...
olahraga meninggikan tubuh
5-min read

Nggak Hanya Renang, Ini 6 Olahraga yang Efektif untuk Meninggikan Tubuh

olahraga meninggikan tubuh

Meninggikan tubuh dapat dilakukan dengan olahraga yang teratur. Simak jenis olahraganya di sini.

Layaknya sebuah mimpi, punya tubuh yang tinggi juga perlu diperjuangkan, nih. Apalagi untuk kamu yang sering kali merasa kurang percaya diri terhadap tinggi badan sendiri.

Tinggi badan memang menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Meskipun pertumbuhan tinggi badan pada manusia sebagian besar ditentukan oleh faktor genetik dan hormonal, namun melakukan olahraga yang tepat dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan.

Nah, ada sejumlah olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh tinggi. Penasaran? Yuk, simak informasi lengkapnya di artikel berikut ini!

Daftar Olahraga untuk Meninggikan Tubuh

Olahraga bisa menjadi cara yang alami untuk meninggikan tubuh tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Renang

olahraga meninggikan tubuh
Source: Sportstar

Renang adalah salah satu olahraga yang menarik dan menyenangkan sekaligus memberikan manfaat bagi pertumbuhan tinggi badan. Aktivitas ini melibatkan gerakan seluruh tubuh dan memberikan tekanan ringan pada tulang dan otot, yang dapat merangsang pertumbuhan tulang pada usia muda.

Selain itu, renang juga membantu meningkatkan postur tubuh dan memperkuat otot belakang sehingga memberikan kesan tubuh yang lebih tegak dan tinggi.

2. Olahraga meninggikan tubuh: Bola basket

Bola basket adalah olahraga yang melibatkan banyak gerakan melompat, mengarah, dan berlari. Aktivitas ini melibatkan otot-otot tubuh bagian bawah, terutama kaki dan tulang belakang.

Melakukan latihan basket secara teratur dapat membantu memperkuat tulang dan memanfaatkan pertumbuhan tinggi potensial tubuh kamu.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, namun juga dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan tinggi badan.

Saat bersepeda, tulang belakang dan tulang kaki diberi tekanan yang ringan namun efektif. Aktivitas ini juga membantu meluruskan postur tubuh dan membantu dalam pembentukan otot yang kuat.

Dengan bersepeda, kamu nggak hanya jadi bisa meninggikan badan. Lebih dari itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan sambil rekreasi untuk meningkatkan mood kamu.

4. Olahraga meninggikan tubuh: Lompat tali

olahraga meninggikan tubuh
Source: Hipwee

Olahraga ini termasuk yang sederhana namun efektif untuk merangsang pertumbuhan tinggi badan. Sebab, aktivitas ini melibatkan gerakan melompat yang berulang-ulang dan membantu memperkuat otot-otot kaki.

Info wajib baca: Sering Merasa Badan Lemas? Coba Ikuti Tips Berikut Ini!

Melakukan latihan lompat tali secara rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan memperbaiki postur tubuh.

5. Olahraga meninggikan tubuh: Yoga

Yoga adalah bentuk latihan yang fokus kepada postur tubuh, pernapasan, dan keseimbangan. Praktik yoga yang teratur dapat membantu memperbaiki postur tubuh, menguatkan otot-otot inti, dan memperpanjang tulang belakang.

Memiliki postur tubuh yang baik dan tegak dapat memberikan kesan lebih tinggi.

6. Latihan peregangan

Meninggikan tubuh juga dapat dilakukan dengan cara latihan peregangan. Olahraga ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh, mengurangi ketegangan otot, dan memperpanjang tulang belakang.

Beberapa gerakan peregangan yang dapat dilakukan termasuk stretching tulang belakang, stretching otot punggung, dan stretching kaki. Latihan peregangan ini dapat membantu menjaga fleksibilitas tubuh dan memaksimalkan tinggi potensial kamu.

Nutrisi untuk Meninggikan Tubuh

nutrisi peninggi badan
Source: detikcom

Selain olahraga, nutrisi yang tepat juga dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tinggi badan. Berikut adalah beberapa nutrisi yang diperlukan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan tinggi badan.

1. Protein

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pembentukan jaringan tubuh, termasuk tulang, otot, dan organ. Pastikan asupan protein harian kamu cukup dengan mengonsumsi makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, ayam, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan kedelai.

2. Kalsium

Kalsium juga termasuk mineral yang vital untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menghambat pertumbuhan tulang dan menyebabkan tulang menjadi rapuh.

Sumber makanan kalsium yang baik meliputi produk susu rendah lemak, keju, yoghurt, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan ikan dengan tulang lembut.

3. Vitamin D

Untuk meninggikan tubuh, kamu juga perlu untuk mengonsumsi vitamin. Beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk meninggikan tubuh antara lain vitamin D, vitamin C, dan vitamin A. 

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium yang lebih baik oleh tubuh. Sinar matahari adalah sumber alami vitamin D, tetapi juga dapat ditemukan dalam makanan seperti ikan berlemak, kuning telur, dan produk susu yang diperkaya.

Info wajib baca: 8 Makanan Penambah Berat Badan yang Alami dan Menyehatkan

Sedangkan vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen, yang merupakan komponen penting dalam tulang, tulang rawan, dan jaringan ikat. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang sehat. 

Adapun vitamin A memiliki peran dalam pertumbuhan tulang dan perkembangan sel. Makanan kaya vitamin A meliputi wortel, labu, ubi jalar, bayam, dan hati hewan.

4. Zink

zinc
Source: Kompas.com

Zink adalah mineral penting yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang optimal. Makanan seperti daging tanpa lemak, kerang, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak mengandung zink yang cukup.

5. Magnesium

Nutrisi terakhir yang dibutuhkan tubuh untuk meninggikan badan adalah magnesium. Magnesium adalah mineral yang berperan dalam pembentukan tulang dan kontraksi otot.

Kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan produk susu rendah lemak mengandung magnesium yang baik.

Perlu diingat bahwa nutrisi sendiri tidak akan secara langsung membuat seseorang tumbuh lebih tinggi jika pertumbuhan telah mencapai tahap akhir. Namun, nutrisi yang tepat membantu memaksimalkan pertumbuhan potensial kamu dan menjaga kesehatan tulang serta perkembangan tubuh,


Itulah beberapa olahraga yang berguna untuk meninggikan badan. Apa kamu termasuk orang yang sering melakukan salah satunya? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare