakai berbagai hiasan bertatakan berlian.

Untuk lapisan masyarakat biasa, ada satu pakaian adat yang resmi dan kerap digunakan pada acara tertentu seperti pemilihan duta pariwisata Jawa Barat atau juga Mojang Jajaka.

Dimana sang lelaki menggunakan jas tutup dan celana dengan warna bebas yang senada, kain yang diikat di pinggang, bendo aau penutup kepala, serta selop. Kadang ada juga yang memaikai ram rantai, yang dikaitakn di saku jasnya.

Untuk gadisnya, Biasanya menggunakan kebaya polos dengan sulaman yang menghiasi, kain kebat, selendang, kamisol, serta selop dengan warna yang sama dengan kebaya. Buat aksesorisnya, biasanya mereka memakai tusuk konde dengan hiasan bunga, cincin, dan perhiasan lainnyabertahtakan emas dan berlian.

Info wajib baca: Mengupas Keunikan Pakaian Adat Bali dan Filosofinya, Ada Baju Safari!

Jenis dan Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat

keunikan pakaian adat jawa barat
Source: Pariwisata Indonesia

Kamu udah tau belum, kalau ternyata pakaian adat Jawa Barat ini ternyata memiliki jenis-jenisnya tersendiri, loh! Simak jenis-jenis dan keunikan pakaian adat Jawa Barat berikut ini!

1. Kebaya Sunda

Pakaian adat yang satu ini jadi baju yang sangat populer dan banya digunakan oleh perempuan Jawa Barat dari dulu hingga sekarang.

Yang unik dari kebaya Sunda, baju adat ini memiliki warna-warna yang cerah dan mencolok, misalnya putih, merah marun, dan ungu muda. Warna-warna ini yang membuat pemakainya terlihat lebih cerah dan anggun.

Yang membedakan kebaya ini dengan kebaya lainnya adalah model kerahnya yang berbentuk huruf U atau U neck. Kebaya Sunda juga dibuat panjang menutup pinggang hingga paha, bahkan ada pula yang menjuntai hingga bawah mata kaki.

2. Menak

Udah pernah denger jenis pakaian adat Jawa Barat yang satu ini, belum? Pakaian yang satu ini memberikan kesan mewah bagi para pemakainya. Menjadikan baju berikut jadi salah satu baju adat yang dipakai oleh para bangsawan atau orang terpandang zaman dulu.

Yang jadi keunikan pakaian adat Jawa Barat ini, pakaian untuk laki-laki dan perempuannya berbeda model. Untuk laki-laki, menak ini berupa setelan jas bludru berwarna gelap yang disulam benang emas dan celananya yang warnanya senada, sabuk emas, dan selop berwarna gelap.

Sedangkan untuk perempuannya sendiri adalah kebaya manik-manik hitam dengan bawahan kain jarik motif mereng, dan dipercantik dengan banyak aksesori, seperti peniti rantai dan perhiasan emas lainnya.

3. Pangsi

Nah, baju yang satu ini juga banyak digunakan oleh orang Sunda, terutama laki-laki, karena memang pakaian adat Jawa Barat ini jadi pakaian bagi masyarakat biasa di daerah Jawa Barat.

Keunikan pakaian adat Jawa Barat yang satu ini terletak dari model pakaiannya yang tergolong sangat sederhana. Dimana celananya hitam longgar tak melebihi mata kaki.

Sementara atasannya berupa kemeja dengan kerah tegak yang biasa disebut salontreng. Bagian dalam pangsi terkadang dipadukan dengan kaos putih polos. Dulu, baju pangsi ini dikenakan oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani atau buruh.

Info wajib baca: Mengenal Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Barat beserta Maknanya

4. Bedahan

Eits, ini bukan baju buat bedah pasien, ya! Baju bedahan adalah pakaian adat Jawa Barat yang dulu biasanya banyak digunakan oleh para kaum dengan strata sosial menengah, yang berprofesi sebagai pedagang atau saudagar.

Baju bedahan ini biasanya memiliki warna yang cerah, hampir samaseperti kebaya Sunda. Tapi, keunikan pakaian adat Jawa Barat ini bukan terletak di warna bajunya aja, tapi juga pada aksesorisnya. Dimana orang-yang menggunakan bedahan ini biasanya disertai dengan manik-manik dalam pemakaiannya.

Untuk prianya sendiri biasanya memakai akseseori seperti sabuk, arloji emas, bendo atau ikat kepala, dan ikat pinggang. Untuk perempuannya sendiri memakai kain dengan corak khas Jawa Barat yang menarik sebagai bawahannya, disertai dengan aksesori emas lainnya.

5. Beskap

Baju beskap ini biasanya digunakan oleh para laki-laki dalam acara-acara formal seperti pernikahan, atau acara-acara penting lainnya. Baju beskap sendiri adalah baju tebal dengan kerah yang tinggi tanpa lipatan.

Keunikan pakaian adat Jawa Barat ini terletak pada bagian depan dan belakang bajunya yang berbeda dan tidak simetris.

Desain tidak simetris ini bukan tanpa alasan, tujuannya adalah untuk memudahkan mengambil dan memakai keris pada bagian belakang.


Gimana, ternyata pakaian khas Jawa Barat juga nggak kalah cakep dan memiliki keunikannya tersendiri, dan nggak kalah menarik sama jenis pakaian adat Sumatera Barat juga pakaian adat daerah lainnya, kan?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare