...
penyebab mimisan pada anak
5-min read

Jangan Panik! Kenali 6 Penyebab Terjadinya dan Cara Penanganan Mimisan pada Anak 

penyebab mimisan pada anak

Benturan dan kebiasaan mengorek hidung menjadi beberapa penyebab terjadinya mimisan pada anak

Mimisan, atau perdarahan dari hidung, adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Tak jarang, kondisi ini menyebabkan siapa pun yang mengalaminya menjadi panik.

Meskipun biasanya tidak serius, mimisan tetap menjadi sumber kekhawatiran bagi sebagian orang, khususnya orang tua yang anaknya mengalami mimisan.

Nah, supaya kamu nggak panik lagi dan bisa memberikan pertolongan pertama dengan baik, penting untuk memahami penyebab di balik mimisan pada anak. Yuk, pelajari cara penanganan yang tepat untuk menjaga kesehatan mereka!

Info wajib baca: 8 Penyebab Kepala Kliyengan tapi Tidak Sakit yang Perlu Kamu Ketahui!

Bagaimana Proses Terjadinya Mimisan?

penyebab mimisan pada anak
Source: Insider

Proses terjadinya mimisan  dimulai dengan pecahnya pembuluh darah kecil di dalam hidung. Saat pembuluh darah ini pecah atau rusak, lapisan tipis jaringan di dalam hidung yang disebut mukosa nasal bisa terluka.

Ketika pembuluh darah pecah, tubuh merespons dengan mekanisme perlindungan diri untuk menghentikan perdarahan. Sistem saraf otonom akan menyempitkan pembuluh darah yang pecah untuk mengurangi aliran darah ke area tersebut.

Selain itu, trombosit atau sel darah merah khusus lainnya dapat membentuk gumpalan darah kecil di sekitar area yang bocor untuk menghentikan aliran darah lebih lanjut. Akibatnya, darah yang terbentuk akibat perdarahan ini akan mengalir keluar melalui lubang hidung.

Gravitasi dan perbedaan tekanan udara di dalam dan luar hidung akan mempengaruhi arah aliran darah keluar. Proses ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya setelah beberapa saat, karena respons tubuh terhadap perdarahan.

Penyebab Mimisan pada Anak

penyebab mimisan pada anak
Source: FirstCry Parenting

Proses terjadinya mimisan di hidung anak pun tidak terjadi begitu saja, lho. Ada beberapa faktor penyebab yang memicu terjadinya mimisan pada anak. Berikut di antaranya:

1. Hidung kering dan rusak

Salah satu penyebab paling umum mimisan adalah hidung kering dan rusak. Kondisi ini terjadi terutama selama musim dingin atau di lingkungan ber-AC yang membuat hidung menjadi kering.

Tubuh yang terpapar udara dingin dalam durasi lama dapat menyebabkan lapisan hidung mengering dan pecah. Hal ini yang pada akhirnya menjadi penyebab terjadinya pendarahan ringan pada hidung.

2. Penyebab mimisan pada anak karena trauma atau benturan

Anak-anak cenderung aktif dan sering kali berisiko mengalami benturan atau trauma pada hidung. Kondisi ini pun dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di dalam hidung pecah hingga menyebabkan mimisan.

3. Penyebab mimisan pada anak karena infeksi saluran hidung

Infeksi seperti pilek atau sinusitis dapat menyebabkan peradangan di saluran hidung. Nah, peradangan ini bisa membuat pembuluh darah di hidung lebih mudah pecah dan menyebabkan mimisan.

4. Menyentuh atau mengorek hidung

Anak-anak sering kali memiliki kebiasaan menyentuh atau mengorek hidung mereka dengan jari. Tanpa disadari, hal ini juga dapat dapat merusak lapisan dalam hidung dan memicu terjadinya luka penyebab mimisan.

5. Penyebab mimisan pada anak karena karena alergi

Reaksi alergi terhadap debu, serbuk sari, atau bahan kimia tertentu bisa merusak lapisan dalam hidung dan menyebabkan mimisan.

6. Gejala medis lainnya

Beberapa kondisi medis seperti kelainan pembekuan darah atau kelainan pembuluh darah di hidung (misalnya, pembuluh darah yang mudah pecah) juga bisa menyebabkan mimisan lebih sering.

Cara Penanganan Mimisan pada Anak

Source: Orami

Saat anak mengalami mimisan, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan pendarahan. Adapun cara penanganan yang bisa kamu ikuti yaitu:

1. Berikan kenyamanan

Jika anak mengalami mimisan, bantu mereka duduk tegak dengan posisi kepala agak sedikit miring ke depan. Beri tisu atau kain bersih untuk menyerap darah.

2. Tekan hidung

Ajarkan anak untuk menekan kedua sisi hidung mereka dengan lembut menggunakan ibu jari dan telunjuk selama beberapa menit. Cara ini akan membantu menghentikan aliran darah yang keluar secara terus menerus.

3. Berkumur air hangat

Gravitasi dapat membuat darah mengalir ke berbagai arah. Nah, jika darah terasa mengalir ke tenggorokan, minta anak berkumur dengan air hangat dan meludahkannya.

Info wajib baca: Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Mampet | Tips Biar Bisa Bernapas Lega!

4. Hidrasi

Pastikan anak cukup terhidrasi dengan minum air yang cukup. Ini dapat membantu menjaga kelembaban di dalam hidung.

5. Gunakan pelembap hidung untuk mencegah mimisan ada anak

Dalam cuaca kering, gunakan pelembap hidung khusus anak untuk menjaga kelembaban di saluran hidung. Hal ini berfungsi sebagai langkah pencegahan supaya anak tidak mengalami mimisan. 

6. Hindari mengorek hidung untuk mencegah mimisan ada anak

Ajarkan anak untuk tidak terlalu sering mengorek hidung. Pasalnya, hal ini bisa merusak lapisan dalam hidung dan menyebabkan luka yang memicu terjadinya mimisan.

7. Konsultasi dengan dokter

Jika mimisan sering terjadi, berlangsung lama, atau disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, segera konsultasikan dengan dokter. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan kamu untuk segera ke dokter, yaitu ketika:

  • Mimisan tidak berhenti setelah 20 menit tekanan lembut.
  • Mimisan terjadi setelah benturan atau trauma pada kepala.
  • Mimisan disertai dengan sakit kepala, mual, pusing, atau mata biru (hematoma) di sekitar mata.
  • Mimisan terjadi dengan frekuensi yang tinggi dan tidak wajar.
  • Anak memiliki riwayat kelainan pembekuan darah.

Mimisan pada anak sebagian besar bukanlah masalah serius, tetapi penting untuk mengambil tindakan pencegahan dan mengetahui cara penanganan yang benar. Dengan memberikan perhatian dan dukungan yang tepat, kamu jadi dapat membantu anak menghadapi masalah ini dengan tenang dan percaya diri.


Nah, apa kamu pernah mempunyai pengalaman terkait mimisan pada anak? Yuk, share cerita kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare