...
negara apa yang terletak paling selatan
5-min read

Negara Apa yang Terletak Paling Selatan ASEAN? Hayo, Kamu Tau Nggak, Nih?

negara apa yang terletak paling selatan

Kalo ditanya engara apa yang terletak paling selatan ASEAN, kira-kira kamu bisa jawab, nggak?

Negara apa yang terletak paling selatan di wilayah ASEAN? Hmm, penasaran? Mau tau? Kali ini kita akan memperkenalkanmu pada negara yang pasti udah nggak asing atau bahkan sangat sangat sangat familiar buatmu! Kira-kira, negara apa ya, itu?

Negara Apa yang Terletak Paling Selatan di ASEAN?

Indonesia adalah negara yang terletak paling selatan di ASEAN. Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Timor-Leste, dan Pulau Natuna Besar. Selain itu, Indonesia juga memiliki beberapa pulau yang berada di perairan ASEAN lainnya, seperti Pulau Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Indonesia memiliki letak astronomis yaitu 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan dan 95 derajat Bujur Timur hingga 141o Bujur Timur, jika letaknya dilihat dari peta.

Untuk lebih spesifik, wilayah Indonesia yang letaknya paling selatan, yaitu Pulau Pamana yang berada di titik 11°00′36″S 122°52′37″BT. Pulau tersebut terletak di Kepulauan Sunda Kecil, Provinsi Nusa Tenggara, Indonesia.

Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 1,9 juta kilometer persegi dan memiliki garis pantai sepanjang lebih dari 54.000 kilometer. Negara kita ini memiliki beragam kekayaan alam dan budaya yang unik, salah satunya adalah permainan tradisional Sunda, dan juga menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata populer di dunia, di antaranya yang terkenal adalah wisata Labuan Bajo.

Jika dilihat dari batasan wilayah tersebut, Indonesia hingga saat ini berbatasan dengan beberapa negara di wilayah selatan lainnya, seperti Timor Leste dan juga Australia. Selain itu, negara kita juga dikenal sebagai negara dengan kepulauan terbesar di dunia.

Selain kekayaan alamnya, Indonesia juga memiliki berbagai kelompok etnis, budaya, dan bahasa. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan merupakan bahasa persatuan yang digunakan oleh seluruh penduduk negara ini, sementara bahasa daerah lainnya juga sering digunakan di wilayah-wilayah tertentu.

Info wajib baca: Bersejarah, Ini 5 Baju Tradisional Korea yang Wajib Kamu Tahu

Peran Indonesia di ASEAN

negara apa yang terletak paling selatan
Source: kemlu.go.id

Sebagai negara anggota ASEAN yang terletak paling selatan, Indonesia berperan aktif dalam berbagai inisiatif dan program kerjasama regional.

Organisasi ini bertujuan untuk menciptakan zona perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara, meningkatkan kerjasama politik dan keamanan, serta mempromosikan stabilitas dan perdamaian di kawasan ini.

Indonesia juga aktif dalam isu-isu lingkungan hidup dan keberlanjutan. Sebagai negara kepulauan yang terletak di Cincin Api Pasifik, Indonesia sering menghadapi bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Oleh karena itu, upaya mitigasi dan penanggulangan bencana menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam upaya melindungi warganya dan lingkungan.

Aktif dalam isu regional dan global

Selain itu, Indonesia juga berperan penting dalam isu-isu regional dan global, termasuk perdagangan internasional, kerjasama ekonomi, isu-isu maritim, migrasi, dan penguatan tata kelola regional.

Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di ASEAN dan merupakan pasar potensial bagi banyak produk dan jasa. Sebagai negara paling selatan di ASEAN, Indonesia juga memiliki peran penting dalam membangun hubungan dengan negara-negara di kawasan Samudra Hindia dan Pasifik.

Indonesia telah aktif membangun kemitraan dan kerjasama dengan negara-negara tetangga seperti Australia, Timor Leste, dan negara di Pasifik dalam berbagai bidang seperti keamanan, ekonomi, pendidikan, dan isu lingkungan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia juga telah menunjukkan kepemimpinan dalam berbagai isu global, termasuk pemanasan global, pelestarian lingkungan, dan pemberantasan perdagangan manusia.

Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama dengan negara-negara lain untuk mencari solusi atas tantangan-tantangan global ini.

Info wajib baca: Sinopsis Film Official Secret, Tayangan Seru yang Membongkar Rahasia Negara 

Sekilas Tentang ASEAN

negara apa yang terletak paling selatan
Source: Hops.ID

ASEAN adalah singkatan dari “Association of Southeast Asian Nations” atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara.” Ini adalah organisasi politik dan ekonomi antar pemerintah negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Tujuan utama dari ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama regional dan mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara.

Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, oleh lima negara anggota pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Kemudian, jumlah anggotanya berkembang jadi sepuluh negara anggota saat ini, dengan bergabungnya Brunei Darussalam (1984), Vietnam (1995), Laos dan Myanmar (1997), serta Kamboja (1999).

ASEAN berpusat pada prinsip-prinsip non-intervensi, konsensus, dan ketidakterikatan. Setiap negara anggota memiliki kedaulatan penuh untuk mengambil keputusan dan kebijakan internal mereka.

Keputusannya diambil berdasarkan konsensus, yang berarti setiap anggota harus setuju untuk mengambil langkah tertentu. Pendekatan ini membantu menciptakan rasa kepercayaan dan mengurangi konflik di antara negara-negara anggota.

Struktur kepemimpinannya terdiri dari KTT (Konferensi Tingkat Tinggi), yang merupakan pertemuan tahunan para pemimpin negara anggota, serta sidang-sidang Menteri Luar Negeri dan Menteri-Menteri sektor yang berfokus pada berbagai isu seperti ekonomi, keamanan, sosial-budaya, dan lingkungan.

Selain itu, ada juga Sekretariat ASEAN yang berbasis di Jakarta, Indonesia, yang bertanggung jawab untuk memberikan dukungan administratif dan operasional bagi berbagai kegiatan ASEAN.

Bidang kerjasama ASEAN

Bidang kerjasama ASEAN mencakup berbagai hal, seperti ekonomi, politik, keamanan, sosial-budaya, dan lingkungan.

Di bidang ekonomi, ASEAN berupaya untuk menciptakan pasar tunggal dan basis produksi bersama melalui ASEAN Economic Community (AEC), yang bertujuan untuk meningkatkan integrasi ekonomi dan kemajuan bersama di kawasan ini.

Di bidang politik dan keamanan, ASEAN berusaha untuk memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan ini melalui dialog, diplomasi, dan mediasi. ASEAN juga terlibat aktif dalam upaya penyelesaian konflik dan kerjasama di bidang keamanan regional.

Di bidang sosial-budaya, ASEAN bekerja untuk memperkuat identitas dan kesadaran bersama di antara negara-negara anggota melalui program-program pendidikan, budaya, dan pariwisata.

Selama beberapa dekade, ASEAN telah berperan sebagai pemain penting dalam diplomasi regional dan global. Organisasi ini telah membantu meningkatkan stabilitas dan kerjasama di kawasan Asia Tenggara, serta memfasilitasi dialog antara negara-negara di kawasan Asia-Pasifik dan dunia.


Nah, sekarang udah tau, ‘kan, negara apa yang terletak paling selatan wilayah ASEAN? Sekarang, kalo kamu ditanyain pertanyaan yang sama nggak bakalan mikir lagi, deh, buat jawab!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare