...
kisah nabi yahya
5-min read

Kisah Nabi Yahya AS: Cerdas Sejak Kecil dan Keberaniannya Hingga Wafat

kisah nabi yahya

Udah tahu kisah Nabi Yahya AS, belum, sob? Kalo belum, simak kisah singkatnya berikut ini, yuk!

Nabi Yahya AS jadi salah satu nabi utusan Allah SWT yang memiliki cukup banyak kemuliaan. Menjadi nabi yang diutus oleh Allah SWT ke dunia untuk memberikan petunjuk kepada umat manusia. Beliau lahir dari pasangan Nabi Zakaria dan istrinya, yang kemudian diberikan anak pada usia yang lanjut.

Nabi Yahya AS merupakan sepupu dari Nabi Isa AS, dan dianggap sebagai salah satu nabi yang penting baik dalam agama Islam, maupun agama Kristen. Kisah nabi berikut ini, jadi salah satu kisah yang menarik untuk dibahas. Soalnya, sedari kecil, beliau sudah memiliki keistimewaan.

Beberapa Keistimewaan Nabi Yahya AS

kisah nabi yahya
Source: Sosok.ID – Grid.ID

Setiap nabi utusan Allah SWT pastinya memiliki keistimewaannya masing-masing, baik dalam cara berdakwahnya maupun pada kisah hidupnya, nggak terkecuali Nabi Yahya AS. Beliau juga memiliki banyak kisah hidup yang istimwea. Simak beberapa diantaranya berikut ini!

1. Pintar dan rajin beribadah sejak kecil

Perlu diketahui, nama Yahya diberikan langsung oleh Allah SWT. Sejak kecil, Nabi Yahya AS nggak seperti teman-temannya yang lain, dimana anak-anak seusianya pasti menghabiskan kebanyakan waktu untuk bermain, tapi Nabi Yahya AS lebih memilih untuk belajar dan beribadah pada Allah SWT.

Beliau bahkan selalu menolak ajakan kawan-kawannya untuk bermain dan mengatakan, kita sebagai manusia lahir ke dunia untuk beribadah, bukan bermain.

Memiliki kebiasaan untuk lebih mendahulukan belajar dan beribadah, Nabi Yahya AS tumbuh menjadi seorang yang pintar dan taat agama. Bahkan di usianya yang masih sangat belia, beliau sudah menghafal isi dari kitab Taurat. Nggak sampai di situ, beliau juga disegani oleh binatang, loh!

2. Disegani binatang

Selain cerdas, Nabi Yahya AS juga sangat menyayangi binatang, terbuktikan ketika temannya menyiksa binatang, beliau justru tidak melakukannya sekali, justru kebalikannya. Rasa sayangnya pada salah satu makhluk hidup ciptaan Allah SWT inilah yang membuatnya disegani para binatang.

Bahkan saat beliau sedang berdoa kepada Allah SWT seorang diri di tengah gurun pasir sambil menitikkan air mata, para hewan enggan untuk menghampirinya dan terdiam. Mereka juga lebih memilih untuk menjauh agar nggak mengganggu kekhusyukan Nabi Yahya AS dalam berdoa.

Ada lagi yang istimewa dari Nabi Yahya AS, beliau ternyata juga pernah bertemu dan berbincang langsung dengan iblis.

3. Pernah berbincang dan melihat wujud iblis

Siapa sangka kalau nabi utusan Allah SWT yang satu ini juga jadi salah satu nabi yang pernah berbicara, bahkan melihat wujud iblis secara langsung! Semua berawal ketika suatu hari ada sesosok iblis yang mendatangi Nabi Yahya AS dengan tujuan membujuk beliau dengan nasihat, untuk menyesatkannya.

Namun, Nabi Yahya AS yang sudah tau motif dari sang iblis, tentunya menolak nasihat dan bujukan sang iblis. Bahkan beliau pernah membentaknya dan menyuruh iblis menunjukkan wujud aslinya, namun ditolak karena alasan hal tersebut terlalu berat bagi sang iblis. Yang akhirnya mereka sepakat untuk bertemu lagi dengan syarat, iblis harus menampakkan wujud aslinya.

Sampai akhirnya tibalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh iblis. Tujuannya masih sama, yaitu menggoda keimanan Nabi Yahya AS. Muncullah ia dengan wujud aslinya yang menakutkan dan masih terus berusaha membujuk Nabi Yahya AS untuk ikut dalam kesesatan. Namun usahanya lagi-lagi nggak membuahkan hasil karena Nabi Yahya AS adalah salah satu makhluk yang dijaga oleh Allah SWT.

Info wajib baca: Kisah Nabi Syuaib AS Tentang Pentingnya Kejujuran

Kisah Nabi Yahya AS: Salah Seorang Nabi yang Berani

kisah nabi yahya
Source: Viva

Setelah menjadi nabi, Yahya diutus ke daerah Yordania untuk memberikan petunjuk kepada umat manusia. Ia menjadi seorang da’i yang gigih dan tak kenal lelah dalam menyampaikan ajaran agama.

Nabi Yahya AS selalu berbicara dengan tegas dan jujur kepada orang-orang, terlepas dari status dan kekayaan mereka. Beliau menyeru manusia untuk mengikuti jalan yang benar dan meninggalkan jalan yang salah. Nabi Yahya AS juga mengajarkan tentang pentingnya bersyukur dan beribadah kepada Allah SWT.

Pada masa itu, Yordania dikuasai oleh Raja Herodes, yang dikenal sebagai raja yang kejam dan zalim. Selain itu, Raja Herodes yang mengetahui tentang dakwah Yahya terkait pernikahan antara raja dan anak tirinya yang haram merasa terancam oleh keberadaannya.

Raja Herodes yang merasa marah, akhirnya menyimpan dendam baik pada Nabi Zakaria AS, maupun Nabi Yahya AS. Sampai suatu ketika, Raja Herodes yang dzalim memerintahkan penangkapan Nabi Yahya as, dijelaskan dalam suatu sumber bahwa keinginan untuk membunuh nabi Yahya AS ini juga disebabkan oleh bujukan sang wanita.

Meskipun dihadapkan pada ancaman dan tekanan, Nabi Yahya AS tetap teguh pada prinsip-prinsipnya dan tidak mundur dalam menyampaikan ajaran agama. Ia mengatakan bahwa ia hanya mengemban tugas yang diberikan oleh Allah SWT, dan ia tidak takut pada siapapun selain Allah SWT.

Akhir yang cukup menyayat hati, Raja Herodes memerintahkan agar Nabi Yahya AS dieksekusi. Beliau dipenggal di sebuah tempat yang sekarang dikenal sebagai Al-Maghtas, Yordania, dan sebagai tanda penghormatan, jenazah beliau dimakamkan di Masjid Agung Damaskus yang kemudian dikenal sebagai Makam Nabi Yahya.

Tapi ada pula sumber lain yang mengatakan kalau Nabi Yahya AS tidak jadi dipenggal karena Raja Herodes dan putri atau keponakannya tersebut diubah menjadi binatang dengan kekuasaan Allah SWT.

Info wajib baca: Simak Kisah Nabi Zulkifli yang Terkenal dengan Sifat Sabar

Pelajaran yang Menginspirasi Dari Kisah Nabi Yahya AS

kisah nabi yahya
Source: Katadata

Dari kisah yang sangat berharga ini, tentu kita dapat mengambil banyak pembelajaran berharga yang menginspirasi. Mulai dari kecerdasan dan kemauan beliau untuk senantiasa menuntut ilmu dan beribadah sejak kecil, hingga keberaniannya untuk berpegang teguh pada ajaran Allah SWT.

Selain itu, sifatnya yang menyayangi sesama makhluk ciptaan Allah SWT, dan selalu berbakti kepada orangtuanya juga menjadi pelajaran bagi kita. Kisah Nabi Yahya AS juga mengajarkan kepada kita semua tentang kesabaran dan ketaatan akan segala perintah Allah SWT walaupun orang lain tidak menyukainya.

Beliau tetap teguh dalam pendirian terhadap aturan Allah SWT walupun bersebrangan dengn Raja yang mempunyai pasukan dalam wilayah tersebut. Intinya tentu saja berkat dari didikan kedua orang tua sejak kecil yang menjauhkan Nabi Yahya AS dari syirik dan maksiat.


Nah, itu tadi kisah dan beberapa keistimewaan dari Nabi Yahya AS. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah berikut ini.

Selain kisah tentang Nabi Yahya AS, masih ada banyak kisah nabi utusan Allah SWT dengan keistimewaan lainnya yang nggak kalah menarik! Kalau tau keistimewaan atau info lainnya terkait Nabi Yahya AS, boleh banget share di komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Medan Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Jakarta Selatan Murah

Info Kost Dago Murah

Kost Surabaya Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare