...
manfaat bunga wijaya kusuma
5-min read

7 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Bisa Bantu Sembuhkan Luka Luar!

manfaat bunga wijaya kusuma

Nggak cuma cantik, ternyata ada juga manfaat bunga wijaya kusuma buat kesehatan kita, loh.

Tau nggak, sih, kalau keindahan bunga Wijaya Kusuma tidak hanya memikat mata, tetapi juga menyimpan manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh? Ya, kamu nggak salah dengar! Kali ini, Kostmin bakal kasih tau tujuh manfaat menakjubkan dari bunga Wijaya Kusuma bagi tubuh kamu.

Jadi, siapkah kamu untuk menjelajahi dunia segar dan sehat dengan sentuhan magis dari bunga ini? Mari kita mulai petualangan kita menuju hidup yang lebih sehat bersama-sama!

5 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Mungkin banyak dari kamu yang udah tau soal bunga yang satu ini, tapi taunya bunga jenis ini adalah bunga yang jadi tanaman hias, karena penampakannya yang cakep dan bisa memperindah ruangan atau taman di rumahmu.

Tapi, di balik keindahannya, ada beragam manfaat bunga wijaya kusuma yang bisa jadi berguna buat kesehatanmu, loh! Apa aja tuh, min?

1. Meredakan masalah radang tenggorokan

Siapa sangka kalau bunga yang satu ini, memiliki cita rasa mirip mint yang menyegarkan, hal ini membuat jenis bunga yang satu ini bisa jadi alternatif untuk meringankan gejala yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan.

2. Dapat mengtasi masalah pernapasan

Kabarnya, tanaman herbal ini juga disinyalir mengandung zat kimia yang diklaim mampu mengobati beragam masalah pernapasan, seperti sesak napas dan asma.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu mencuci bunganya yang masih segar sebanyak 3 sampai 5 kuntum, dan tambahkan air dan gula batu secukupnya. 

Setelah itu, rebus sampai airnya menyusut, lalu saring air rebusannya. Kemudian, biarkan di suhu ruang hingga dingin, dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal. 

3. Mengatasi bisul

Punya bisul tapi nggak mau minum obat kimia atau pergi ke dokter karena menguras banyak dana? Kamu bisa jadikan bunga wijaya kusuma ini jadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalha bisul yang kamu alami!

Ramuan dari bunga wijaya kusuma diyakini mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit bisul secara alami. Caranya cukup mudah, yakni cuci bunga wijaya kusuma hingga bersih, lalu tumbuk dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul. 

Info wajib baca: Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Mawar yang Baik dan Benar, Biar Tamanmu Makin Wangi dan Cantik!

4. Menghilangkan Bau Badan

manfaat bunga wijaya kusuma
Source: Vinmec

Kamu ada masalah sama bau badan dan jadi nggak pede? Bunga wijaya kusuma ternyata bisa membantu kamu meraih lagi rasa percaya diri yang sempat hilang akibat bau badan, alias, bunga ini bia bantu kamu mengatasi masalah bau badan!

Kamu cuma perlu menambahkan beberapa kuntum bunga ini saat mandi atau berendam agar mengatasi masalah bau badan yang sukar dihilangkan. Dijamin masalah tersebut tidak akan kamu alami dan tak lagi menurunkan rasa percaya diri. 

5. Menyembuhkan luka

Nggak cuma membantu meningkatkan kesehatan dan mengatasi penyakit yang berasal dari daam tubuh, bunga wijaya kusuma ini juga bisa membantu kamu menyembuhkan luka luar, loh. Manfaat ini bisa didapatkan dari bagian batang bunga tersebut, yang telah ditumbuk dengan halus, lalu dioleskan pada bagian tubuh yang terluka. 

Jika kamu rutin luka membubuhkan ramuan ini pada kulit, luka yang ada diklaim bisa kering dengan lebih cepat, sehingga juga mempercepat proses penyembuhannya.

Nggak cuma membuat luka lebih cepat kering, tanaman herbal ini juga mampu menghindarkan dari potensi infeksi yang bisa memicu masalah kesehatan serius

6. Mengobati nyeri lambung

Salah satu manfaat dari wijaya kusuma adalah mampu untuk mengobati nyeri lambung. Penyebab utama terjadinya nyeri lambung biasanya dikarenakan oleh mengonsumsi makanan yang mengandung asam ataupun pedas. Wijaya kusuma memiliki rasa yang sejuk layaknya mint dan mempunyai Ph yang netral.

Rebuslah wijaya kusuma sebanyak 5 kuntum lalu saring air hasil rebusan tersebut. Setelah air rebusan menjadi dingin barulah kamu bisa minum larutan olahan wijaya kusuma secara rutin untuk meredakan lambung yang nyeri dan membuat lambungmu terasa lebih nyaman.

7. Dapat mengobati TBC

Siapa sangka kalau bunga yang satu ini bisa juga mengobati salah satu masalah pernafasan yang cukup mengganggu dan berbahaya yaitu TBC? Sebagai obat tradisional, kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan cara yang tidak terlalu rumit.

Kamu cuma perlu siapkan 3 sampai 5 kuntum wijaya kusuma bunga dan tambahkan dengan air sebanyak 3 gelas. Lalu, tambahkan pula gula aren sekitar 15 gram, dan rebus sampai air hanya tersisa sekitar satu gelas. 

Kemudian kalo udah mendidih, saring air rebusannya, dan langsung minum setelah dingin sebanyak 2 kali dalam sehari. 

Mitos Bunga Wijaya Kusuma

manfaat bunga wijaya kusuma
Source: Ladiescorner

Di balik beragam manfaatnya untuk kesehatan, ternyata ada juga mitos yang menyertai bunga yang cantik ini, loh! Apa mitos yang menyertai bunga cantik berikut ini?

Bunga ini memiliki mitos bahwa siapa yang berhasil memiliki dan menanam bunga ini maka keluarganya akan mendapatkan keberuntungan. Mitos terus juga semakin diperkuat bahwa bunga ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan raja-raja dari kerajaan Majapahit di masa lampau.

Karena dalam budaya yang ada, seorang calon raja yang baru haruslah memetik bunga ini yang mekar sebelum naik takhta untuk mendapatkan kejayaan bagi kerajaannya di kemudian hari.

Info wajib baca: 25 Nama Cantik untuk Anak yang Terinspirasi dari Bunga | Simbol Harapan dan Keindahan

Nggak cuma itu aja, pernah ada seorang tokoh yang bernama Ki Ageng Selo yang pada sekitar tahun 1970 diberikan mandat oleh Presiden Soeharto untuk menanam bunga ini di halaman Istana Negara. Bunga ini juga diambil langsung dari Pulau Nusakambangan.


Nggak cuma bunga ini, ada juga khasiat bunga telang untuk lelaki dan juga manfaat jinten hitam yang nggak kalah bagus buat tubuhmu, loh!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare