...
perbedaan lamaran dan tunangan
5-min read

Mengenal Perbedaan Lamaran dan Tunangan: Apa yang Harus Diketahui?

perbedaan lamaran dan tunangan

Serupa tapi tak sama, apa aja perbedaan lamaran dan tunangan?

Apakah kamu sedang berada di tahap hubungan yang serius, tapi masih bingung tentang perbedaan antara lamaran dan tunangan? Jangan khawatir! Kali ini, Kostmin bakal bahas perbedaan dari kedua hal tersebut.

Selain penjelasan terkait deifinisi, ada juga hal-hal yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih serius di akhir artikel. Makanya, simak sampai habis!

Definisi Lamaran dan Tunangan

Kamu pasti sering banget denger dua kata ini, lamaran dan tunangan. Dua-duanya adalah hal yang dilakukan oleh pasangan ketika memutuskan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius. Tapi, udah tau definisi dari lamaran dan tunangan, belum?

Definisi lamaran

Lamaran adalah proses atau tindakan di mana seseorang secara resmi menyatakan niatnya untuk menikahi pasangan hidupnya. Lamaran biasanya melibatkan pria yang meminta izin kepada keluarga wanita untuk melamar dan mempersunting putri mereka.

Proses lamaran sering kali melibatkan pertemuan keluarga dari kedua belah pihak dan dilakukan dengan seremoni khusus, seperti pemberian cincin pertunangan. Lamaran sering dianggap sebagai langkah awal dalam merencanakan pernikahan dan menandai komitmen serius antarpasangan.

Definisi tunangan

Tunangan adalah status atau keadaan ketika sepasang kekasih atau calon pengantin secara resmi menyatakan niat mereka untuk menikah dan telah menerima lamaran tersebut. Setelah menerima lamaran, pasangan tersebut dianggap sebagai tunangan satu sama lain.

Tunangan biasanya melibatkan pertukaran cincin pertunangan atau simbol lainnya sebagai tanda komitmen mereka terhadap rangkaian acara pernikahan yang dijalani berikutnya.

Status tunangan menandakan tahap kesiapan untuk melanjutkan hubungan yang lebih serius, di mana pasangan akan mempersiapkan diri untuk menentukan tanggal pernikahan, merencanakan acara pernikahan, dan melibatkan keluarga dan teman-teman dalam proses tersebut.

Info wajib baca: Kiat-Kiat Memilih Dekorasi Kamar Wanita Dewasa yang Tepat

Perbedaan Lamaran dan Tunangan

perbedaan lamaran dan tunangan
Source: Liputan6.com

Dalam sebuah hubungan, pernikahan merupakan wujud komitmen yang paling serius. Sebelum menikah, biasanya pasangan akan melalui dua tahap, yaitu lamaran dan tunangan. Kedua istilah tersebut memiliki makna dan fungsi yang berbeda.

1. Perbedaan prosesi acara

Walaupun kedua prosesi ini sama-sama menggunakan atau memberikan cincin, tapi prosesi acaranya ternyata berbeda satu sama lain, lho. Perbedaannya, pada prosesi tunangan tidak akan ada acara di mana calon mempelai laki-laki membawa seserahan atau mahar untuk calon mempelai perempuan.

Sedangkan pada lamaran pihak pria biasanya akan membawa seserahan berupa pakaian, tas, sepatu, dan barang-barang lain yang tentunya disukai oleh pihak perempuan. Acaranya pun dibuat secara formal dengan rangkaian kegiatan sesuai adat budaya yang berlaku.

2. Perbedaan waktu penyelenggaraan

Waktu penyelenggaraannya pun berbeda, jika diurutkan maka proses waktunya adalah tunangan, lamaran, akad nikah, dan resepsi. Namun nggak sedikit juga yang berpendapat kalau lamaran dilakukan terlebih dahulu daripada tunangan. Hal ini bisa kamu sepakati bersama kedua belah pihak keluarga.

Tenggat waktunya juga berbeda, di mana tunangan bisa dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum pernikahan, atau bahkan dalam hitungan tahun sebelumnya. Sedangkan lamaran biasanya dilakukan 1 hari menjelang pernikahan, sementara paling lama adalah 5-6 bulan sebelum resepsi.

Pertimbangan sebelum Menerima Lamaran dan Bertunangan

perbedaan lamaran dan tunangan
Source: Galeri 24

Menikah pastinya jadi impian setiap orang, baik yang masih mencari atau sudah berpasangan. Namun, hal ini juga pastinya jadi bentuk tanggung jawab yang besar dari kedua belah pihak.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menikah, ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan, yaitu melalui lamaran dan tunangan yang sebaiknya juga dipertimbangkan serius. Faktor-faktor berikut dapat membantu kamu sebelum membuat keputusan akhir ‘mengikatkan diri’ dan berkomitmen:

1. Cinta dan kompatibilitas

Penting untuk memiliki cinta dan ikatan emosional yang kuat dengan pasangan. Memiliki nilai-nilai, minat, dan tujuan hidup yang serupa dapat membantu membangun hubungan sehat dan harmonis.

2. Kematangan dan kesiapan

Menikah membutuhkan kematangan emosional, mental, dan finansial. Penting untuk mempertimbangkan apakah kamu dan pasangan sudah siap untuk mengambil tanggung jawab dan menghadapi tantangan dalam pernikahan. Masa pertunangan pun bisa kamu pilih untuk memantapkan hati.

3. Komitmen

Pernikahan adalah janji untuk saling mendukung dan tetap bersama dalam suka dan duka. Memastikan bahwa kamu dan pasangan memiliki tingkat komitmen yang sejajar dan bersedia untuk bekerja keras dalam hubungan adalah penting. Ini bisa terlihat juga selama masa pertunangan.

Info wajib baca: Warna Emas: Ini Arti Lainnya, Nggak Harus Selalu Tentang Kekayaan!

4. Nilai-nilai dan keyakinan

Memiliki nilai-nilai dan keyakinan yang sejalan dapat membantu dalam menghadapi masalah dan mengambil keputusan bersama. Penting untuk berdiskusi dan memahami pandangan masing-masing tentang topik-topik seperti agama, keuangan, pendidikan anak, dan lainnya.

5. Komunikasi dan konflik

Komunikasi yang baik dan kemampuan untuk menyelesaikan konflik dengan baik sangat penting dalam pernikahan. Pastikan kamu dan pasangan memiliki pola komunikasi yang sehat dan dapat menyelesaikan perbedaan dengan baik.

6. Dukungan keluarga dan lingkungan

Memiliki dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar dapat membantu dalam membangun hubungan harmonis dan pernikahan yang sukses. Juga penting untuk mempertimbangkan bagaimana pernikahan akan memengaruhi hubungan dengan keluarga dan teman-teman.

7. Rencana masa depan

Diskusikan tujuan dan rencana masa depanmu bersama pasangan. Pertimbangkan apakah visi dan impian kamu sejalan dan apakah kalian berdua memiliki komitmen untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain pertimbangan-pertimbangan di atas, penting juga untuk memberikan waktu yang cukup untuk mengenal pasangan dengan baik sebelum mengambil keputusan menikah. Oleh karena itu, tahapan lamaran dan tunangan diharapkan dapat membantu prosesnya.

Jalin hubungan yang kuat dan sehat, bicarakan tentang harapan dan kekhawatiran, dan pastikan kamu merasa yakin dan bahagia calon pasangan seumur hidupmu sebelum memutuskan untuk menikah.


Ternyata, walaupun sekilas kayaknya sama aja, ternyata lamaran dan tunangan itu beda, ya! Kalau udah mantep mau lanjut ke hubungan yang lebih serius, siapin susunan acara pernikahan yang baik dan kamu juga bisa pilih dekorasi pernikahan outdoor, biar nggak bosan di gedung terus!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare