...
khasiat sirih cina
5-min read

6 Khasiat Sirih Cina untuk Kesehatan Tubuh

khasiat sirih cina

Pernah dengar soal tanaman sirih cina belum? Intip khasiat sirih cina di sini, yuk!

Apakah kalian sudah pernah mendengar tentang sirih cina? Tahukah kamu bahwa ada banyak khasiat sirih cina yang baik untuk kesehatan tubuh kita?

Jangan khawatir jika kamu belum mengenalnya, kali ini kita akan membahas tentang sirih cina dan apa aja manfaat positifnya bagi tubuh. Yuk, simak artikel berikut!

Apa itu Sirih Cina?

Kamu sering lihat tanaman yang berbentuk seperti daun sirih tapi ukurannya kecil-kecil? Nah, inilah tanaman obat yang bernama sirih cina atau Peperomia pellucida.

Sirih cina, juga dikenal sebagai Piper betle Linn, adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan sering digunakan dalam praktik pengobatan tradisional serta upacara adat. Nama “sirih cina” mengacu kepada spesies tanaman sirih yang tumbuh di wilayah Asia Timur, khususnya di Tiongkok.

Tanaman sirih cina memiliki daun yang berbentuk hati atau lonjong dengan warna hijau mengilap. Daun-daun ini memiliki aroma khas yang segar dan rasa sedikit pahit. Sirih cina sering digunakan dalam berbagai bentuk, baik segar maupun kering, terutama dalam pengobatan tradisional.

Dalam pengobatan tradisional, sirih cina diyakini memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi, dan antimikroba. Daun sirih cina sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti sakit tenggorokan, gangguan pencernaan, nyeri gigi, dan infeksi kulit.

Beberapa orang juga menggunakan sirih cina sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka, meredakan batuk, dan mengatasi masalah pernapasan.

Selain digunakan dalam pengobatan tradisional, sirih cina juga memiliki nilai budaya yang tinggi dalam beberapa komunitas. Daun sirih cina sering digunakan dalam upacara adat dan ritual keagamaan di beberapa kelompok etnis Tionghoa.

Info wajib baca: 10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan | Banyak Khasiatnya!

Khasiat Sirih Cina untuk Kesehatan Tubuh

khasiat sirih cina
Source: IIK Bhakti Wiyata

Selain manfaat daun kelor, daun sirih cina yang sering kali diabaikan karena dianggap sebagai rumput liar ini juga ternyata memiliki berbagai khasiat dan digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat yang dikaitkan dengan sirih cina:

1. Sifat antimikroba

Sirih cina memiliki sifat antimikroba yang kuat. Daun sirih cina mengandung senyawa aktif seperti fenol, kavikol, dan eugenol yang membantu melawan berbagai jenis bakteri, jamur, dan virus. Oleh karena itu, sirih cina digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati luka, infeksi kulit, dan penyakit menular.

2. Anti-inflamasi

Kandungan senyawa aktif dalam sirih cina juga memberikan sifat antiinflamasi. Hal ini membuatnya efektif dalam mengurangi peradangan dan membantu mengurangi gejala radang seperti kemerahan, pembengkakan, dan nyeri. Minyak esensial sirih cina juga digunakan dalam minyak pijat dan salep untuk mengurangi peradangan pada otot dan sendi.

3. Efek antikanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak sirih cina memiliki potensi antikanker. Senyawa aktif dalam sirih cina telah diteliti untuk melawan pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebaran sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami mekanisme dan potensi penggunaan sirih cina sebagai pengobatan kanker.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Daun sirih cina juga ternyata bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, lho! Daun sirih cina dapat secara efektif melindungi sistem pencernaan, karena daun sirih cina dapat mencegah kerusakan mukosa lambung.

Mukosa lambung sendiri adalah selaput lendir yang menampung kelenjar dan lubang gastrointestinal. Selain itu, daun sirih cina juga seringkali digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif buat orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan.

5. Kesehatan gigi dan mulut

Sirih cina telah digunakan secara tradisional sebagai obat kumur karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Kandungan senyawa seperti kavikol dan eugenol membantu melawan bakteri penyebab bau mulut, mengurangi plak gigi, dan melawan infeksi pada gusi. Sirih cina juga dikaitkan dengan pengurangan pembentukan karang gigi dan radang gusi.

6. Obat sakit kepala untuk penderita demam

Daun sirih cina juga bisa mengatasi sakit kepala pada penderita demam. Nggak cuma itu, daun sirih yang satu ini juga dipercaya efektif mengobati masalah sakit kepala lainnya seperti migrain dan vertigo.

Info wajib baca: Khasiat Rebusan Daun Salam, Bisa Mengatasi Stres!

Cara Mengonsumsi dan Menggunakan Daun Sirih Cina

khasiat sirih cina
Source: Gramedia.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi atau menggunakan tanaman herbal yang satu ini sebagai pengobatan alternatif.

  • Rebus daun, kamu bisa merebus daun sirih cina yang sudah dicuci bersih, lalu meminum air rebusannya.
  • Beli sumplemen, kamu juga bisa membeli suplemen yang mengandung ekstrak sirih cina ini untuk dikonsumsi.
  • Makan langsung, ya, ada juga orang yang langsung mengonsumsi daun sirih cina ini sebagai salah satu jenis lalapan atau bisa dibuat sebagai minuman jus.

Untuk beberapa kasus, ada metode lain yang dilakukan untuk memanfaatkan khasiat daun sirih cina ini, misalnya seperti menumbuk halus daun sirih berikut, lalu air perasannya diminum, atau hasil daun yang sudah tertumbuk halus ditempelkan pada daerah tertentu.


Selain khasiat dari daun sirih cina, ada juga keluarganya lain dari sirih-sirihan ini yang memiliki khasiat dan manfaat yang nggak kalah bagus, salah satunya adalah manfaat daun sirih merah.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid!

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare