...
Nabi Luth as
5-min read

Menggali Hikmah dari Kisah Pemberontakan Kaum Sodom dalam Cerita Nabi Luth AS

Nabi Luth as

Pernah denger cerita azab kaum sodom? Baca dan hayati lagi Kisah Nabi Luth AS ini biar kamu terhindar dari salah satu dosa berikut!

Apakah kamu pernah mendengar cerita mengenai pemberontakan kaum Sodom dalam kisah Nabi Luth AS? Cerita ini mungkin terdengar kuno, tapi jangan salah! Ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kamu ambil, loh.

Di balik lapisan-lapisan waktu yang telah berlalu, selayaknya kisah Nabi Yahya AS dan kisah nabi Muhammad SAW, dalam kisah nabi ketujuh ini juga tersembunyi hikmah-hikmah yang relevan untuk kehidupan kita saat ini.

Dalam blog post kali ini, kita akan menggali pelajaran berharga dari kisah pemberontakan para kaum Sodom terhadap Nabi Luth AS. Bersiaplah untuk memahami dengan lebih baik tentang nilai-nilai moral dan kesabaran melalui cerita ini!

Kisah Nabi Luth AS, Pemberontakan Terhadap Kaum Sodom

Luth merupakan nabi dan rasul ketujuh dari 25 utusan Allah yang patut diimani. Luth adalah keponakan Nabi Ibrahim AS. Ia banyak belajar, termasuk soal dakwah dari sang paman. Nabi Luth diangkat menjadi rasul saat Nabi Ibrahim masih hidup. Keduanya pernah menyiarkan agama Allah bersama di Mesir. Mereka juga menjadi peternak yang mahsyur.

Sampai pada suatu hari, Allah meminta Luth untuk meninggalkan Mesir menuju Sodom-yang saat ini berada di sepanjang timur laut, Laut Mati. Luth mendapat tugas berat untuk menyadarkan kaum Sodom yang menyimpang.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di negeri Sodom, Luth terkejut dengan tingkah laku kaum tersebut. Mulai dari pencurian yang merajalela hingga yang paling hina adalah menyukai sesama jenis atau homoseksual.

Kaum Sodom merupakan kaum pertama di dunia yang melakukan tindakan keji itu sesuai surat Al-A’raf ayat 80 dan Al-‘Ankabut ayat 28. Perlahan, Nabi Luth mulai memberi tahu kaum Sodom bahwa perilaku mereka itu sesat. Namun, Luth justru mendapat penolakan keras, diancam, dan diusir dari Sodom. Nabi Luth pun dimusuhi kaum Sodom.

Luth tetap menunjukkan jalan kebenaran dengan sabar tanpa pernah membalas ataupun marah dengan kaum Sodom. Beliau mengingatkan balasan dan azab Allah akan datang untuk kaum yang tercela.

Dengan gagah berani, Luth tetap menyerukan kebenaran. Luth percaya Allah akan selalu menjadi pelindungnya. Hari demi hari, kegigihan Luth membuahkan hasil. Satu per satu kaum Sodom mulai beriman dan meninggalkan perbuatan keji itu.

Namun, jumlah itu masih terbilang sedikit dibandingkan kaum Sodom yang masih melakukan maksiat. Alih-alih mendengarkan Nabi Luth, mereka justru mengancam akan membunuh beliau. Mereka juga menantang Luth mendatangkan azab yang kerap disampaikan.

Info wajib baca: Kisah-kisah Nabi Ibrahim hingga Menyembelih Nabi Ismail

Kedatangan azab bagi kaum Sodom

Nabi Luth as
Source: hitam putih

Nabi Luth lalu memohon keselamatan dan perlindungan Allah. Allah lantas mengutus dua malaikat yang menyamar seperti manusia untuk turun ke Bumi. Malaikat itu bertugas menurunkan azab untuk masyarakat Sodom.

Malaikat itu menyamar menjadi pria tampan yang menemui Nabi Luth. Luth membawa pria itu ke rumahnya dengan sembunyi-sembunyi agar terhindar dari kaum Sodom.

Namun, istri Nabi Luth malah berkhianat demi mendapatkan harta dunia. Ia memberi tahu masyarakat Sodom bahwa ada pria tampan di rumahnya.

Kaum Sodom pun menyerbu rumah beliau untuk bertemu pria gagah itu. Setelah cekcok dengan Nabi Luth, saat itu pula siksaan Allah tiba. Allah menghilangkan penglihatan kaum Sodom. Mereka sama sekali tak bisa melihat dan meninggalkan kediaman Luth dengan kondisi buta.

Dua malaikat yang menyamar itu lalu menyampaikan maksud kedatangannya kepada Luth. Malaikat memberi tahu bahwa Allah akan menimpakan azab untuk kaum Sodom pada waktu Subuh. Nabi Luth dan orang-orang beriman diminta untuk segera meninggalkan Sodom.

Nabi Luth dan pengikutnya bersiap-siap pergi. Namun, sang istri terlihat lesu. Nabi Luth memerintahkan pengikutnya untuk tidak menengok ke belakang selama perjalanan meninggalkan Sodom.

Namun, sang istri lagi-lagi melanggar Nabi Luth. Ia gelisah dan tak yakin dengan azab yang akan turun dan memisahkan diri dari Nabi Luth. Saat sudah meninggalkan Sodom, barulah Nabi Luth sadar istrinya tak ada.

Malaikat lalu memberi tahu bahwa sang istri adalah pengkhianat dan kembali ke Sodom serta masuk dalam golongan orang kafir.

Saat Subuh tiba, Allah mendatangkan gempa bumi kencang disertai angin besar dan hujan batu. Allah meluluhlantakkan Kota Sodom beserta orang-orang tercela.

Dan Kami turunkan kepada mereka hujan [batu]; maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu,” – Alquran Surah Al-A’raf ayat 84.

Info wajib baca: Mengenal Kisah Nabi Saleh a.s. dan Perjalanan Dakwahnya

Keteladanan Nabi Luth AS yang Bisa Diambil

Di balik kisah kaum Sodom yang satu ini, selain hikmah untuk menghindari perbuatan yang menimbulkan dosa dan tetap pada jalanyang benar, ada banyak keteladanan beliau yang bisa kita ambil dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tidak mudah menyerah

Meski Nabi Luth sering diancam, ia tetap menjalankan dakwahnya. Dia terus meminta rakyatnya untuk meninggalkan perzinahan homoseksual dan lesbian. Karena kedua perbuatan ini sangat bertentangan dengan fitrah dan hati nurani manusia.

Selain itu, perbuatan kaum Sodom juga merusak kearifan penciptaan, yaitu laki-laki dan perempuan. Tapi karena melakukan hal ini, beliau malah dicela, dikucilkan, bahkan diancam. Beliau bahkan diusir dari negeri tersebut.

Beliau selalu berdoa untuk diberi kekuatan dan ketabahan dalam menyampaikan kebenaran, dan tetap berusaha menyadarkan mereka serta nggak menyerah, sampai akhirnya ada sedikit orang yang mau keluar dari lingkaran setan tersebut dan bertobat. Sedangkan yang tetap menjalani kelakuan maksiat tersebut mendapat azab atas doa beliau.

Selama kita mau berusaha dan berdoa, pasti akan selalu ada jalan yang diberikan oleh Allah SWT, walaupun jalannya berliku dan nggak mulus, tapi percaya pada rencana Allah SWT dan mempercayai mukjizatnya bisa bikin kita jadi lebih kuat dan sabar, serta pantang menyerah.

2. Sabar dalam menghadapi cobaan

Nabi Luth as
Source: Popbela.com

Kayak yang udah diceritakan tadi, beliau susah payah banget ngumpulin kaum yang mau meninggalkan perbuatan tercela itu. Bahkan beliau sampai diusir dari tempat tinggalnya karena menyebarkan ajaran yang benar pada kaum Sodom.

Meskipun begitu, beliau nggak lantas mengeluh dan menyerah gitu aja, malah beliau dengan sabar terus berdakwah dan menyampaikan ajaran agama Islam yang benar pada orang-orang tersebut meskipun selalu mendapat ancaman.

Kesabaran dalam menghadapin cobaan inilah yang patut kita contoh. Dengan bersabar, kita bisa lebih ikhlas dalam menghadapi cobaan. Bahkan Allah SWT sendiri suka, loh, dengan orang-orang yang sabar.

3. Menaati perintah Allah

Nabi Luth nggak pernah melakukan hal-hal yang dilarang dalam ajaran Allah. Untuk itu sebagai umat Islam, kisah tentang perjuangan beliau menghadapi kaumnya yang dilaknat oleh Allah namun ia tetap istiqomah di jalan Allah dan menjauhi segala larangannya.

Ini memberi kita pencerahan agar senantiasa menaati perintah Allah SWT. Menaati perintah-Nya juga bisa membawa berkah dan pahala bagi kita di hari akhir nanti, dan juga bisa membuat kita senantiasa terhindar dari azab Allah SWT.

4. Percaya azab Allah itu nyata

Kaum Sodom sendiri nggak percaya tentang adanya Allah SWT yang membuat mereka nggak percaya kalau bakal ada azab yang turun pada mereka saat diperingatkan oleh Nabi Luth AS. Akrihnya azab tersebut memang datang dan mereka semua binasa.

Kita harus senantiasa meyakini kekuasaan Allah SWT dan pecaya bahwa azab-Nya itu nyata. Dengan demikian, kita bisa lebih taat beribadah dan juga menjauhi segala larangan serta maksiat agar mendapat keberkahan dan dijauhka dari azab-Nya yang pedih.


Nah, dari kisah tersebut dapat disimpulkan kalau kita harus senantiasa sabar, nggak mudah menyerah, menaati perintah Allah SWT dan percaya kalau azab-Nya itu benar-benar nyata. Jangan sampai mengikuti jejak kaum ini, ya.

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Medan Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Jakarta Selatan Murah

Info Kost Dago Murah

Kost Surabaya Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare