...
tabungan emas pegadaian
5-min read

Tabungan Emas Pegadaian untuk Berinvestasi, Apa Saja Keuntungannya?

tabungan emas pegadaian

Perusahaan BUMN ini menawarkan solusi untuk masyarakat yang ingin berinvestasi dengan produk Tabungan Emas Pegadaian.

Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang populer dari waktu ke waktu. Harganya yang cenderung naik setiap tahunnya membuat emas sering diminati oleh banyak kalangan. Namun, bagaimana cara berinvestasi emas dengan benar?

Pada kali ini, Kostmin akan memberitahu kamu mengenai Tabungan Emas Pegadaian, cara memilikinya, serta keuntungan apa saja yang bisa kamu peroleh. Jika penasaran, baca artikel ini sampai habis, ya!

Mengenal Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian merupakan layanan penitipan saldo emas yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang ingin melakukan investasi berupa emas. Produk Tabungan Emas Pegadaian memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

Info wajib baca: Ternyata Ini Arti Mimpi Beli Emas, Pertanda akan Kaya?

Cara Memiliki Tabungan Emas di Pegadaian

Sangat mudah. Kamu cukup datang ke outlet Pegadaian atau agen Pegadaian. Tidak punya waktu untuk mengunjungi outletnya secara fisik? Kamu juga bisa mendaftar secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa kamu unggah di Playstore atau Appstore. Setelah mengunggah aplikasi, kamu hanya perlu mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor). Berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi:

  • Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor)
  • Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas
  • Biaya transaksi Tabungan Emas

Cara Untuk Menabung Emas di Pegadaian

tabungan emas pegadaian
Source: Unsplash.com

Dalam hal ini, Pegadaian menawarkan cara yang sangat mudah untuk menabung emas (top up). Kamu bisa mengunjungi outlet Pegadaian secara fisik, melalui ATM, Aplikasi Pegadaian Digital, ataupun Agen Pegadaian. Adapun transaksi top up tersebut mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per CIF.

Info wajib baca: Kenali 5 Jenis Emas untuk Investasi dan Harga di Pasaran

Cara Transaksi Tabungan Emas

Melalui outlet atau agen Pegadaian:

  1. Nasabah mengisi formulir dan melampirkan fotokopi KTP
  2. Nasabah membayar biaya admin Rp 10.000, biaya pengelolaan rekening Rp 30.000 dan biaya materai Rp 10.000
  3. Nasabah membeli emas batangan dengan berat minimal 0.01 gram
  4. Nasabah mendapatkan buku tabungan emas

Melalui aplikasi:

  1. Download dan login aplikasi Pegadaian Digital.
  2. Pilih menu buka Tabungan Emas pada menu utama.
  3. Input data diri dan pilih cabang lokasi pembukaan rekening.
  4. Pilih metode pembayaran.
  5. Lakukan pembelian emas sebesar Rp 50.000 dan lakukan pembayaran sesuai petunjuk.
  6. Rekening telah aktif dan buku tabungan dapat diambil di cabang tempat pendaftaran.

Apa Saja Keunggulannya?

  1. Tersedia diseluruh outlet Pegadaian dan melalui Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian dan Marketplace.
  2. Biaya administrasi dan pengelolaan yang terjangkau.
  3. Nasabah bisa melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram.
  4. Order cetak emas bisa dilakukan mulai dari kepingan 1 gram.
  5. Dijamin karatase 24 karat.
  6. Tabungan emas dikelola secara profesional dan transparan.
  7. Harga jual dan buyback yang bersaing.
  8. Nasabah bisa melakukan buyback mulai dari 1 gram.
  9. Nasabah bisa melakukan pembelian Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram.

Keuntungan Investasi Emas

Source: Bankrate

1. Sebagai dana darurat jangka panjang

Emas termasuk investasi jangka panjang sebab keuntungan yang diperoleh tidak bisa kita dapatkan dalam waktu yang cepat. Ini menjadikan salah satu alasan mengapa emas merupakan investasi yang sangat menjanjikan. Meskipun begitu, pada kondisi ekonomi yang stabil harga emas cenderung stabil. Selain itu, fluktuasi harga emas juga bergantung pada nilai mata uang negara terhadap mata uang asing.

Harga emas cenderung meningkat dan dapat terjadi beberapa tahun sekali, tetapi emas biasanya punya harga yang cenderung naik daripada turun. Oleh karena itu, investasi emas merupakan salah satu cara untuk memberi keuntungan dalam jangka panjang dan bisa menjadi dana darurat di masa depan.

2. Modal terjangkau

Kamu salah besar jika menganggap bahwa kamu perlu mengeluarkan modal yang besar untuk menabung emas. Sebaliknya, investasi emas cukup terjangkau, sehingga kamu tidak perlu mengesampingkan kebutuhan sehari-hari hanya untuk investasi. Ini juga merupakan cara yang praktis dan cocok bagi investor pemula yang ingin berinvestasi sejak dini.

Hal yang penting diketahui yaitu kemampuan finansial dengan jumlah emas yang akan kita beli untuk investasi. Kamu perlu menyisihkan beberapa persen dari penghasilanmu setiap bulannya. Investasi ini memiliki risiko rendah dengan harga yang terjangkau menjadikan keuntungan investasi emas ini.

3. Mudah Diuangkan

Takut uangmu tidak bisa cair saat berinvestasi? Tenang, hal ini memiliki kemungkinan yang kecil jika kamu berinvestasi emas. Ini juga merupakan salah satu keuntungan yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan investasi. Hal ini dikarenakan bentuk dan jenis investasi lain cenderung memiliki sifat yang susah diuangkan. Beberapa bahkan hanya dapat diklaim pada waktu tertentu saja.

Manfaat berinvestasi emas lainnya yakni kita tidak perlu merasa pusing saat sedang butuh biaya yang tak terduga. Contohnya yakni saat kamu atau keluarga sedang sakit dan harus mendapat rawat inap, atau bahkan ketika kamu memerlukan uang tambahan untuk modal usaha. Saat berinvestasi emas, kamu bisa dengan mudah menjual emas, sehingga kebutuhanmu akan terpenuhi.


Itulah seputar tabungan emas yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk berinvestasi emas? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Mau tahu pengetahuan umum lainnya? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare