...
manfaat buah merah papua
5-min read

Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan, Intip di Sini!

manfaat buah merah papua

Terdapat sejumlah manfaat buah merah Papua untuk kesehatan, cek sampai habis, ya!

Buah merah Papua, mungkin masih banyak yang belum mengenal buah yang banyak tumbuh di tanah Papua ini. Buah merah (kuansu) memiliki nama latin Pandanus conoideus dan dipercaya oleh masyarakat Papua memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan mampu mengobati berbagai penyakit.

Warna merahnya yang mencolok menunjukkan bahwa buah ini kaya akan nutrisi dan senyawa antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat dari buah yang satu ini, yuk, langsung simak artikel ini sampai tuntas!

Info wajib baca: Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Pria yang Perlu Kamu Tahu

Kandungan Gizi Buah Merah Papua

Buah merah Papua mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin C, provitamin A (beta-karoten), vitamin E, dan senyawa antioksidan lain. Kandungan nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah merah juga mengandung zat besi yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia atau kurang darah pada tubuh sehingga membuat mudah lelah.

Tak hanya itu, buah merah Papua juga mengandung asam folat yang sangat penting bagi ibu hamil. Asam folat berperan dalam pembentukan sumsum tulang belakang janin dan mencegah terjadinya cacat lahir.

Dalam satu buah merah berbobot 500 gram, terdapat sekitar 15 gram serat pangan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Ekstrak dari buah merah Papua juga telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai jenis inflamasi pada tubuh manusia. Bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin jus buah merah dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti arthritis dan asma.

Manfaat Buah Merah Papua yang Patut Diketahui

manfaat buah merah papua
Source: Fimela

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari buah merah Papua bagi kesehatan kamu, dari mulai mencegah kanker hingga mengatasi asam urat.

1. Manfaat buah merah Papua: Mencegah kanker

Mencegah kanker adalah salah satu manfaat buah merah Papua yang sangat penting. Buah merah mengandung senyawa aktif seperti beta-karoten, tokoferol, dan asam askorbat yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, senyawa pigmen alami pada buah merah juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan ini berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga fungsi normal dari sistem kekebalan tubuh.

Buah merah Papua juga mengandung senyawa phytochemicals yang bisa mencegah perkembangan tumor ganas. Senyawa tersebut berperan dalam memicu produksi enzim protease serta meningkatkan respon imun, sehingga membuat sistem kekebalan lebih tangguh melawan serangan virus ataupun bakteri penyebab kanker.

Kekayaan nutrisi pada buah merah Papua memberikan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, paru-paru, dan prostat. Oleh karena itu, konsumsi rutin buah ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu untuk memperkuat sistem imunitas tubuh sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit mematikan ini.

2. Mengatasi radang

Manfaat berikutnya dari buah ini yaitu mampu mengatasi radang, terutama radang usus. Radang merupakan respons yang terjadi pada tubuh saat terjadi infeksi atau luka. Namun, jika tidak ditangani dengan baik, radang bisa menjadi masalah kesehatan yang serius.

Buah merah Papua memiliki sifat antiinflamasi yang kuat sehingga sangat efektif dalam mengurangi gejala radang seperti rasa sakit dan pembengkakan. Kandungan zat karotenoid dalam buah merah juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

3. Mencegah hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit yang menyerang hati. Penyebarannya terutama melalui darah dan cairan tubuh lainnya, seperti air liur dan sperma. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan sirosis atau kanker hati.

Dengan mengonsumsi buah merah Papua maka dapat membantu mencegah hepatitis B. Buah merah mengandung senyawa aktif yang disebut betasitosterol. Betasitosterol memiliki sifat antiinflamasi dan efek antivirus sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus hepatitis B.

Selain itu, buah merah juga mengandung asam askorbat (vitamin C), vitamin A, dan E yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan hati manusia. Maka dari itu, konsumsi buah merah Papua merupakan salah satu langkah agar terhindar dari penyakit hepatitis B.

4. Manfaat buah merah Papua: Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang kerap diabaikan, padahal dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke dan serangan jantung. Namun, buah merah Papua bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi hipertensi.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah merah Papua mampu membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat besi dan kalium pada buah ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Dengan rutin mengonsumsi buah merah Papua, maka akan membantu kamu dalam menurunkan risiko hipertensi serta penyakit lainnya. Namun, pastikan untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan melakukan aktivitas fisik secara teratur agar hasilnya lebih optimal.

5. Menyembuhkan asam urat

Kandungan tokoferol dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja hati. Hal ini berguna dalam proses penyembuhan asam urat. Kemudian, kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi dan menghilangkan rasa sakit akibat asam urat.

Maka dari itu, seseorang yang mengidap penyakit asam urat, direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.


Dari beberapa manfaat buah merah Papua yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa buah ini sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu, banyaknya manfaat dari konsumsi buah merah Papua juga menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan pola makan seimbang, nih, gaes. Jadi, jangan lupa untuk mencoba buah merah Papua ini untuk mendapatkan segudang manfaatnya, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare