...
manfaat brotowali
5-min read

10 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan | Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker!

manfaat brotowali

Tertarik mencoba brotowali untuk mendapatkan manfaat baiknya?

Brotowali, atau disebut juga dengan nama latin Tinospora cordifolia, merupakan tumbuhan yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara, terutama di Asia Selatan dan Tenggara. Tumbuhan ini memiliki banyak kandungan bioaktif yang memberikan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja manfaat hebat brotowali untuk kesehatan tubuh serta cara yang tepat dalam mengonsumsi sayuran ini. Penasaran seperti apa? Yuk, simak ulasannya sampai habis!

Info wajib baca: 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut | Bisa Cegah Munculnya Uban!

Macam-Macam Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

manfaat brotowali
Source: jybmedia.com

Walaupun punya rasa yang cukup pahit ketika dikonsumsi, brotowali ternyata dapat memberi manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, lho! Apa saja? Berikut ini di antaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Brotowali mengandung senyawa imunomodulator, seperti alkaloid dan polisakarida, yang bekerja dalam mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Ini berarti, konsumsi rutin brotowali dapat membantu tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Senyawa imunomodulator membantu mengaktifkan sel-sel pertahanan tubuh seperti sel T dan sel B, meningkatkan produksi antibodi, dan memperkuat reaksi inflamasi terhadap patogen. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, risiko terkena penyakit menular dapat berkurang secara signifikan.

2. Antioksidan

Kandungan senyawa antioksidan dalam brotowali, terutama berberin dan quercetin, memberikan perlindungan vital terhadap kerusakan sel-sel oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan oksidatif stress dan merusak DNA serta protein dalam tubuh.

Dengan konsumsi rutin brotowali, risiko penuaan dini dapat diredakan. Selain itu, potensi penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, dan gangguan neurodegeneratif juga dapat diminimalkan.

3. Antiinflamasi alami

Brotowali memiliki sifat antiinflamasi yang berfungsi untuk meredakan peradangan dalam tubuh. Ini sangat bermanfaat bagi penderita penyakit peradangan kronis seperti arthritis, penyakit radang usus, dan gangguan autoimun lainnya.

Senyawa antiinflamasi dalam brotowali bekerja dengan menghambat produksi mediator peradangan. Selain itu juga dapat mengurangi reaksi imun yang berlebihan, dan meminimalkan rasa nyeri yang biasanya terkait dengan peradangan.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Source: honestdocs.id

Senyawa-senyawa dalam brotowali dapat membantu membangun keseimbangan mikroflora yang sehat dalam saluran pencernaan. Probiotik alami dalam tumbuhan ini dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik, yang pada gilirannya membantu pencernaan yang lebih baik. Ini berkontribusi pada mencegah masalah pencernaan seperti diare, sembelit, hingga sindrom usus bocor.

5. Menurunkan gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa brotowali dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap insulin. Senyawa dalam brotowali dapat bekerja mirip dengan obat antidiabetes dengan cara meningkatkan penggunaan glukosa oleh sel-sel tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

Brotowali dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Senyawa-senyawa dalam brotowali dapat menghambat absorbsi kolesterol oleh usus dan meningkatkan ekskresi kolesterol melalui empedu. Selain itu, sifat antioksidan dan antiinflamasi brotowali juga mendukung kesehatan pembuluh darah dan fungsi jantung yang optimal.

7. Mengelola berat badan

Kandungan brotowali yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan metabolisme dapat membantu dalam upaya pengelolaan berat badan yang sehat. Ketika kadar gula darah stabil dan metabolisme ditingkatkan, tubuh cenderung membakar kalori dengan lebih efisien, membantu mencegah penumpukan berlebihan lemak.

Info wajib baca: 10 Minuman yang Efektif Dikonsumsi saat Menjalankan Program Diet

8. Pencegahan kanker

Source: jawapos.com

Senyawa aktif dalam brotowali, seperti berberin dan kandungan fitokimia lainnya, telah menunjukkan potensi dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dalam beberapa studi laboratorium. Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi efektivitasnya pada manusia, hasil awal menunjukkan kemungkinan sifat antikanker brotowali.

9. Menjaga kesehatan hati

Brotowali memiliki efek perlindungan terhadap hati karena senyawa-senyawa hepatoprotektifnya. Ini dapat membantu melindungi sel-sel hati dari kerusakan yang disebabkan oleh racun, alkohol, dan polusi lingkungan. Dengan menjaga kesehatan hati, tubuh dapat berfungsi secara optimal dalam membersihkan zat-zat berbahaya dari darah.

10. Pengobatan tradisional untuk luka dan infeksi pada kulit

Dalam pengobatan tradisional, ekstrak brotowali telah digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati luka, infeksi kulit, dan masalah kulit lainnya. Sifat antimikroba dan penyembuhan alaminya membantu dalam memerangi infeksi bakteri dan merangsang penyembuhan kulit. Ekstrak brotowali dapat dioleskan langsung ke area yang terkena untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara Mengonsumsi Brotowali dengan Tepat

Untuk mendapatkan berbagai manfaat brotowali bagi kesehatan, kamu bisa membuatnya menjadi sebuah ramuan seperti berikut ini:

Bahan-bahan

  • 5 gram batang brotowali
  • 3 gram sambiloto
  • 5 gram kumis kucing
  • 110 ml air

Cara membuat

  1. Cuci bersih semua bahan dengan air mengalir.
  2. Rebus dengan air mendidih.
  3. Matikan kompor dan saring airnya.
  4. Sajikan dan minum 2 kali sehari.

Itulah berbagai manfaat brotowali untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan serta dengan cara tepat mengonsumsinya. Dengan mengonsumsi secara konsisten, brotowali dapat menjadi tambahan berharga untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. lho.

Sudah pernah mencobanya? Jangan ragu untuk share pendapat dan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare