...
seo seung jae
5-min read

Profil dan Prestasi Seo Sung Jae, Atlet yang Menangkan Dua Medali di Kejuaraan Dunia BWF

seo seung jae

Seo Seung Jae menjadi pebulu tangkis yang muda pecahkan rekor dunia terbaru. Apa saja?

Selain sepak bola, bulu tangkis juga menjadi salah satu olahraga yang banyak menarik perhatian masyarakat. Dengan banyaknya turnamen yang tersedia, bulu tangkis tidak pernah berhenti memberikan hiburan menarik dan penampilan atlet kelas dunia. 

Tiap generasinya, bulu tangkis bahkan kerap melahirkan atlet baru yang berprestasi. PAda tahun 2023 ini, salah satu atlet yang fenomenal dan mendapatkan banyak perhatian karena prestasinya adalah pebulu tangkis asal Korea Selatan, Seo Seung Jae.

Nah, apa kamu sudah pernah mendengar nama atlet muda ini? Yuk, ketahui profil lengkap Seo Seung Jae dan atlet bulu tangkis asal Korea Selatan lainnya yang mempunyai prestasi internasional.

Profil Seo Seung Jae

seo seung jae
Source: Pikiran Rakyat

Seo Seung Jae merupakan atlet bulu tangkis asal Korea Selatan yang lahir pada 25 Agustus 1997 di Seoul, Korea Selatan. Ia memulai karir bulu tangkisnya dengan bergabung dalam tim nasional Korea Selatan dan telah menjadi salah satu pemain yang menarik perhatian berkat bakat dan kemampuannya dalam bermain ganda campuran dan ganda putra.

Seo Seung Jae telah mencapai prestasi yang mengesankan dalam nomor ganda campuran, di mana ia sering berpasangan dengan Chae Yoo Jung. Pasangan ini telah menunjukkan sinergi dan kemampuan yang luar biasa dalam berbagai turnamen bulu tangkis.

Info wajib baca: Nggak Hanya Renang, Ini 6 Olahraga yang Efektif untuk Meninggikan Tubuh

Bahkan dalam peringkat Badminton World Federation (BWF), pasangan ini berada di peringkat 5 dunia. Sedangkan pada dalam rangkaian kejuaraan bulu tangkis dunia. BWF World Tour, ia bersama Chae Yoo Jung berada di peringkat 4 yang menandakan konsisten permain keduanya.

Selain ganda campuran, Seo Seung Jae juga telah menunjukkan kualitasnya dalam nomor ganda putra. Ia kerap berpasangan dengan Kang Min Hyuk. Keduanya pun telah berhasil memukau penonton dengan teknik-teknik cemerlang dan permainan yang serba cepat.

Pada peringkat BWF, Seo Seung Jae dan Kang Min Hyuk menempati posisi 6 dunia. Kemudian dalam rangkaian BWF World Tour, pasangan ini menjadi salah satu yang terkuat karena berada di posisi 2 di bawah pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto. 

Atlet mudah Korea ini pun dikenal karena kemampuan teknik dan kecepatan permainannya yang luar biasa. Ia mampu melakukan pukulan-pukulan presisi serta mengatur strategi dengan baik di lapangan. Hal ini membuatnya sulit untuk dihadang oleh lawan-lawannya.

Prestasi Gemilang Seo Seung Jae

seo seung jae
Source: detikcom

Pada Agustus 2023 ini, Seo Seung Jae kembali mengukir prestasi luar biasa di ajang kejuaraan bulu tangkis dunia BWF World Championship. Pasalnya, ia mendapatkan dua medali emas di nomor yang berbeda pada satu turnamen.

Berpasangan dengan Kim Min Hyuk, mereka berhasil keluar sebagai juara setelah menuntaskan perlawanan pasangan ganda putra Denmark, yakni Kim Astrup / Andres Skaarup Rasmussen dengan skor 14-21, 21-15, dan 21-15.

Selanjutnya pada ganda campuran, ia juga berhasil menumbangkan pasangan asal China yang merupakan pasangan terkuat di dunia yaitu Zheng Siwei / Huang Yaqiong. Berpasangan dengan Chae Yoo Jung, pasangan ini pun berhasil menciptakan rekor tersendiri dalam ajang tersebut.

Namun begitu, prestasi yang dibuat atlet muda ini ini bukanlah yang pertama kali ditorehkan atlet asal Korea Selatan. Pada tahun 1999, Kim Dong Moo juga berhasil mengawinkan medali ganda putra dan ganda campuran di Kejuaraan Dunia bulu tangkis BWF.

Selain prestasi yang fenomenal di atas, beberapa catatan gemilang lain yang ditorehkan pebulu tangkis muda berbakat ini yaitu:

  • Runner-up German Open 2023 (Super 300)
  • Juara 1 Malaysia Master 2023 (Super 500)
  • Juara 1 Australian Open 2023 (Super 500)

Atlet yang mendapatkan dua medali

Tak hanya Seo Seung Jae, berikut catatan gemilang pebulu tangkis lainnya yang berhasil mendapatkan dua medali sekaligus:

  • Lene Koppen (Denmark), 1977 – ganda campuran dan tunggal putri
  • Christian Hadinata (Indonesia), 1980 – ganda putra dan ganda campuran
  • Park Joo Bong (Korea), 1985 & 1991 – ganda putra dan ganda campuran
  • Han Aiping (China), 1985 – tunggal putri dan ganda putri
  • Ge Fei (China), 1997 – ganda putri dan ganda campuran
  • Kim Dong Moon (Korea), 1990 – ganda putra dan ganda campuran
  • Gao Ling (China), 2001 – ganda putri dan ganda campuran
  • Zhao Yunlei (China), 2014 & 2015 – ganda putri dan ganda campuran
  • Seo Seung Jae (Korea), 2023 – ganda campuran dan ganda putra

BACA JUGA: Jangan Abaikan, Ternyata Ini 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Prestasi Atlet Korea Lainnya

Source: Hops.id

Tak hanya Seo Seung Jae, Korea juga menjadi salah satu negara yang berhasil dalam melahirkan bakat bulu tangkis lainnya. Salah satunya adalah pebulu tangkis muda, An Se Young.

Kerap menjadi perbincangan sebagai calon bintang untuk nomor tunggal putri, An Se Young juga berhasil menorehkan prestasi gemilang. Pada Kejuaraan Dunia BWF, An Se Young pun berhasil keluar menjadi juara pada nomor tunggal putri.

Ia berhasil menumbangkan perlawanan dari pebulu tangkis asal Spanyol dalam durasi 42 menit. Catatan ini pun cukup membanggakan mengingat ia berhasil menaklukkan pemain unggulan tersebut dalam dua set langsung dengan skor 21-12 dan 21-10.

Prestasi yang telah diraih oleh Seo Seung Jae dalam usia muda tentunya menjadi bukti nyata potensi besar yang dimilikinya. Ia telah mengukir namanya dalam sejarah bulu tangkis Korea Selatan dan menjadi inspirasi bagi para pemain muda yang ingin mengikuti jejaknya.


Seo Seung Jae adalah bukti hidup bahwa dengan bakat, dedikasi, dan kerja keras, seorang atlet muda dapat meraih prestasi gemilang dalam dunia olahraga. Melalui berbagai medali dan gelar juara yang telah ia raih, ia telah membuktikan bahwa potensi yang dimilikinya bukanlah sekadar janji, tetapi nyata.

Dengan karier yang masih panjang di depannya, dunia bulu tangkis dapat berharap untuk melihat lebih banyak prestasi luar biasa dari Seo Seung Jae di masa depan.

Nah, apa kamu termasuk penonton olahraga bulu tangkis yang menyaksikan performa gemilang Seo Seung Jae? Bagaimana pendapatmu mengenai performa atlet muda satu ini? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare