...
tanda jerawat di hidung
5-min read

Kenali Tanda Jerawat di Hidung, Artinya Apa?

tanda jerawat di hidung

Tanda jerawat di hidung artinya ternyata begini lho!

Setiap orang harus memperhatikan penyebab jerawat di hidung. Selain itu, mereka juga harus mengetahui apa tanda jerawat di hidung itu, bisa berdampak buruk atau tidak.

Jerawat di hidung sering menjengkelkan, mengganggu penampilan, dan membuat orang tidak percaya diri. Hal ini biasanya terjadi karena pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan berbagai kotoran yang menyebabkan jerawat.

Jerawat di hidung dapat menunjukkan infeksi di dalam hidung, seperti nasal vestibulitis dan furuncles, menurut Healthline. Sebagian besar, penyebab jerawat di hidung adalah perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih di hidung.

Info wajib baca: Jenis-jenis Jamur Makanan, Enak dan Bergizi!

Arti Tanda Jerawat di Hidung

tanda jerawat di hidung
Source: SapaSehatKu

Nah berikut ini ada arti dari tanda jerawat di hidung?

1. Adanya masalah pada ginjal dan hati menjadi tanda jerawat di hidung

Jika kamu sering mengalami jerawat di hidung, kamu harus memeriksa ginjal dan hati kamu. Jerawat di hidung secara khusus terkait dengan hati dan ginjal.

Jadi memerah atau mengganggu bisa menandakan penyakit hati atau tekanan darah tinggi. Dr. Raj mengatakan, “Cobalah mengurangi happy hour setelah jam kerja dan menghindari makan makanan pedas.”

2. Ada masalah pada pencernaan

Jerawat di hidung juga bisa menunjukkan masalah pencernaan, misalnya jerawat di ujung depan hidung, menurut Healthline.

Sembelit biasanya berkontribusi pada munculnya jerawat di hidung. Apakah kamu yang sering mengalami masalah pencernaan juga mendapatkan jerawat di hidung?

3. Kadar hormon yang tak seimbang jadi salah satu tanda jerawat di hidung

Perubahan hormon dalam tubuh, terutama selama masa pubertas atau menstruasi, dapat menyebabkan produksi sebum berlebih di kulit wajah. Sebum berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

4. Masalah kardiovaskular

Selain itu, jerawat di ujung hidung dapat menunjukkan masalah dengan jantung. Ini mungkin menunjukkan bahwa kamu harus meningkatkan asupan protein dan vitamin B.

Singkatnya, masalah kulit hidung berasal dari peredaran darah yang tidak lancar dan nutrisi yang buruk. Jenis jerawat di pangkal hidung yang agak berbeda dapat menunjukkan masalah kesehatan jantung.

5. Alergi bisa jadi salah satu tanda jerawat di hidung

Jerawat di hidung dapat menunjukkan alergi makanan. Jadi, kurangi makanan cepat saji hingga susu.

Raj mengatakan, “Untuk memperbaiki kulit zona-T, beberapa ahli merekomendasikan untuk mengurangi susu, daging merah, dan makanan cepat saji serta makan lebih banyak sayuran berdaun hijau.”

6. Sirkulasi darah yang buruk

Jika ada jerawat di hidung, kamu harus mempertimbangkan riwayat kesehatan kamu karena dapat dikaitkan dengan sirkulasi darah buruk dan masalah jantung.

Kamu mungkin memiliki tekanan darah yang tidak seimbang atau sejarah gangguan peredaran darah.

Penyebab Tanda Jerawat di Hidung

tanda jerawat di hidung
Source: Alodokter

Sejumlah penyebab jerawat di hidung yang perlu diperhatikan termasuk yang jarang disadari adalah:

1. Pola makan tidak sehat

Faktor pertama yang menyebabkan jerawat di hidung adalah pola makan yang tidak sehat. Makanan seperti gorengan, makanan kemasan, makanan cepat saji, junk food, dan daging merah adalah beberapa makanan yang sering menyebabkan jerawat di hidung.

2. Sering sentuh hidung

Sebaiknya cuci tangan kamu sebelum menyentuh hidung karena kebiasaan menyentuh hidung juga dapat menyebabkan jerawat di hidung. Ini karena tangan kamu sering digunakan untuk memegang benda kotor yang mengandung bakteri.

3. Pergeseran hormon

Perubahan hormon adalah penyebab jerawat berikutnya. Produksi hormon androgen pada wanita dapat meningkat saat memasuki masa pubertas.

Selain itu, wanita dengan sindrom ovarium polycystic (PCOS) juga dapat mengalami ketidakseimbangan hormon, yang berpotensi menyebabkan jerawat.

Info wajib baca: Budi Pekerti: Pengertian, Contoh, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Manfaatnya

4. Tidak menjaga kebersihan hidung

Tidak menjaga kebersihan kulit adalah salah satu penyebab paling umum jerawat di hidung. Selain itu tidak menjaga kebersihan hidung dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, menyebabkan kotoran menempel dan menyebabkan jerawat.

5. Makan makanan berminyak

Sering mengonsumsi makanan berminyak, seperti gorengan, adalah penyebab tambahan jerawat di hidung. Kelenjar minyak di hidung dapat memproduksi lebih banyak minyak, yang menyebabkan peradangan.

Cara Mengatasi Jerawat di Hidung

1. Beri antibiotik

Cara pertama untuk mengatasi jerawat di hidung adalah pemberian antibiotik. Dokter biasanya akan memberi salep antibiotik jika jerawat disebabkan oleh infeksi bakteri.

Mereka juga mungkin memberi antibiotik yang harus diminum atau keduanya untuk mempercepat penyembuhan. Jika jerawat di hidung telah berkembang menjadi infeksi yang parah, perlu diberikan pengobatan antibiotik.

Bahkan, terkadang diperlukan tindakan bedah untuk mencegah infeksi jerawat menyebabkan pembengkakan.

2. Jangan pencet jerawat

Hindari memencet jerawat di hidung. Kebiasaan memencet jerawat dapat meningkatkan risiko infeksi dan memperpanjang masa penyembuhan.

Selain itu, dipercaya bahwa menghindari berbagai produk perawatan kulit yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Oleskan dengan minyak esensial

Selain itu, kamu dapat mengatasi jerawat di hidung dengan meletakkan minyak esensial di area jerawat. Ini akan membuat hidung terasa lebih baik, tetapi pastikan kamu tidak alergi terhadap minyak esensial.

Untuk mengatasi jerawat di hidung, gunakan minyak esensial seperti kayu manis, kelapa, rosemary, dan zaitun secara teratur untuk hasil terbaik.

4. Oleskan dengan madu

Cara selanjutnya untuk mengatasi jerawat di hidung adalah dengan menggunakan madu. Madu sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, dan banyak produk perawatan wajah yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya.

Madu memiliki kandungan zat yang baik yang melindungi kulit dari kerusakan, seperti menghilangkan bekas cacar jerawat. Caranya cukup sederhana, letakkan madu di daerah hidung yang berjerawat dan tunggu beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih.


Nah, itulah dia beberapa masalah jerawat yang ada di hitung. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang saat ini sedang ada jerawat di hidung.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare