...
mainan untuk anak 1 tahun
5-min read

Jangan Asal! Ini Tips Memberikan Mainan yang Cocok untuk Anak 1 Tahun

mainan untuk anak 1 tahun

Mainan untuk anak 1 tahun dapat melatih perkembangan motorik dan kognisi. Apa saja contoh mainannya?

Nggak hanya orang dewasa, anak-anak dengan usia 1 tahun juga butuh permainan untuk melatih fungsi motorik dan kognisinya, lho.

Tahap perkembangan anak usia 1 tahun adalah periode yang penuh keajaiban. Di usia ini, anak sedang aktif mengeksplorasi dunia sekitarnya dan mengalami lonjakan kemampuan fisik, kognitif, dan sosialnya.

Nah, dalam memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak, pemilihan mainan yang tepat memegang peran penting. Yuk, kita bahas fungsi dan peran mainan untuk anak 1 tahun dalam melatih perkembangannya. 

Peranan Mainan dalam Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

mainan untuk anak 1 tahun
Source: bebeclub

Mainan bukan sekadar benda untuk bermain, tetapi juga alat bantu yang penting dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Pada usia 1 tahun, anak mulai aktif mengeksplorasi dan belajar melalui permainan. Beberapa manfaat utama mainan pada usia ini adalah:

Info wajib baca: Mengenal Strict Parents dan Dampaknya Pada Anak

1. Stimulasi kognitif

Mainan yang menawarkan warna, bentuk, dan tekstur berbeda-beda membantu merangsang daya pikir anak dan membantu mereka memahami dunia sekitarnya. Hal ini juga dapat melatih anak mengenali warna dan bentuk yang ia lihat.

2. Mainan melatih perkembangan motorik anak 1 tahun

Mainan yang dirancang untuk merangsang gerakan tubuh, seperti merangkak, berjalan, dan memegang, membantu meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus anak.

3. Mainan melatih kreativitas dan imajinasi anak 1 tahun

Mainan yang mengajak anak bermain secara imajinatif dapat membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi mereka. Seperti misalnya mainan dengan beberapa karakter tertentu.

4. Mainan untuk melatih sosialisasi anak 1 tahun

Selain sebagai hiburan, bermain dengan mainan bersama teman atau anggota keluarga juga dapat mengajarkan anak tentang interaksi sosial dan kerjasama, lho.

5. Mengelola emosi

Walau masih kecil, anak umur 1 tahun juga sudah bisa merasakan emosi. Nah, mainan dapat menjadi sarana bagi anak untuk mengungkapkan emosi dan belajar mengelolanya.

Jenis Mainan yang Cocok untuk Anak Usia 1 Tahun

mainan untuk anak 1 tahun
Source: theasianparent

Walaupun sama-sama permainan, namun jenis permainan online seperti Mobile Legends atau PUBG tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak 1 tahun, ya, gaes. Supaya jadi referensi, berikut ini beberapa mainan yang cocok untuk anak umur 1 tahun:

1. Mainan gantungan

Karena belum bisa duduk dengan sempurna, mainan gantungan yang berwarna-warni dan dapat bergerak di atas kereta bayi atau kursi makan menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu berikan untuk anak 1 tahun. Pasalnya, mainan ini dapat membantu merangsang indera penglihatan dan koordinasi mata-tangan.

2. Mainan empil dan susun

Memiliki bentuk yang asing di mata bayi, mainan yang berbentuk gelang-gelang empil dan susun membantu melatih kemampuan motorik halus anak serta konsep tentang ukuran dan bentuk.

3. Mainan musikal untuk anak 1 tahun

Selanjutnya, mainan dengan bunyi-bunyian, seperti xylophone atau marakas juga menjadi pilihan yang baik.

Sebab, mainan jenis ini dapat mengundang anak untuk bereksplorasi dengan suara dan ritme, merangsang perkembangan pendengaran dan kreativitas musikal.

4. Mainan bola untuk anak 1 tahun

Bola berukuran kecil yang aman untuk digunakan oleh anak usia 1 tahun dapat merangsang keterampilan motorik kasar dan memperkenalkan konsep dasar tentang gerakan dan arah.

5. Mainan pintar

Mainan edukatif yang dilengkapi dengan tombol atau bentuk-bentuk sederhana yang dapat dipencet dan dimasukkan ke dalam lubang membantu mengasah kemampuan pemecahan masalah dan koordinasi mata-tangan.

6. Buku karton berwarna

Buku karton yang berisi gambar-gambar sederhana dengan warna cerah memperkenalkan anak pada dunia bacaan dan meningkatkan minat baca sejak usia dini.

7. Mainan balok untuk anak 1 tahun

Balok-balok atau bahan dari kayu dengan ukuran besar dan aman bagi anak usia 1 tahun membantu merangsang kreativitas dan imajinasi mereka dalam membangun struktur sederhana.

8. Mainan boneka

Terakhir, boneka berukuran kecil yang lembut dan aman juga dapat menjadi teman main anak dan membantu merangsang perkembangan emosional.

Info wajib baca: Hari Anak Nasional: Sejarah dan Ucapan yang Cocok jadi Caption

Tips Memilih Mainan yang Tepat dan Aman

Source: Orami

Dalam memilih mainan untuk anak balita, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar barang yang dipilih aman dan bermanfaat:

1. Sesuaikan dengan usia

Pertama, pastikan kamu memilih mainan yang dipilih sesuai dengan usia anak. Mainan dengan bagian-bagian kecil yang mudah terlepas tidak cocok untuk anak usia 1 tahun karena berisiko tertelan hingga tersedak.

2. Mainan untuk anak 1 tahun dengan material aman

Kedua, pilih mainan yang terbuat dari bahan aman dan bebas dari bahan berbahaya seperti BPA dan ftalat. Jika tertelan atau terkena kulit yang sensitif, hal ini bisa menimbulkan dampak kesehatan.

Selain itu, penting juga untuk memilih mainan dengan material yang kokoh dan tidak cepat rusak. Akan lebih baik jika mainan yang diberikan sudah memenuhi standar keamanan dan memiliki sertifikasi yang menjamin kualitas dan keamanannya.

3. Mainan yang merangsang perkembangan anak

Selanjutnya, kamu juga bisa pilih mainan yang dirancang untuk merangsang perkembangan anak sesuai usianya. Mainan yang menawarkan berbagai tekstur, warna, dan suara dapat membantu mengoptimalkan perkembangan inderanya.

4. Variasi mainan

Terakhir, penting juga untuk memberikan variasi mainan kepada anak untuk menghindari kebosanan dan memberi mereka kesempatan untuk terus mengeksplorasi dan belajar.

Saat bermain, anak juga tentunya membutuhkan pendampingan dari orang tua. Perhatikan permainan anak dan berinteraksi dengannya. Kalau perlu, libatkan diri dalam permainan anak untuk memperkuat ikatan dan memberikan dukungan dalam eksplorasi mereka.

Pemilihan permainan yang tepat sangat penting dalam memperkaya perkembangan anak usia dini. Mainan yang merangsang kognitif, motorik, dan kreativitas akan membantu anak dalam proses belajar dan pengembangan diri.

Dengan memperhatikan pilihan mainan yang tepat dan memberikan perhatian yang cukup, anak akan tumbuh menjadi anak yang bahagia, cerdas, dan kreatif.


Nah, apa kamu punya pengalaman unik dan bermanfaat saat menemani anak umur 1 tahun bermain dengan mainannya. Share cerita kamu di kolom komentar, yuk!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare